Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

2 JAM TEORI DAN 1 JAM PRAKTEK. SELEKSI KONDISI ~PERCABANGAN~ Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "2 JAM TEORI DAN 1 JAM PRAKTEK. SELEKSI KONDISI ~PERCABANGAN~ Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung."— Transcript presentasi:

1 2 JAM TEORI DAN 1 JAM PRAKTEK

2 SELEKSI KONDISI ~PERCABANGAN~ Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung

3 Setelah ini, mahasiswa :  Menjelaskan tentang operator kondisi (operator relasi dan logika)  Menjelaskan penggunaan pernyataan if  Menjelaskan penggunaan pernyataan if-else  Menjelaskan penggunaan pernyataan if dalam if  Menjelaskan penggunaan pernyataan switch

4 Topik  Percabangan if  Percabangan if-else  Percabangan if-else if-else  Percabangan switch

5 PERCABANGAN/SELEKSI KONDISI  Percabangan (branch) di dalam pemrograman digunakan oleh komputer untuk menentukan langkah kerja  Percabangan menggunakan operator kondisional yang akan menghasilkan nilai benar/true/1 atau salah/false/0.  Jika nilai yang dihasilkan benar, maka perintah akan dilaksanakan,  sedangkan jika salah, maka perintah tidak akan dilaksanakan.

6 Seleksi Kondisi/percabangan  Pernyataan-pernyataan yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan/percabangan:  Pernyataan if  Pernyataan if-else  Pernyataan switch  Pernyataan-pernyataan diatas memerlukan suatu kondisi -> dibentuk dengan operator relasi dan/atau operator logika.

7 Contoh Kondisional  5 > 3  6 < 2  45 != 34  (5 + 4) <= (3x3)  6/7 >= 12/17  1 == 2  1  0  bernilai benar (TRUE)  bernilai salah (FALSE)  bernilai benar (TRUE)  bernilai salah (FALSE)  bernilai benar (TRUE)  bernilai (FALSE)

8 Operator Relasional  Operator relasi menghasilkan kondisi BENAR atau SALAH

9 Contoh operator relasional

10 Operator Logika

11

12 Prioritas Operator Relasional

13 Perintah If  Perintah if dibedakan menjadi 3 bentuk : 1. If sederhana 2. If-else 3. Nested-if

14 If Sederhana  if sederhana adalah bentuk if dengan 1 cabang.  Pola :  Aturan: Jika kondisi bernilai 1 maka statement akan dikerjakan. 14 if (kondisi) statement

15 Flowchart If Sederhana

16 if sederhana : contoh 1  Program untuk menentukan kelulusan. Dinyatakan lulus apabila nilai >= 60.

17 if sederhana : contoh 2  Program menentukan cuaca. Apabila suhu > 27 maka cuaca panas.

18 if sederhana : contoh 3  Program untuk memeriksa jawaban. Jika jawab = 0 berarti benar.

19 if sederhana : contoh 4

20 If-else  If-else adalah Bentuk if dengan 2 cabang.  Pola :  ATURAN :  Jika kondisi bernilai 1, maka Statement-1 yang dikerjakan.  Jika kondisi bernilai 0, maka Statement-2 yang akan dikerjakan. if (kondisi) statement-1 else statement-2

21 Flowchart If-else

22 If-else: contoh 1  Program menentukan lulus/gagal.

23 If-else: contoh 2  Program menentukan jawaban.

24 If-else: contoh 3  Program menentukan vokal/konsonan

25 Percabangan if-else if-else  adalah bentuk if dengan banyak cabang.  Pola : if (kondisi-1) statement-1 else if (kondisi-2) statement else if (kondisi-n) statement-n else statement

26 Percabangan if-else if-else  Aturan  Jika kondisi-1 bernilai 1, maka statement-1 akan dikerjakan  Jika kondisi-1 bernilai 0, maka akan mengecek kondisi-2  Jika kondisi-2 bernilai 1, maka akan mengerjakan statement-2  Jika kondisi-2 bernilai 0, maka akan mengerjakan kondisi yang ada dbawahnya (begitu seterusnya sampai percabangan ke-n)  Dan jika pada kondisi-n bernilai 0 maka statement didalam else yang akan dikerjakan

