Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perangkat Lunak pada Komputer Hanif Saeful A, S.kom SMKN 1 Purwokerto 2010/2011.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perangkat Lunak pada Komputer Hanif Saeful A, S.kom SMKN 1 Purwokerto 2010/2011."— Transcript presentasi:

1 Perangkat Lunak pada Komputer Hanif Saeful A, S.kom SMKN 1 Purwokerto 2010/2011

2 komputer tersusun dari komponen utama yaitu software (perangkat lunak), hardware (perangkat keras), dan brainware (orang yang mengoperasikan komputer). Perangkat keras terdiri dari beberapa komponen yang saling bekerja sama sehingga membentuk suatu sistem kerja. Agar dapat saling bekerja sehingga membentuk suatu sistem kerja, komputer memerlukan suatu instruksi atau program yang disebut software. Program dalam komputer berisi perintah-perintah terperinci (program komputer) yang dipakai untuk memerintah perangkat keras komputer agar melakukan tugas-tugas tertentu.

3 Apa saja yang termasuk software komputer? Dapatkah kalian menyebutkan fungsi dari software komputer tersebut?

4

5 Pengertian Software Software berarti perangkat lunak, piranti lunak, program komputer. Soft-ware dapat diartikan sebagai perintah- perintah terperinci (program komputer) yang dipakai untuk memerintah perangkat keras komputer agar melakukan tugas-tugas tertentu. Kegunaan software bagi komputer antara lain menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan komputer terkontrol, meng-identifikasi program, serta mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.

6 Software dibedakan menjadi dua jenis, yaitu software system dan program utility. 1. Software System (Sistem Software) Software system merupakan program-program yang mengontrol pekerjaan komputer dan seluruh perangkat input dan output. Beberapa kontrol yang dapat dilakukan oleh software system adalah menghidupkan komputer, menjalankan program, menyimpan data dan informasi ke dalam media penyimpan, menyalin file, memformat disket, dan membuat back up isi hardisk.

7 Software sistem sendiri dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu software operasi (operating system) dan software utility : a. Sistem Operasi Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer, sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Tanpa sistem operasi, komputer tidak dapat berfungsi.

8 Software sistem operasi mempunyai tugas-tugas khusus sebagai berikut. a.Membaca dan menanggapi perintah-perintah yang diberikan oleh pengguna komputer. b. Mengkoordinasi aliran informasi melalui perangkat input dan output. c. Mengatur program-program lain. d.Membawa program dan data yang diberikan pengguna ke komputer. e.Memastikan bahwa processor melakukan pekerjaannya dengan benar.

9 Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi, yaitu sistem operasi ber-basis teks (command line interface) dan sistem operasi berbasis grafis (GUI). Beberapa software system operasi yang dikenal antara lain DOS (Disk Operating System), versi Windows (Windows 3.x, Windows 95, Windows NT, Windows 98, Windows 2000, Windows Millennium, Windows XP, Windows ME, Windows Vista), Palm OS, Mac OS, OS/2, UNIX, dan Linux. Sistem operasi yang paling dikenal di Indonesia adalah Windows, kemu-dian disusul oleh Linux.

10 Di bawah ini diuraikan materi mengenai berbagai macam sistem operasi 1) UNIX Ken thompson dari laboratorium bell membuat versi awal dari UNIX dengan nama UNICS (uni plexed information and computing servicess) suatu nama yang dipengaruhi oleh sistem operasi pendahulunya MULTICS (multifexed information and computing services). MULTICS sendiri juga diciptakan oleh Ken Thompson dengan rekan-rekannya. Versi pertama UNIX diselesaikan pada tahun 1969 dan ditulis dengan bahasa assembly.

11 UNIX merupakan sistem operasi multiuser, multiprocessor, dan multitasking untuk PC. UNIX terdiri atas sejumlah program (daftar instruksi untuk memperoleh hasil tertentu) yang dirancang untuk mengontrol interaksi antara fungsi-fungsi pada mesin.

12 Unix mempunyai tugas bermacam-macam, antara lain sebagai berikut. a) Manajemen berkas. b) Penyunting berkas. c) Pendukung pengembangan dalam perangkat lunak.

