Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Surat Paulus kepada Filemon. Siapa Filemon? seorang tokoh yang cukup penting dalam jemaat di Kolose. memiliki seorang budak yang bernama Onesimus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Surat Paulus kepada Filemon. Siapa Filemon? seorang tokoh yang cukup penting dalam jemaat di Kolose. memiliki seorang budak yang bernama Onesimus."— Transcript presentasi:

1 Surat Paulus kepada Filemon

2 Siapa Filemon? seorang tokoh yang cukup penting dalam jemaat di Kolose. memiliki seorang budak yang bernama Onesimus.

3 Latar Belakang Onesimus melarikan diri dan bertemu Paulus. Onesimus melarikan diri dan bertemu Paulus. Di antara keduanya terjalin hubungan yang akrab (ay. 10,12,13)  menjadi pembantu Paulus. Di antara keduanya terjalin hubungan yang akrab (ay. 10,12,13)  menjadi pembantu Paulus. Paulus mengajukan permohonan kepada sahabatnya untuk menerima kembali Onesimus. Paulus mengajukan permohonan kepada sahabatnya untuk menerima kembali Onesimus.

4 Pembukaan (1-7) Salam (1-3): Paulus dan Timotius menyampaikan salam kepada Filemon dan seisi rumahnya Salam (1-3): Paulus dan Timotius menyampaikan salam kepada Filemon dan seisi rumahnya Ucapan syukur (4-7): Paulus mengucapkan syukur karena kasih dan iman Filemon. Ucapan syukur (4-7): Paulus mengucapkan syukur karena kasih dan iman Filemon.

5 Pokok Surat (8-22) Berwenang memberi perintah kepada Filemon, tetapi lebih baik mengajukan permintaan. Berwenang memberi perintah kepada Filemon, tetapi lebih baik mengajukan permintaan. Meminta Filemon menerima kembali Onesimus bukan sebagai budak melainkan sebagai saudara seiman. Meminta Filemon menerima kembali Onesimus bukan sebagai budak melainkan sebagai saudara seiman. Ingin menahan Onesimus untuk menemani dan melayaninya tetapi tidak mau melakukannya tanpa persetujuan Filemon. Ingin menahan Onesimus untuk menemani dan melayaninya tetapi tidak mau melakukannya tanpa persetujuan Filemon. Akan menanggung jika Onesimus merugikan Filemon atau berhutang kepada Filemon. Akan menanggung jika Onesimus merugikan Filemon atau berhutang kepada Filemon.

6 Penutup (23-25) Salam dan berkat (23-25): Paulus menyampaikan salam teman-teman sepenjaranya kepada Filemon dan berkatnya untuk Filemon.

7 Mendukung perbudakan? Paulus tidak menolak perbudakan, orang-orang Kristiani pun mempunyai budak. Paulus tidak menolak perbudakan, orang-orang Kristiani pun mempunyai budak. Struktur masyarakat di zaman itu memang demikian dan Paulus tidak berkeberatan terhadapnya sehingga tidak berusaha mengubahnya. Struktur masyarakat di zaman itu memang demikian dan Paulus tidak berkeberatan terhadapnya sehingga tidak berusaha mengubahnya. Ia hanya menuntut bahwa orang-orang Kristiani menghayati struktur masyarakat mana pun secara Kristiani. Seorang budak haruslah berlaku sebagai budak secara Kristiani dan majikan harus harus berlaku sebagai majikan secara Kristiani. Ia hanya menuntut bahwa orang-orang Kristiani menghayati struktur masyarakat mana pun secara Kristiani. Seorang budak haruslah berlaku sebagai budak secara Kristiani dan majikan harus harus berlaku sebagai majikan secara Kristiani.

8


Download ppt "Surat Paulus kepada Filemon. Siapa Filemon? seorang tokoh yang cukup penting dalam jemaat di Kolose. memiliki seorang budak yang bernama Onesimus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google