Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Reaksi Oksidasi dapat didefinisikan sebagai peristiwa kehilangan elektron atau kehilangan hydrogen, sehingga disebut juga reaksi dehidrogenasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Reaksi Oksidasi dapat didefinisikan sebagai peristiwa kehilangan elektron atau kehilangan hydrogen, sehingga disebut juga reaksi dehidrogenasi."— Transcript presentasi:

1

2  Reaksi Oksidasi dapat didefinisikan sebagai peristiwa kehilangan elektron atau kehilangan hydrogen, sehingga disebut juga reaksi dehidrogenasi.

3  Pengertian sempit oksidasi biologi: reaksi suatu zat dg molekul oksigen.  Pengertian luas oksidasi biologi : pelepasan hidrogen (dehidrogenasi) atau pelepasan elektron. Dalam oksidasi biologi diperlukan hidrogen/elektron, dalam reaksi, apabila ada yang dioksidasi pasti ada yg direduksi.

4 Respirasi : karbohidrat + O 2 CO 2 +H 2 O + E Respirasi merp proses oksidasi – reduksi : Karbohidrat dioksidasi menj CO 2 Oksidasi (O 2 ) direduksi membentuk H 2 O Jadi dlm respirasi Karbohidrat tdk bereaksi dg oksigen

5 Pada setiap hidrogen pindah ke aseptor hidrogen akan keluar energi. Hidrogen terakhir diterima oleh oksigen menjadi H2O. Beberapa aseptor hidrogen adalah :  1.NAD (nikotin amida dinukleotida)  2.NADP (nikotin amida dinukleotida pospat)  3.FAD (flavo adenin dinukleotida)  4.Sitokrom, masing2 dg enz dehidrogenase yg sesuai.

6 Reaksi oksidasi reduksi berperan dalam reaksi- reaksi yang menghasilkan energy. Contohnya pada oksidasi glukosa menjadi CO 2, air dan energy.

7  Oksidasi sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan energy sel.  Oksigen digunakan untuk pembakaran zat makanan yang disebut proses oksidasi biologis.  Proses oksidasi menghasilkan energi yang digunakan untuk berbagai aktivitas.  Sedangkan sisa oksidasi berupa karbon dioksida dan uap air dikeluarkan bersama udara yang dihembuskan ketika bernapas.

8  Peragian adalah proses yang menghasilkan minuman beralkohol melalui fermentasi. Metode ini digunakan dalam produksi bir, sake, dan anggur. minuman beralkoholfermentasibirsakeanggur  Di dalam sel ragi terjadi reaksi oksidasi biologi, yaitu reaksi karbohidrat menjadi CO 2 dan etanol dalam keadaan anaerob.  Karbohidrat seperti sukrosa, glukosa dapat diuraikan dalam keadaan anaerob oleh enzim-enzim dalam ragi menjadi CO 2 dan etanol.  Namun zat makanan laktosa tidak dapat diragikan.  Oleh karena itu biasanya orang membuat tape dengan bahan singkong atau beras ketan.

9  Antioksidan merupakan zat yang mampu memperlambat atau mencegah proses oksidasi.  Antioksidan juga sesuai didefinisikan sebagai senyawa-senyawa yang melindungi sel dari efek berbahaya radikal bebas oksigen reaktif jika berkaitan dengan penyakit, radikal bebas ini dapat berasal dari metabolisme tubuh maupun faktor eksternal lainnya.

10  Antioksidan alami dapat ditemukan pada sayuran, buah-buahan, dan tumbuhan berkayu.  Metabolit sekunder dalam tumbuhan yang berasal dari golongan alkaloid, flavonoid, saponin, kuinon, tanin, steroid/ triterpenoid.alkaloidflavonoid saponinkuinontaninsteroid  Gingseng yang berperan sebagai antioksidan, antidiabetes, antihepatitis, antistres, dan antineoplastik, mengandung saponin glikosida (steroid glikosida). antidiabetesantihepatitisantistres antineoplastiksaponin glikosidasteroid glikosida  Uji aktivitas antioksidan yang dilakukan pada daun “Ipomea pescaprae” menunjukkan keberadaan senyawa kuinon, kumarin, dan furanokumarin.kumarin  Tanin yang banyak terdapat pada teh dipercaya memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi.teh

11  Protein lipida dan DNA dari sel manusia yang sehat merupakan sumber pasangan elektron yang baik.  Kondisi oksidasi dapat menyebabkan kerusakan protein dan DNA, kanker, penuaan, dan penyakit lainnya.  Komponen kimia yang berperan sebagai antioksidan adalah senyawa golongan fenolik dan polifenolik yang memiliki kemampuan untuk menangkap radikal bebas.  Antioksidan yang banyak ditemukan pada bahan pangan, antara lain vitamin E, vitamin C, dan karotenoid.vitamin E vitamin Ckarotenoid

12 Radikal bebas Buah dan sayur untuk anti oksidan.

13  Widia, Sri Penuntun Praktikum Biokimia(Praktikum Oksidasi Biologi).Jakarta: Widya Medika  Page,David S Prinsip-Prinsip Biokimia. Jakarta: Erlangga  Albert,Bruce,dkk Biologi Molekuler Sel. Jakarta: Gramedia  kuliah-keperawatan-s1/idk-3/biokimia/oksidasi-biologi/ kuliah-keperawatan-s1/idk-3/biokimia/oksidasi-biologi/  biologi/ biologi/  biologis.html biologis.html 

14


Download ppt " Reaksi Oksidasi dapat didefinisikan sebagai peristiwa kehilangan elektron atau kehilangan hydrogen, sehingga disebut juga reaksi dehidrogenasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google