Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembelajaran Afektif Suhardjono. pemakalah: Prof. Dr. Ir. H. Suhardjono, Dipl.HE., M.Pd. Sarjana Teknik Sipil (Unibraw, 1972) Sarjana Teknik Sipil (Unibraw,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembelajaran Afektif Suhardjono. pemakalah: Prof. Dr. Ir. H. Suhardjono, Dipl.HE., M.Pd. Sarjana Teknik Sipil (Unibraw, 1972) Sarjana Teknik Sipil (Unibraw,"— Transcript presentasi:

1 Pembelajaran Afektif Suhardjono

2 pemakalah: Prof. Dr. Ir. H. Suhardjono, Dipl.HE., M.Pd. Sarjana Teknik Sipil (Unibraw, 1972) Sarjana Teknik Sipil (Unibraw, 1972) Diploma on Hydraulic Engineering ( IHE Delft, 1977) Diploma on Hydraulic Engineering ( IHE Delft, 1977) Magister Teknologi Pendidikan ( IKIP Jakarta, 1982) Magister Teknologi Pendidikan ( IKIP Jakarta, 1982) Doktor Kependidikan (IKIP Malang, 1990) Doktor Kependidikan (IKIP Malang, 1990) Guru Besar Metode Penelitian / IV e Guru Besar Metode Penelitian / IV e Dosen Tetap Fakultas Teknik Unibraw (sejak 1970) Dosen Tetap Fakultas Teknik Unibraw (sejak 1970) Ketua Pusat P3AI-LP3 Unibraw ( ) Ketua Pusat P3AI-LP3 Unibraw ( ) Dekan FT Unibraw ( , ) Dekan FT Unibraw ( , )

3 Lulusan dituntut lebih berkualitas. Lulusan dituntut lebih berkualitas. mereka harus lebih berkemampuan di bidang ilmunya, mereka harus lebih berkemampuan di bidang ilmunya, juga harus berkepribadian yang lebih baik. juga harus berkepribadian yang lebih baik.

4 Pembentukan kepribadian, sikap, perilaku, hati nurani mengacu kepada perubahan afektif. Pembentukan kepribadian, sikap, perilaku, hati nurani mengacu kepada perubahan afektif.

5 Benarkah bahwa…. pembentukan perilaku positif (seperti misalnya disiplin, bekerja keras, bersemangat untuk terus belajar, dll) pembentukan perilaku positif (seperti misalnya disiplin, bekerja keras, bersemangat untuk terus belajar, dll) merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan mengajar dosen, merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kegiatan mengajar dosen, apapun mata kuliah yang diasuhnya ? apapun mata kuliah yang diasuhnya ?

6 1 Tujuan pembelajaran afektif lebih berhubungan dengan perubahan perasaan, emosi, sistem nilai dan sikap. Tujuan pembelajaran afektif lebih berhubungan dengan perubahan perasaan, emosi, sistem nilai dan sikap. Penerapan pendidikan afektif di perguruan tinggi, di antaranya menuntut perubahan pendekatan mengajar dan sikap dosen. Penerapan pendidikan afektif di perguruan tinggi, di antaranya menuntut perubahan pendekatan mengajar dan sikap dosen.

7 Hasil belajar Kognitif : Meningkatkan kemampuan dalam Memperdalam teori yang berhubungan dengan praktikum  Menggabungkan berbagai teori yang telah diperoleh  Menerapkan teori yang pernah diperoleh pada problema yang nyata  Pemahaman teori-teori baru yang berkaitan dengan tugas praktikumnya  dll Afektif : membentuk dan meningkatkan sikap, motivasi, dalam  Bekerjasama dalam kelompok  Disiplin dalam waktu dan perilaku  Sikap Jujur dan terbuka  Mengharagai ilmunya  Belajar mandiri  Kreativitas  Anailisis -Kritis  dll Motorik : menumbuhkan / meningkatkan keterampilan dalam  mempersiapkan, merancang, menggunakan seperangkat peralatan dan bahan secara tepat dan benar untuk mencapai tujuan tertentu  dll Motorik : menumbuhkan / meningkatkan keterampilan dalam  mempersiapkan, merancang, menggunakan seperangkat peralatan dan bahan secara tepat dan benar untuk mencapai tujuan tertentu  dll