27 Flowchart Percabangan if-else if-else 27 Logical expression Statements Y N Statements 2 Logical expression Statements 3 Y N

28 Percabangan if-else if-else: contoh 1  Program menentukan cuaca.

29 Percabangan dengan switch  Perintah ini digunakan sebagai alternatif pengganti dari sintaks if … else secara sederhana dimana alternatif pilihan bisa lebih dari satu.  Namun switch tidak bisa digunakan untuk pilihan yang mengandung suatu kondisi tertentu.  Dengan perintah ini program percabangan  akan semakin mudah dibuat dan dipelajari

30 Statement switch switch (ekspresi) { case item-1 : statement-1; break; case item-2 : statement-2; break; statement-n; default : statement; 30

31 Evaluasi switch  Ekspresi akan dievaluasi, kemudian akan dicari item yang nilainya sama dengan nilai ekspresi.  Jika ditemukan item yang cocok, maka statement item tsb dieksekusi.  Jika tidak ada item yang cocok, maka statement default yang dieksekusi.  Item hanya boleh berupa konstanta. 31

32 Flowchart Switch

33 Contoh switch 33

34 Contoh switch 2 34

35 Nested IF  Pernyataan if di dalam if  Di dalam suatu pernyataan if (atau if-else) bisa saja terdapat pernyataan if (atau if else) yang lain. Bentuk seperti ini dinamakan sebagai nested if.

36 Nested If (IF bersarang)

37

38

39

40 Lets Practice.... Jangan hanya membayangkan kodingnya Lets Practice.... Jangan hanya membayangkan kodingnya Latihan.... Mencoba

41 Latihan 1. Buatlah program yang akan menerima 2 buah angka integer dan menentukan bilangan terbesar dari kedua angka tsb. 2. Buatlah program yang akan menentukan posisi saklar lampu (ON/OFF). Apabila user memasukkan nol berarti kondisi OFF, sedangkan jika memasukkan satu berarti ON. 41

42 3. Buatlah program yang akan meminta user memasukkan 3 harga barang. Apabila jumlah ketiga barang tersebut > , maka akan diberikan potongan 10% dari total harga. Setelah itu, tuliskan ke layar total harga yang harus dibayar user. 4. Buatlah program untuk memeriksa sebuah angka masukan user (tidak nol), termasuk negatif/positif dan genap/ganjil 42

43 PERULANGAN

44 Tujuan Instruksional  Mahasiswa memahami mekanisme perulangan dengan benar.  Mahasiswa memahami penggunaan perintah perulangan : while, do-while, for  Mahasiswa dapat membuat program sederhana dengan perintah perulangan

45 Topik  While  Do-while  For  Nested-Loop (Perulangan bersarang) (next week)

46 PERULANGAN - LOOPING  Salah satu kelebihan komputer dibandingkan dengan manusia adalah kemampuannya untuk melaksanakan suatu perintah berulangkali tanpa lelah dan bosan  Perulangan adalah instruksi yang dapat mengulang sederetan Instruksi secara berulang-ulang sesuai persyaratan yang ditetapkan.  Dalam algoritma, pengulangan/loop/repetition dapat dilakukan sejumlah kali atau sampai kondisi berhenti

47 Latar Belakang  Misalkan ada kasus yang mengharuskan program untuk melakukan sebuah proses berulang-ulang, sejumlah tertentu atau sampai dengan kondisi tertentu, seperti :  Menuliskan kalimat “saya tidak akan mencontek lagi” sebanyak 100 kali  Menuliskan pertanyaan “Apakah anda cakep?” secara terus menerus sampai ditekan karakter N atau n  Dll. 47

48 Penyelesaian  Menggunakan perintah perulangan(looping)  Terdapat 3 perintah perulangan dalam C, yaitu : 1. while 2. do-while 3. for 48

49 while  Pola : while (kondisi){ statement }  Proses : kondisi akan selalu dievaluasi, selama nilainya :  Satu : statement dieksekusi terus  Nol : perulangan berhenti (statement tidak dieksekusi) 49

50 Flowchart while

51 while : Contoh 1 Program untuk menulis kalimat “Saya tidak akan mencontek” sebanyak 100 kali 51 Apa yang terjadi jika dihilangkan?

