Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Groupthink_joice cs1 GROUPTHINK berdasarkan penelitian Irving Janis Asumsi Kondisi Pendahulu Gejala Pencegahan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Groupthink_joice cs1 GROUPTHINK berdasarkan penelitian Irving Janis Asumsi Kondisi Pendahulu Gejala Pencegahan."— Transcript presentasi:

1 groupthink_joice cs1 GROUPTHINK berdasarkan penelitian Irving Janis Asumsi Kondisi Pendahulu Gejala Pencegahan

2 groupthink_joice cs2 Sekilas Teori  Kelompok-kelompok yang memiliki tingkat kohesivitas tinggi sering kali gagal untuk mempertimbangkan alternatif- alternatif dari tindakan yang mereka ambil.

3 groupthink_joice cs3 Sekilas Teori  Ketika anggota kelompok berpikir sama dan tidak memiliki pemikiran yang berlawanan, mereka juga memiliki sedikit kemungkinan untuk menyatakan ide-ide yang tidak populer atau tidak serupa dengan anggota kelompok lainnya.

4 groupthink_joice cs4 Sekilas Teori  Groupthink menyatakan bahwa kelompok-kelompok ini membuat keputusan yang terlalu dini, dan beberapa di antara keputusan tersebut memiliki dampak yang tragis dan berkelanjutan.

5 groupthink_joice cs5 Sekilas Teori  Irving Janis (1972) menjelaskan apa yang terjadi di dalam kelompok kecil ketika mengambil keputusan dengan memahami sifat dasarnya.  Ketika anggota kelompok memiliki nasib yang sama, terdapat tekanan yang kuat untuk menuju pada kekuatan. Kekuatan itu diberi label groupthink.

6 groupthink_joice cs6 Sekilat Teori  GROUPTHINK (pemikiran kelompok)  Didefinisikan sebagai suatu cara pertimbangan yang digunakan anggota kelompok ketika keinginan mereka akan kesepakatan melampaui motivasi mereka untuk menilai semua rencana tindakan yang ada.

7 groupthink_joice cs7 Sekilas Teori  Janis berpendapat bahwa anggota- anggota kelompok sering kali terlibat di dalam sebuah gaya pertimbangan di mana pencarian konsensus (kebutuhan akan semua orang untuk sepakat) lebih berat dibandingkan akal sehat.

8 groupthink_joice cs8 Sekilas Teori  Janis yakin bahwa apabila kelompok yang kemiripan antaranggotanya tinggi dan memiliki hubungan baik satu sama lain gagal untuk menyadari sepenuhnya akan adanya pendapat yang berlawanan, menekan konflik, mereka rentan terhadap groupthink.

9 groupthink_joice cs9 Sekilas Teori  Janis (1989:60) berpendapat bahwa ketika kelompok sedang berada dalam groupthink mereka serta merta akan terlibat dalam mentalitas “menjaga keharmonisan kelompok”.  Janis menyimpulkan, bahwa setiap kasus kegagalan kebijakan dalam kelompok (keputusan penting) terjadi karena groupthink.

10 groupthink_joice cs10 Asumsi  Groupthink merupakan teori yang diasumsikan dengan komunikasi kelompok kecil (‘lingkaran dalam’/ kelompok elite).  Fokus penelitian Janis pada:  Problem-Solving Group: tugas utamanya mengambil keputusan dan memberikan rekomendasi kebijakan.  Task-Oriented Group: tujuan utamanya bekerja untuk menyelesaikan tugas yang diberikan kepada mereka.

11 groupthink_joice cs11 Asumsi  Terdapat kondisi-kondisi di mana kelomook yang mempromosikan kohesivitas tinggi.  Pemecahan masalah kelompok pada intinya merupakan proses yang menyatu.  Kelompok dan pengambilan keputusan oleh kelompok sering kali bersifat kompleks.


Download ppt "Groupthink_joice cs1 GROUPTHINK berdasarkan penelitian Irving Janis Asumsi Kondisi Pendahulu Gejala Pencegahan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google