Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ESDM & Ketenagakerjaan Permintaan Tenaga Kerja Nama Kelompok : 1.ANING YULIANA (120231100071) 2.YASIFUN (120231100078) 3.MAHMUDAH UMROH (120231100080)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ESDM & Ketenagakerjaan Permintaan Tenaga Kerja Nama Kelompok : 1.ANING YULIANA (120231100071) 2.YASIFUN (120231100078) 3.MAHMUDAH UMROH (120231100080)"— Transcript presentasi:

1 ESDM & Ketenagakerjaan Permintaan Tenaga Kerja Nama Kelompok : 1.ANING YULIANA ( ) 2.YASIFUN ( ) 3.MAHMUDAH UMROH ( ) 4.MILLA FIRDIATININGSIH ( ) 5.SITI DWI LESTARI ( ) 6.ALVI KASANATIN ( )

2 PENGERTIAN Permintaan tenaga kerja adalah hubungan antara tingkat upah dan jumlah pekerja yang dikehendaki oleh pengusaha untuk dipekerjakan. Permintaan tenaga kerja adalah sebagai jumlah tenaga kerja yang dipekerjakan seorang pengusaha pada setiap kemungkinan tingkat upah dalam jangka waktu tertentu.

3 MAKSIMALISASI PROFIT Miller & Meinners (1993), berpendapat bahwa permintaan tenaga kerja dipengaruhi oleh nilai marjinal produk (Value of Marginal Product, VMP). Nilai marjinal produk (VMP) : perkalian antara Produk Fisik Marginal (Marginal Physical Product) dengan harga produk yang bersangkutan. Produk Fisik Marginal (Marginal Physical Product, MPP) adalah kenaikan total produk fisik yang bersumber dari penambahan satu unit input variabel (tenaga kerja).

4 MPPX/PX = MPPY/PY Minimisasi biaya input atau maksimalisasi output atas penggunaan input mensyaratkan penggunaan kombinasi yang sedemikian rupa sehingga MPP untuk setiap input dengan harganya sama besar. Dengan demikian kenaikan satu unit input, misalnya x, akan memperbanyak biaya produksi sebanyak Px, sekaligus akan memperbesar volume produk sebanyak MPPx itu berarti Rasio Px / MPPx merupakan tingkat perubahan total biaya perusahaan untuk setiap perubahan output fisiknya yang secara definitif berarti sama dengan biaya marginalnya (Marginal Cost, MC).

5 BENTUK PERMINTAAN TK DI PASAR 1.Pasar Tenaga Kerja yang Bersifat Persaingan Sempurna Dalam pasar ini terdapat banyak perusahaan yang memerlukan tenaga kerja, dan tenaga kerja yang ada tidak tergabung dalam serikat-serikat buruh yang bertindak sebagai wakil mereka. 2. Pasar Tenaga Kerja Monopsoni Adalah pasar di mana terdapat satu perusahaan yang akan menggunakan tenaga kerja yang ditawarkan.

6 Lanjutan Pasar Tenaga Kerja Monopoli di Pihak Tenaga Kerja. Di pasar tenaga kerja ini, tenaga kerja terikat dalam sebuah serikat kerja atau persatuan pekerja. Adapun penentuan upah dalam pasar tenaga kerja yang bersifat monopoli pihak pekerja dibedakan pada tiga keadaan, yaitu: a) menuntut upah yang lebih tinggi dari yang dicapai pada keseimbangan permintaan dan penawaran, b) membatasi penawaran tenaga kerja, dan c) menjalankan usaha-usaha yang bertujuan menaikkan permintaan tenaga kerja.

7 Lanjutan Pasar Tenaga Kerja Monopoli Bilateral Adalah pasar tenaga kerja di mana tenaga kerja bersatu dalam suatu serikat buruh, dan hanya terdapat satu perusahaan saja yang menggunakan tenaga kerja.

8 FUNGSI PRODUKSI Konsep fungsi produksi berkaitan dengan hubungan fisik antara input dengan output. Hubungan ini dapat ditujukan secara matematis sebagai berikut: X= f (a, b,c,) ket: x= output yang dihasilkan a,b,c= input-input yang digunakan.

9  Teori kaum klasik Tingkat upah rendah, menyebabkan peningkatan terhadap permintaan terhadap tenaga kerja yang meningkat.

10

11


Download ppt "ESDM & Ketenagakerjaan Permintaan Tenaga Kerja Nama Kelompok : 1.ANING YULIANA (120231100071) 2.YASIFUN (120231100078) 3.MAHMUDAH UMROH (120231100080)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google