Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Asma dan Gangguan Pernafasan (Study Kasus Rumah Sakit Dr. Soetomo) 07.41010.0109.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Asma dan Gangguan Pernafasan (Study Kasus Rumah Sakit Dr. Soetomo) 07.41010.0109."— Transcript presentasi:

1

2 Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Asma dan Gangguan Pernafasan (Study Kasus Rumah Sakit Dr. Soetomo)

3 17,5% (Oemiati, Sihombing & Qomariah, 2010) Sumber : min/jurnal/ _ pdf 4,2% 5.4% 7,5%

4 Kesehatan Penyakit asma Dan gangguan pernafasan Pakar / dokter jam kerja praktek terbatas dan banyaknya pasien sehingga harus menunggu antrian tidak semua dokter ahli paru-paru pakar dalam bidang asma Sistem Pakar =

5  Landasan Teori Landasan Teori  Contex Diagram Contex Diagram  ERD ERD

6 Bagaimana membuat aplikasi yang dapat mengidentifikasi penyakit asma dan gangguan pernafasan dengan sistem pakar. Bagaimana membuat aplikasi sistem pakar untuk diagnosis penyakit asma dan gangguan pernafasan dengan metode forward chaining

7 1. Aplikasi / Program dirancang sesuai dengan data yang di dapat, baik data hasil survei dari rumah sakit, dokter ahli, maupun dari buku yang berkaitan. 2. Aplikasi yang dibuat ini tidak membahas sistem lainnya selain sistem pakar. 3. Aplikasi ini hanya melayani proses pertanyaan untuk mendapakan output seputar penyakit yang terkait. 4. Aplikasi ini hanya melayani diagnosa penyakit asma dan gangguan pernafasan secara umum khususnya orang dewasa dan remaja. 5. Tidak dibahas mengenai keamanan sistem termasuk pada keamanan data. 6. Tidak terdapat komplikasi pada penyakit yang diderita. 7. Hasil dari data yang di inputkan menggunakan metode inferensi foward chainning.

8 Sistem ini dibuat khusus untuk memberika informasi dan dapat mengidentifikasi penyakit asma dan gangguan pernafasan serta solusi dalam pengobatan yang sesuai dengan jenis penyakit yang diderita pasien. Membuat aplikasi sistem pakar untuk diagnosis penyakit asma dan gangguan pernafasan dengan metode forward chaining

9 Menurut Kusrini (Irawan, 2007) Sistem pakar adalah sistem berbasis komputer yang menggunakan pengetahuan, fakta, dan teknik penalaran dalam memecahkan masalah yang biasanya hanya dapat dipecahkan oleh seorang pakar dalam bidang tersebut.

10  Menurut Irawan (2007: 35) metode forward chaining adalah suatu metode dari inference engine untuk memulai penalaran atau pelacakan suatu data dari fakta-fakta yang ada menuju suatu kesimpulan. Menurut Wilson dalam Kusrini (2008: 8) metode forward chaining (runut maju) merupakan suatu metode yang menggunakan himpunan aturan kondisi-aksi.

11 Proses Forward Chainning Back

12 Gambar. Context Diagram Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Asma dan Gangguan Pernapasan Back

13 Gambar. CDM Penyakit Asma dan Gangguan Pernafasan Back

14


Download ppt "Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosis Penyakit Asma dan Gangguan Pernafasan (Study Kasus Rumah Sakit Dr. Soetomo) 07.41010.0109."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google