13 Secara umum, karakteristik UNIX adalah sebagai berikut : a)Multitasking, dapat menjalankan lebih dari satu jenis aplikasi pada saat yang bersamaan. b)Multiuser, dapat digunakan oleh lebih dari satu user pada waktu yang bersamaan. c)Line/Text Command Based, menyerupai DOS yang menggunakan perintah yang diketikkan sebagai sarana ‘memerintah’ komputer. Meskipun demikian, telah dikembangkan aplikasi-aplikasi GUI yang dapat menggantikan perintah ‘ketik’ tersebut dengan men-jalankan X Windows

14 b. DOS (Disk Operating System) DOS merupakan software yang diperkenalkan pada tahun 1980 oleh Microsoft Corporation. Sistem operasi ini masih menggunakan disket untuk menjalankannya sehingga pada saat kita menghidupkan komputer, maka kita harus memasukkan disket DOS ke dalam disk drive komputer. Kelemahan dari DOS adalah masih menggunakan sistem CLI (Command Line Interface) artinya menggunakan perintah- perintah yang ditulis dalam bahasa baris-baris teks. DOS adalah sistem operasi single-user yang hanya dapat mensuport memori sebesar 640 Kb, yang pada awalnya dipakai pada IBM PC. Versi DOS pertama kali diliris tahun 1982 yang dikemas dalam disket.

15 c. Machintosh Machintosh atau disingkat Mac adalah salah satu jenis PC berbasis power PC yang diproduksi oleh Apple Computer khusus untuk komputer Macinthos dan tidak kompetibel dengan PC berbasis IBM. Machintosh diluncurkan pada Januari Machintosh termasuk sistem operasi per-tama yang menggunakan GUI (Graphical User Interface).

16 Machinthos OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS, sistem ini pertama kali diluncurkan pada tahun Lambang “X” tidak dibaca “ex”, tetapi dibaca sepuluh. Versi ini adalah perbaikan dari versi sebelumnya yaitu Mac OS 8 dan Mac OS 9.

17 Mac OS X adalah sistem operasi (operating system) yang menggunakan BSD, sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X adalah termasuk dalam keluarga UNIX. Mac OS X menggunakan versi server di mana versi ini mirip dengan versi standarnya, tetapi yang membedakan adalah pada versi ini mencakup perangkat lunak untuk keperluan mana-jemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Versi sistem ini juga mempunyai beberapa fitur tambahan seperti SMTP, SMB, LDAP, dan DNS

18 d. Windows 3.x Windows versi 3.0, 3.1, 3.11 disebut dengan keluarga Windows 3.x. Windows 3.x ini bukan merupakan sistem operasi, tetapi lebih sebagai operating environment. Operating environment adalah sebuah tampilan grafis yang memudahkan penggunaan sistem operasi. Berdasarkan uraian tersebut dapat diartikan bahwa untuk menjalankan Windows 3.x kita tetap memerlukan sistem operasi DOS.

19 e. OS/2 Warp OS/2 merupakan sistem operasi yang dikeluarkan oleh IBM. OS/2 Wrap digunakan untuk keperluan dalam dunia bisnis. f. Palm OS Palm OS adalah sistem operasi komputer yang menjadi platform dari PDA (Personal Digital Assistants). PDA memiliki fungsi dasar seperti pengaturan jadwal, buku alamat, catatan tugas, dan memo yang dapat disinkronisasikan dengan komputer.

20 g. Novell Netware Novell Netware adalah sistem operasi jaringan yang banyak diguna-kan di dunia. Pada awalnya Netware digunakan khusus untuk jaringan LAN (Local Area Networking) dengan pendekatan file server murni.

21 h. BeOS Sejak versi pertamanya tahun 1997, salah satu tujuan utama BeOS, adalah mengelola jumlah data yang besar secara optimal. Sistem operasi ini dapat memenuhi tuntutan aplikasi-aplikasi multimedia dengan dukungan multi processor, sistem file 64 bit, dan multithreading.

22 Multithreading membebani beberapa prosesor sekaligus. Dengan arsitektur multithreading, BeOS memanfaatkan prosesor secara optimal. Dari sistem file hingga tampilan, sistem operasi dibagi-bagi dalam threads. Threads adalah pekerjaan atau tugas yang dapat dilakukan secara terpisah dan tak tergantung satu sama lain. Bila ada beberapa prosesor pada satu PC, maka BeOS membagi-bagi threads secara dinamis kepada setiap prosesor. Misalnya pada sistem file, prosesor yang satu mengubah sebagian file, sedangkan prosesor yang lainnya mengcopy file tersebut.

