Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AULIA AHMAD RITAUDDINZ, 2101405639 SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AULIA AHMAD RITAUDDINZ, 2101405639 SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA."— Transcript presentasi:

1 AULIA AHMAD RITAUDDINZ, SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : AULIA AHMAD RITAUDDINZ - NIM : PRODI : Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah (Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) - JURUSAN : Bahasa & Sastra Indonesia - FAKULTAS : Bahasa dan Seni - punkemo_co pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs.Mukh Doyin,M.Si. - PEMBIMBING 2 : Dra.L.M. Budiyati,M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA

4 Abstrak Novel Edensor karya Andrea Hirata merupakan novel tetralogi Laskar Pelangi yang ketiga setelah Sang Pemimpi. Novel ini mengusung tema anak-anak Belitong yang mempunyai impian bertualang ke Benua Eropa. Permasalahan yang muncul dalam kajian ini adalah bagaimana teknik yang digunakan pengarang melalui sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata, fungsi dari teknik yang digunakan pengarang melalui sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata, dan kelayakan sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar di SMA. Tujuan yang muncul dalam kajian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana teknik yang digunakan pengarang melalui sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata, fungsi dari teknik yang digunakan pengarang melalui sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata, dan kelayakan sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar di SMA. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan strukturalisme. Pendekatan strukturalisme merupakan susunan yang menampakkan tata hubungan antar pembentuk karya sastra sebagai unsur yang terpadu, dengan demikian segala sesuatu yang ada di dalam karya sastra dilihat sebagai dunia yang berdiri sendiri, jadi dalam karya sastra harus ditopang oleh pengetahuan yang mendalam tentang pengertian, peran, fungsi, dan segala sesuatunya yang berkaitan dengan unsur itu. Pendekatan strukturalisme digunakan untuk menganalisis teknik yang digunakan pengarang melalui sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata, menganalisis fungsi penggunaan sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata, dan kelayakan sudut pandang tokoh “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata sebagai bahan ajar di SMA. Hasil kajian ini adalah pemakaian sudut pandang pada novel Edensor ternyata bisa digunakan oleh pengarang untuk menggambarkan tindakan-tindakan tokohnya, dan bisa mengungkapkan pikiran yang ada pada diri tokoh. Sudut pandang oleh pengarang bisa dipakai untuk memandang kehidupan tokoh secara fisik maupun secara kejiwaan. Selain itu, tuturan tokoh bisa dipakai untuk melihat sudut pandang yang dipakai pengarang novel Edensor setelah dianalisis sudut pandangnya yang meliputi (a) luasnya pandangan, (b) kedalaman/tingkat ketajaman pandangan, (c) ujaran/tuturan dapat dipergunakan untuk mengungkap unsur-unsur lain dalam cerita-cerita tersebut seperti unsur latar tempat, latar waktu, peristiwa, konflik batin, konflik sosial, dan tingkah laku, sifat dan sikaptokoh. Unsur-unsur inilah yang menjelaskan fungsi teknik yang digunakan pengarang melalui sudut pandang “aku” dalam novel Edensor karya Andrea Hirata dan kelayakannya sebagai bahan ajar di SMA.

5 Kata Kunci sudut pandang, novel Edensor.

6 Referensi Aminuddin a. Pengantar Apresiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algesindo c. Semantik Pengantar Studi Tentang Makna. Bandung: Sinar Baru Algensindo. Atar Semi Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya. Devi, Wika Soviana Karakter Tokoh Ikal Dan Lintang Dalam Novel ‟Laskar Pelangi‟ Karya Andrea Hirata Dan Kelayakannya Sebagai Bahan Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. Djaja Sudarman, Fatimah Semantik 2. Bandung: Refika Aditama. Hardanta, FX ‟Penokohan Dalam Novel ‟Pertemuan Dua Hati‟ Karya NH. Dini Dan Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar Di SMA‟. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. Hidayati, Fia Nurul ‟Unsur Intrinsik Dalam Serial Novel Kafe Gaul 1 La Tansa Male Cafe Karya Nurul F.Huda Serta Kemungkinannya Sebagai Bahan Ajar Bagi Siswa Kelas VIII‟. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. Hirata, Andrea Laskar Pelangi. Yogyakarta: Bentang. Laskar Pelangi The Movie. Diunduh 6 Juli 2009 pukul 21:00 WIB. Artikel Tentang Novel Edensor. Diunduh 10 Juli 2009 pukul WIB. Jabrohim (Ed) Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia. Luxemburg, Jan Van, Dkk Pengantar Ilmu Sastra. Jakarta: Gramedia. Nurgiyantoro, Burhan Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Oka dan Suparno Linguistik Umum. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Pradopo, Rachmat Djoko Beberapa Teori Sastra, Metode dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Putra, Heddy Shi Ahimsa Strukturalisme Levis-Strauss Mitos dan Karya Sastra. Yogyakarta: Galang Press. Ratna, Nyoman Kutha Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Sukarniwati, Amin ‟Tokoh Utama Dalam Novel ‟Namaku Hiroko‟ Karya NH. Dini Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA‟. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. Suryana, Yana ‟Sudut Pandang Dalam Novel Laskar Pelangi Karya Andrea Hirata‟. Skripsi: Universitas Negeri Semarang. Suharianto, S Dasar-Dasar Teori Sastra. Semarang: Rumah Indonesia. Wibawa, Muhammad Heru „Watak Dan Perilaku Tokoh Utama Dalam Novel „Sang Pemimpi‟ Karya Andrea Hirata. Skripsi: Universitas Negeri Semarang.

7 Terima Kasih


Download ppt "AULIA AHMAD RITAUDDINZ, 2101405639 SUDUT PANDANG DALAM NOVEL EDENSOR KARYA ANDREA HIRATA DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR DI SMA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google