Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Difraksi  Ketika muka gelombang bidang mengenai celah sempit (lebar celah lebih kecil dari panjang gelombang), maka gelombang tersebut akan mengalami.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Difraksi  Ketika muka gelombang bidang mengenai celah sempit (lebar celah lebih kecil dari panjang gelombang), maka gelombang tersebut akan mengalami."— Transcript presentasi:

1

2 Difraksi  Ketika muka gelombang bidang mengenai celah sempit (lebar celah lebih kecil dari panjang gelombang), maka gelombang tersebut akan mengalami lenturan sehingga terjadi gelombang- gelombang setengah lingkaran yang melebar di belakang celah. Peristiwa ini dikenal dengan difraksi.

3 PPembelokan sinar sekitar penghalang PPanjang gelombang~ dimensi penghalang

4

5  Pola Difraksi  Pola gelap terang, dengan intensitas terang yang akan semakin berkurang  Gambar di samping menunjukkan suatu pola difraksi dari berkas sinar yang melewati celah sempit berbentuk lingkaran 4

6 Difraksi Fraunhofer Berikut adalah susunan eksperimen untuk memperoleh difraksi Fraunhofer dari suatu celah tunggal :

7 Jarak layar cukup jauh dari sumber Sinar dapat dianggap parallel

8

9 Difraksi Fresnel Jenis difraksi yang berasal dari sumber cahaya dan/atau layar terletak pada jarak tertentu (dekat) dari celah. Tinjauan teoritis dari difraksi Fresnel sangat kompleks.

10 Difraksi oleh celah berbentuk lingkaran  Terjadi di saat cahaya melewati peralatan- peralatan yang mempunyai bentuk silinder seperti, teleskop dan mikroskop  Pola gelap pertama terjadi pada: Lingkaran  Sin  = 1.22 /d, dengan d adalah diameter dari lingkaran 9

11 Pola Difraksi dari suatu sumber yang melewati celah berbentuk lingkaran 10

12 Intensitas dari pola difraksi celah tunggal dengan lebar a Intensitas dari pola interferensi dua celah yang terpisah oleh jarak d Intensitas dari pola difraksi dua celah dengan lebar celah a, yang terpisah oleh jarak d

13 Difraksi Celah Ganda GGambar: aa) a<, Celah ganda bb) a>, Celah tunggal cc) a>, Celah ganda 12


Download ppt "Difraksi  Ketika muka gelombang bidang mengenai celah sempit (lebar celah lebih kecil dari panjang gelombang), maka gelombang tersebut akan mengalami."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google