8 1.mengukur pencapaian tujuan afektif tidaklah mudah. 2. tujuan afektif menjadi sulit dievaluasi apakah tercapai atau tidak. 3. pencapaian tujuan afektif memerlukan waktu lama. 2

9 3 Salah satu kunci sukses pembelajaran afektif adalah “panutan” (modeling). Salah satu kunci sukses pembelajaran afektif adalah “panutan” (modeling). Mahasiswa “meniru” apa yang dilakukan dosennya. Mahasiswa “meniru” apa yang dilakukan dosennya. Agar kemauan belajar meningkat, hendaknya dapat menjadi panutan sebagai: (1) komunikator yang menyenangkan, (2) pribadi yang mampu memberikan penghargaan kepada orang lain, (3) pesenyum yang hangat- bersahabat dan proporsional, (4) pribadi yang penuh enersi, bersemangat, dan (5) pendengar yang cerdas, dll Agar kemauan belajar meningkat, hendaknya dapat menjadi panutan sebagai: (1) komunikator yang menyenangkan, (2) pribadi yang mampu memberikan penghargaan kepada orang lain, (3) pesenyum yang hangat- bersahabat dan proporsional, (4) pribadi yang penuh enersi, bersemangat, dan (5) pendengar yang cerdas, dll

10 4 model pembelajaran yang mampu lebih mengaktifkan belajar mahasiswa merupakan andalan pada pembelajaran afektif. model pembelajaran yang mampu lebih mengaktifkan belajar mahasiswa merupakan andalan pada pembelajaran afektif. berlandaskan pada teori pembelajaran konstruktivistik yang menekankan perlunya mahasiswa membangun pengetahuannya sendiri berlandaskan pada teori pembelajaran konstruktivistik yang menekankan perlunya mahasiswa membangun pengetahuannya sendiri

11 5 CONTOH dosen diharapkan berperan-serta aktif mensukseskan “pembelajaran” Bahasa Inggris. CONTOH dosen diharapkan berperan-serta aktif mensukseskan “pembelajaran” Bahasa Inggris. “Titipan” seperti itu lazim. Dosen juga dititipi untuk “mengajarkan” disiplin, tanggung-jawab, kreatifitas, belajar sepanjang hayat, dan lain-lain, semuanya perobahan afektif. “Titipan” seperti itu lazim. Dosen juga dititipi untuk “mengajarkan” disiplin, tanggung-jawab, kreatifitas, belajar sepanjang hayat, dan lain-lain, semuanya perobahan afektif. Sehingga, tujuan “mengajarkan” Bahasa Inggris lebih ditujukan meningkatkan sikap (meningkatkan motivasi, kemauan, percaya diri, dll) dalam berbahasa Inggris, dan bukan mengajarkan pengetahuan “ilmu” Bahasa Inggris (yang merupakan tanggung jawab mata kuliah Bahasa Ingris, tentunya!). Sehingga, tujuan “mengajarkan” Bahasa Inggris lebih ditujukan meningkatkan sikap (meningkatkan motivasi, kemauan, percaya diri, dll) dalam berbahasa Inggris, dan bukan mengajarkan pengetahuan “ilmu” Bahasa Inggris (yang merupakan tanggung jawab mata kuliah Bahasa Ingris, tentunya!).

12 Isilah borang berikut Saya ingin mahasiswa saya….. Untuk itu, yang akan saya lakukan dalam kuliah saya adalah…. 1Disiplin 2 Mau terus menerus belajar 3Jujur A

13 Isilah borang berikut Untuk itu, yang akan saya lakukan dalam kuliah saya adalah… B Saya ingin agar kuliah saya menyenangkan….

14 Waktu terus berjalan….. Mulai dari yang mudah, Mulai dari diri sendiri, Mulai sekarang


Download ppt "Pembelajaran Afektif Suhardjono. pemakalah: Prof. Dr. Ir. H. Suhardjono, Dipl.HE., M.Pd. Sarjana Teknik Sipil (Unibraw, 1972) Sarjana Teknik Sipil (Unibraw,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google