Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dosen : Firdaus Organisasi berasal dari bahasa Yunani organon, yang berarti “alat” (tool). Kata ini masuk ke bahasa latin,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dosen : Firdaus Organisasi berasal dari bahasa Yunani organon, yang berarti “alat” (tool). Kata ini masuk ke bahasa latin,"— Transcript presentasi:

1 Dosen : Firdaus

2 Organisasi berasal dari bahasa Yunani organon, yang berarti “alat” (tool). Kata ini masuk ke bahasa latin, yang menjadi organizatio dan kemudia menjadi bahasa Perancis menjadi organisation. Karakteristik utama dalam sebuah organisasi sering disebut dengan 3-P yaitu: purpose (tujuan), people (anggota) dan plan (rencana). BAB I

3 Menurut E. Wight Bakke mendefinisikan tentang organisasi, yaitu : “Organisasi adalah suatu sistem berkelanjutan dari aktivitas-aktivitas manusia yang terdiferensiasi dan terkoordinasi, yang mempergunakan, mentransformasi, dan menyatupadukan seperangkat khusus manusia, material, modal, gagasan, dan sumber daya alam menjadi suatu kesatuan pemecahan masalah yang unik dalam rangka memuaskan kebutuhan-kebutuhan tertentu manusia dalam interaksinya dengan siste-sistem lain dari aktivitas manusia dan sumber daya dalam lingkungannya.

4 Menurut Stephen P. Robbins mendefinisikan tentang organisasi, yaitu : “organisasi adalah sesuatu entitas sosial yang secara sadar terkoordinasi, memiliki suatu batas yang relatif dapat diidentifikasi dan berfungsi secara relatif kontinu (berkesinambungan) untuk mencapai suatu tujuan atau seperangkat tujuan bersama”

5  Organisasi adalah wadah berkumpulnya sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, kemudian mengorganisasikan diri dengan bekerja bersama-sama dan merealisasikan tujuanya.  Organisasi adalah wadah yang memungkinkan masyarakat dapat meraih hasil yang sebelumnya belum dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. (James L. Gibson, 1986). Definisi organisasi juga di kemukakan oleh beberapa ahli, diantaranya:  a) Organisasi Menurut Stoner  Organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan manajer mengejar tujuan bersama  b) Organisasi Menurut James D. Mooney  Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama.  c) Organisasi Menurut Chester I. Bernard  Organisasi merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih.

6 Ciri-Ciri Organisasi  Adanya komponen ( atasan dan bawahan)  Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang)  Adanya tujuan  Adanya sasaran  Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati  Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas

7 A. Teori Organisasi Klasik (Teori Tradisional)‏ Teori klasik (classical theory) berisi konsep-konsep tentang organisasi mulai tahun 1800 (abad 19). Secara umum digambarkan oelh para teoritisi klasik sebagai sangat desentralisasi dan tugas-tugasnya terspesialisasi, serta memberikan petunjuk mekanistik structural yang kaku tidak mengandung kreativitas a) Teori Birokrasi Teori ini dikemukakan oleh Max Weber dalam bukunya “The Protestant Ethic and Spirit of Capitalism. Kata birokrasi mula- mula berasal dari kata legal-rasional. Organisasi itu legal, karena wewenangnya berasal dari seperangkat aturan prosedur dan peranan yang dirumuskan secara jelas, dan organisasi disebut rasional dalam hal penetapan tujuan dan perancangan organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

8 b) Teori Administrasi  Teori ini sebagian besar dikembangkan atas dasar sumbangan Henri Fayol dan Lyndall Urwick dari Eropa serta Mooney dan Reily dari Amerika. Henry Fayol industrialis dari Perancis, pada tahun mengemukakan dan membahas 14 kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi adalah : - Pembagian kerja (division of work) - Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibility) - Disiplin (discipline) - Kesatuan perintah (unity of command) - Kesatuan pengarahan (unity of direction) - Mendahulukan kepentingan umum daraipada pribadi - Balas jasa (remuneration of personnel) - Sentralisasi (centralization) - Rantai scalar (scalar chain) - Aturan (oreder) - Keadilan (equity) - Kelanggengan personalia (stability of tenure of personnel) - Inisiatif (initiative) - Semangat korps (spirit de corps)

9 c) Manajemen Ilmiah  Manajemen ilmiah (scientific management) dikembangkan mulai tahun 1900 oleh Frederick Winslow Taylor.  Ada 2 pendapat tentang manajemen ilmiah. Pendapat pertama mengatakan manajemen ilmiah adalah penerapan metode ilmiah pada studi, analisa dan pemecahan masalah-masalah organisasi. Pendapat kedua mengatakan manajemen ilmiah adalah seperangkat mekanisme atau teknik “a bag of tricks” untuk meningkatkan efisiensi kerja organisasi.

