Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rela Berbagi Ikhlas Memberi ENZIM MATA PELAJARAN B I O L O G I KELAS XII IPA SEMESTER I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rela Berbagi Ikhlas Memberi ENZIM MATA PELAJARAN B I O L O G I KELAS XII IPA SEMESTER I."— Transcript presentasi:

1

2 Rela Berbagi Ikhlas Memberi ENZIM MATA PELAJARAN B I O L O G I KELAS XII IPA SEMESTER I

3 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Memahami pentingnya proses metabolisme pada organisme. Mendeskripsikan Fungsi Enzim Dalam Proses Metabolisme. STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR

4 Rela Berbagi Ikhlas Memberi 1. Menjelaskan struktur enzim 2.Menjelaskan cara kerja enzim 3. Mendeskripsikan sifat-sifat enzim 4. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim

5 Rela Berbagi Ikhlas Memberi STRUKTUR ENZIM

6 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Lanjutan Enzim merupakan senyawa organik berupa protein yang berfungsi sebagai katalis dalam metabolisme tubuh, sehingga disebut juga biokatalisator. Komponen penyusun enzim terdiri dari 1.Apoenzim, yaitu bagian enzim aktif yang tersusun atas protein yang bersifat labil (mudah berubah) terhadap faktor lingkungan. 2.Kofaktor,yaitu komponen non protein yang berupa :

7 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Lanjutan a.Ion-ion anorganik / aktivator berupa logam yang berikatan lemah dengan enzim, Fe, Ca, Mn, Zn, K, Co. Ion klorida, ion kalsium merupakan contoh ion anorganik yang membantu enzim amilase mencerna karbohidrat (amilum).

8 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Lanjutan b. Gugus prostetik Berupa senyawa organik yang berikatan kuat dengan enzim, FAD (Flavin Adenin Dinucleotide), biotin, dan heme merupakan gugus prostetik yang mengandung zat besi berperan memberi kekuatan ekstra pada enzim terutama katalase, peroksidae, dan sitokrom oksidase.

9 Rela Berbagi Ikhlas Memberi c. Koenzim Berupa molekul organik non protein kompleks, seperti NAD (Nicotineamide Adenine Dinucleotide), koenzim-A, ATP, dan vitamin yang berperan dalam memindahkan gugus kimia, atom, atau elektron dari satu enzim ke enzim lain.

10 Rela Berbagi Ikhlas Memberi CARA KERJA ENZIM SUBSTRAT + ENZIM KOMPLEKS ENZIM SUBSTRAT ENZIM + PRODUK

11 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Lanjutan Ada 2 (dua) cara kerja enzim : • Lock and key (gembok dan anak kunci). Setiap enzim memiliki sisi aktif yang tersusun dari sejumlah asam amino. Bentuk sisi aktif ini sangat spesifik, sehingga hanya molekul dengan bentuk tertentu yang dapat menjadi substrat bagi enzim.

12 Rela Berbagi Ikhlas Memberi • Induced fit (induksi pas) Sisi aktif enzim merupakan bentuk yang tidak kaku (fleksibel). Ketika substrat memasuki sisi aktif enzim, bentuk sisi aktif berubah bentuk sesuai dengan bentuk substrat kemudian terbentuk kompleks enzim-substrat. Pada saat produk sudah terlepas dari kompleks, maka enzim lepas dan kembali bereaksi dengan substrat yang lain.

13 Rela Berbagi Ikhlas Memberi • Pada saat produk sudah terlepas dari kompleks, maka enzim lepas dan kembali bereaksi dengan substrat yang lain. • Enzim bekerja dengan cara mengkatalis reaksi sehingga meningkatkan kecepatan reaksi yang dilakukan dengan menurunkan energi aktivasi (energi yang dibutuhkan untuk reaksi).

14 Rela Berbagi Ikhlas Memberi SIFAT-SIFAT ENZIM 1.Enzim adalah Protein sebagai protein enzim memiliki sifat seperti protein, yaitu sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan, seperti suhu, pH, konsentrasi substrat). Jika lingkungannya tidak sesuai, maka enzim akan rusak atau tidak dapat bekerja dengan baik.

15 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Lanjutan 2. Bekerja secara khusus/spesifik Setiap enzim memiliki sisi aktif yang sesuai hanya dengan satu jenis substrat, artinya setiap enzim hanya dapat bekerja pada satu substrat yang cocok dengan sisi aktifnya. 3. Memiliki sisi aktif / sisi katalis 4. Enzim dapat bekerja bolak-balik 5. Enzim diperlukan dalam jumlah sedikit

16 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Lanjutan 6.Tidak mengubah kesetimbangan energi 7.Menurunkan energi aktivasi agar reaksi kimia lebih cepat.

17 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Faktor-faktor eksternal yang mempengaruhi kerja enzim 1. Suhu 2. Derajat keasaman 3. Aktivator / zat penggiat 4. Konsentrasi substrat dan enzim 5. Hasil akhir 6. Inhibitor / zat penghambat 7. pH

18 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Jenis-jenis Inhibitor 1. Inhibitor kompetitif Molekul penghambat yang strukturnya mirip substrat, sehingga molekul tersebut berkompetisi dengan substrat untuk bergabung pada sisi aktif enzim. Contoh : sianida bersaing dengan oksigen untuk mendapatkan Hemoglobin pada rantai akhir respirasi. Inhibitor kompetititf dapat diatasi dengan penambahan konsentrasi substrat.

19 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Lanjutan

20 Rela Berbagi Ikhlas Memberi Inhibitor non kompetitif Molekul penghambat yang bekerja dengan cara melekatkan diri pada bagian bukan sisi aktif enzim. Inhibitor ini menyebabkan sisi aktif berubah sehingga tidak dapat berikatan dengan substrat. Inhibitor nonkompetitif tidak dapat dipengaruhi oleh konsentrasi substrat.

21 Rela Berbagi Ikhlas Memberi LATIHAN SOAL 1. Pada suhu tinggi, enzim mengalami denaturasi. a. Apa yang akan terjadi ? b. Bagaimana pengaruhnya terhadap kerja enzim 2. Mengapa reaksi enzim bersifat spesifik 3. Jelaskan spesifikasi enzim dengan substratnya berdasarkan teori kecocokan yang terinduksi.

22 Rela Berbagi Ikhlas Memberi REFERENSI • Diah Aryulina,dkk Biologi 2 SMA dan MA untuk kelas XI, penerbit esis,Jakarta 2007 • R. Gunawan Susilowarno, siap menghadapi Ujian Nasional SMA /MA 2009, BIOLOGI, penerbit Grasindo, Jakarta 2008 • Istamar Syamsuri,dkk Biologi SMA kelas XI, Penerbit Erlangga,Jakarta. • Henny Riandari, Theory and application of biology, for grade XI of senior High School and Islamic Senior High School, Solo 2009.

23 Rela Berbagi Ikhlas Memberi TERIMAKASIH SELAMAT BELAJAR


Download ppt "Rela Berbagi Ikhlas Memberi ENZIM MATA PELAJARAN B I O L O G I KELAS XII IPA SEMESTER I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google