Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PivotTable PERTEMUAN 11. PivotTable Dapat membuat tabel rekapitulasi yang akan mempermudah Anda menganalisa data tanpa mengganggu dan mempengaruhi data.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PivotTable PERTEMUAN 11. PivotTable Dapat membuat tabel rekapitulasi yang akan mempermudah Anda menganalisa data tanpa mengganggu dan mempengaruhi data."— Transcript presentasi:

1 PivotTable PERTEMUAN 11

2 PivotTable Dapat membuat tabel rekapitulasi yang akan mempermudah Anda menganalisa data tanpa mengganggu dan mempengaruhi data aslinya

3 1. Sorotlah range yang mencakup seluruh judul kolom sebagai baris judul data, berikut dengan seluruh data yang ada dibawahnya. 2. Pada tab Insert, dalam Group Tables, klik Insert PivotTable. Kotak dialog Create PivotTable akan ditampilkan. 3. Karena data yang digunakan diambil dari lembar kerja yang sedang aktif, pada bagian Choose the data that you want to analyze beri tanda atau klik tombol pilihan Select a table or range.

4 4. Pada kotak isian Table/Range, tentukan range data yang ingin digunakan dengan cara mengklik tombol pemilihan range (tombol collapse dialogs). Karena Anda sudah menyorot range data sebelumnya, secara otomatis kotak isian Table/Range akan terisi. 5. Pada bagian Choose where you want the Pivottable report to be placed. New worksheet  menempatkan PivotTable pada lembar kerja baru yang terpisah dengan lembar kerja datanya. Existing worksheet  menempatkan PivotTable pada lembar kerja yang sama dengan lembar kerja datanya. 6. Klik OK. Lembar kerja baru untuk perancangan PivotTable akan otomatis terbentuk dan pada Ribbon akan ditampilkan Tab Options dan Tab Design.

5 7. Pada lembar kerja perancangan PivotTable yang terbentuk, lakukan perancangan dengan cara menggeser field yang ada pada kotak daftar pilihan PivotTable Field List ke posisi yang sesuai (Report Filter, Column labels, Row labels, Values). 8. Hasil perancangan PivotTable akan langsung terlihat pada lembar kerja.

6 PivotChart 1. Sorotlah range yang mencakup seluruh judul kolom sebagai baris judul data, berikut dengan seluruh data yang ada dibawahnya. 2. Pada Tab Insert, dalam group Tables, klik tombol Insert PivotChart. 3. Karena data yang digunakan diambil dari lembar kerja yang sedang aktif, pada bagian Choose the data that you want to analyze beri tanda atau klik tombol pilihan Select a table or range.

7 4. Pada kotak isian Table/Range, tentukan range data yang ingin digunakan dengan cara mengklik tombol pemilihan range (tombol collapse dialogs). Karena Anda sudah menyorot range data sebelumnya, secara otomatis kotak isian Table/Range akan terisi. 5. Pada bagian Choose where you want the Pivottable report to be placed. New worksheet  menempatkan PivotTable pada lembar kerja baru yang terpisah dengan lembar kerja datanya. Existing worksheet  menempatkan PivotTable pada lembar kerja yang sama dengan lembar kerja datanya.

8 6. Klik OK. Lembar kerja baru untuk perancangan PivotTable akan otomatis terbentuk, lakukan perancangan dengan cara menggeser field yang ada pada kotak daftar pilihan PivotTable Field List ke posisi Axis Fields, Legend Fields, Values). Hasil perancangan PivotChart akan langsung terlihat.


Download ppt "PivotTable PERTEMUAN 11. PivotTable Dapat membuat tabel rekapitulasi yang akan mempermudah Anda menganalisa data tanpa mengganggu dan mempengaruhi data."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google