10 B. Teori Neo Klasik Teori neoklasik secara sederhana sebagai teori/aliran hubungan manusiawi (The human relation movement). Teori neoklasik dikembangkan atas dasar teori klasik. Anggapan teori ini adalah menekankan pentingnya aspek psikologis dan social karyawan sebagai individu maupun sebagai bagian kelompok kerjanya atas dasar anggapan ini maka teori neoklasik mendifinisikan “suatu organisasi” sebagai sekelompok orang dengan tujuan bersama. C. Teori Organisasi Modern Teori modern disebut juga sebagi analisa system pada organisasi merupakan aliran besar ketiga dalam teori organisasi dan manajemen. Teori modern melihat pada semua unsur organisasi sebagai satu kesatuan & saling ketergantungan, yang didalamnya mengemukakan bahwa organisasi bukanlah suatu system tertutup yang berkaitan dengan lingkungan yang stabil, akan tetapi organisasi merupakan system terbuka.

11  Dalam organisasi di Indonesia saat bermacam -macam bentuk organisasi baik bersifat organisasi kemasyarakatan,atau organisasi partai politik.Bahkan dalam pemerintahan di katakan organisasi beskala nasional.karena organisasi itu terdiri dari anggota dan pengurus.Di dalam bentuk organisasi dapat kita bedakan sebagai berikut: a. Piramida Mendatar(flat) Mempunyai ciri-ciri diantaranya : a. Jumlah satuan organisasi tidak banyak sehingga tingkat- tingkat hararki kewenangan sedikit. b. Jumlah pekerja(bawahan) yang harus dikendalikan cukup banyak c. Format jabatan untuk tingkat pimpinan sedikit karena jumlah pimpinan relatif kecil,di negara kita bisa kita lihat misal nya organisasi kemiliteran.

12 b. Piramida Terbalik Organisasi piramida terbalik adalah kebalikan dari tipe piramida terbalik adalah jumlah jabatan pimpinan lebih besar daripada jumlah pekerja. Organisasi ini hanya cocok untuk organisasi-organisasi yang pengangkatan pegawainya berdasarkan atas jabatan fungsional seperti organisasi-organisasi/ lembaga-lembaga penelitian, lembaga-lembaga pendidikan. c. Type Kerucut Type organisasi kerucut mempunyai ciri-ciri sebagai berikut : a.Jumlah satuan organisasi banyak sehingga tingkat-tingkat hirarki/kewenangan banyak. b.Rentang kendali sempit. c.Pelimpahan wewenang dan tanggung jawab kepada penjabat/pimpinan yang bawah/rendah d.Jarak antara pimpinan tingkat atas dengan pimpinan tingkat bawah terlalu jauh. e.Jumlah informasi jabatan cukup besar.

13 1. Bentuk organisasi staff 2. Bentuk organisasi lini 3.Bentuk organisasi fungsional 4. Bentuk organisasi fungsional dan lini 5. Bentuk organisasi fungsional dan staff 6. Bentuk organisasi lini dan staff Tugas 2 : Buat makalah tentang bentuk-bentuk organisasi diatas. Kirim melalui .

14 Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian- bagian dan posisi-posisi dalam suatu perusahaan,sedangkan disetiap komponen dari organisasi tersebut adalah saling tergantung,yang apabila setiap bagian dapat dikeloladengan baik maka organisasi tersebutpun akan ikut membaik, sedangkan Pengorganisasian (Organizing) adalah proses pengaturan sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang diinginkan dengan memperhatikan lingkungan yang ada.hal ini akan sangat mempengaruhi dalam kelancaran atau kesejahteraan organisasi tersebut,lingkunan adalah faktor yang sangat mempengaruhi. Tujuan sebuah organisasi yang baik tidak akan mengorbankan lingkungan sekitar demi  kepentingan organisasinya semata. Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :  Bentuk Vertikal  Bentuk Mendatar / horizontal  Bentuk Lingkaran / circular  Bentuk Setengah lingkaran / semi Sircular  Bentuk Elliptical  Bentuk Piramida terbalik (Invented Piramid)

15


Download ppt "Dosen : Firdaus Organisasi berasal dari bahasa Yunani organon, yang berarti “alat” (tool). Kata ini masuk ke bahasa latin,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google