52 while : Contoh 2 52 Program untuk menulis kalimat “Saya tidak akan mencontek” sebanyak n kali

53 while : Contoh 3 53 Menjumlahkan angka-angka yang dimasukkan user sampai user memasukkan angka 0

54 do-while  Pola : do { statement } while (kondisi);  Proses : program menjalankan statement, baru mengecek kondisi.  Jika kondisi nilainya : 1  maka statement dieksekusi lagi 0  maka perulangan berhenti 54

55 Flowchart do-while 55

56 do while : contoh 1 56 Program untuk menulis kalimat “Saya tidak akan mencontek” sebanyak 10 kali

57 do while : contoh 2 57 Program untuk menulis kalimat “Saya tidak akan mencontek” sebanyak 10 kali

58 do while : contoh 3  Program yang hanya sekali dieksekusi 58

59 for 59

60 Flowchart for 60 Condition Statements N Y initialization value Increment

61 Contoh for 1  Apa output program berikut:

62 for : contoh 2 62

63 for : contoh 3 63 Menampilkan angka kelipatan 5 diantara angka 5 sampai 100

64 for : contoh 4 64 Menampilkan angka 10 sampai 1

65 for : contoh 4  Program menuliskan angka 10 sampai 1 65

66 Latihan 1. Tuliskan “Teknik Elektro YES” sebanyak 100 kali. 2. Buat flowchart dan program untuk menampilkan deret dengan while

67 Perulangan Bersarang  Mekanisme perulangan di dalam perulangan 67

68 Perulangan Bersarang  flowchart 68 Condition i Statements … N Y i = initialization value i++/i-- Condition j j++/j-- J = initialization value Y N

69 Perulangan Bersarang  Perulangan bersarang (nested loop) adalah perulangan di dalam perulangan.  Dapat berupa perulangan yang sejenis, atau kombinasi dari beberapa jenis yang berbeda.  Misal : for didalam for (sejenis), for didalam while (kombinasi), dll. 69

70 Nested Loop : contoh 1 70

71 Nested Loop : contoh 2  Program mencetak bintang. 71

72 Latihan  Buat flowchart dan program untuk menampilkan bintang menggunakan nested loop : **** **** * 72

73 Latihan 1. Buatlah flowchart dan program yang akan membaca angka dari user secara terus-menerus. Program akan berhenti jika angka yang dimasukkan oleh user adalah nol. Hitunglah jumlah seluruh angka masukan user. 73

74  Program mencetak bintang. 74

75 Latihan 1) 5,10,15,20,…,50 2) 3,9,27,81,…, ) Bilangan kelipatan 4 antara 1 s/d 50 4) Tulisan STUDY HARD sebanyak 100x 5) 99,97,95,93,…15 6) Buatlah program yang akan menulis “Good Morning” sebanyak N (N adalah inputan user) 75

76 7) Buatlah program yang akan menuliskan angka 1 s/d N (N adalah inputan user) 8) Buatlah program yang akan menerima 5 angka dari user dan menjumlahkannya 9) Buatlah program yang akan menjumlahkan seluruh angka dari user dan berhenti ketika jumlah >

77  Apa output program berikut? 77

78  Program menghitung total belanja, berhenti jika user memasukkan < 1. 78


Download ppt "2 JAM TEORI DAN 1 JAM PRAKTEK. SELEKSI KONDISI ~PERCABANGAN~ Teknik Elektro – UIN Sunan Gunung Djati Bandung."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google