23 BeOS dapat menggunakan dan memanfaatkan semua prosesor yang ada, baik satu atau 16 prosesor. User tak perlu mengupgrade komputernya cukup hanya dengan mengganti motherboard atau memasang processor baru. Pada mulanya BeOS dikembangkan untuk BeBox, sebuah komputer dengan 2 prosesor PowerPC dan dengan memori utama maksimal 256 MB. Meskipun BeOS dulu termasuk sangat lengkap, namun BeOS tidak dapat menyaingi sistem operasi seperti Intel dan Machintosh. Sehingga sejak versi 3, BeOS sudah tersedia untuk Power-Machintosh dan untuk PC berbasis Intel.

24 BeOS adalah sistem operasi untuk PC yang didesain untuk aplikasi multimedia. BeOS memiliki support symmetric multiprocessing dan file sistem 64 byte yang mampu menangani ukuran file sampai terabyte.

25 i. Windows NT Windows NT dikeluarkan pada tahun NT merupakan singkatan dari New Technology. Sistem operasi Windows NT dikeluarkan untuk menangani sistem jaringan (network).

26 j. Windows 95 dan 98 Windows 95 diluncurkan pada tanggal 14 Agustus Windows 95 adalah sistem operasi pertama yang berbasis GUI. Di samping itu, Windows 95 lebih efisien ketika melakukan multitasking dan juga mendukung sis-tem jaringan termasuk , fax, dan internet. Pada Windows 95 mulai diperkenalkan menu Start dan program yang digunakan untuk mengakses beberapa program manajemen file. Selain itu, Windows 95 juga dilengkapi dengan fasilitas Plug and Play dan Internet Explorer.

27 Kelebihan Windows 95 adalah sebagai berikut. 1)Tampilan desktop yang lebih lengkap karena terdapat menu Start dan taskbar. 2)Menggunakan preemptive multitasking 3)Dukungan dari jaringan terintegrasi yang luas mencakup Microsoft Networking (NetBEUI), TCP/IP, NetWare, Windows Messaging, Dial-Up networking, dan koneksi internet 4)Terdapat fasilitas Plug and Play, yaitu sistem yang digunakan untuk mendeteksi instalasi perangkat keras dan konfigurasi terhadapnya secara otomatis

28 5) Tersedia fasilitas Advanced Power Management untuk manajemen daya. 6) Dukungan fasilitas audio dan video.

29 Windows 98 merupakan upgrade dari Windows 95, diluncurkan oleh Microsoft pada 25 Juni Beberapa kelebihan tersebut di antaranya adalah lebih mudah digunakan, terpadu dengan software untuk menjelajah internet yakni Microsoft Internet Explorer, mempunyai fasilitas Windows Explorer, dan peningkatan kemampuan multimedia. Windows 98 juga mampu mendukung teknologi USB.

30 k. Windows 2000 dan ME Windows 2000 diluncurkan pada tanggal 17 Februari Windows 2000 terdiri dari dua versi, yaitu Windows 2000 server dan Windows 2000 profesional. Windows 2000 profesional merupakan upgrade dari Windows 98 yang difokuskan untuk komputer pribadi (PC). Windows 2000 kurang popular di kalangan umum karena sistem operasi ini sebenarnya ditujukan bagi kalangan bisnis.

31 Beberapa fitur pada Windows 2000 adalah sebagai berikut. 1) Penggunaan model GUI secara penuh. 2) Terdapat Image Preview. 3) Terdapat versi terbaru dari Internet Explorer, yaitu versi Internet Explorer ) Dukungan untuk Microsoft Direct X. 5) Terdapat Windows Media Player versi ) Terdapat Play and Plug yang lebih canggih, sehingga memasang hard-ware tertentu langsung berjalan tanpa proses Start.

32 7) Menggunakan driver untuk hardware berbasis Windows Driver Model (WDM). 8) Dukungan manajemen data yang baik. 9) Terminal service yang terintegrasi.

33 Hal mendasar yang membedakan Windows ME dari Windows 98 adalah kemampuan internet dan multimedianya yang lebih banyak dan memuaskan. Hal baru yang ada dalam Windows ME adalah fasilitas sistem Restore yang memudahkan pengguna komputer untuk memperbaiki sistem kom-puter yang rusak ke keadaan sebelumnya yang belum rusak. Fasilitas Movie Maker juga merupakan fasilitas tambahan yang memungkinkan pengguna mengedit file video.

34 l. Windows XP Pada tanggal 25 Oktober 2001 dikeluarkan sistem operasi terbaru, yaitu Windows XP. XP adalah singkatan dari Experience yang artinya membawa pengalaman baru dalam dunia komputer. Windows XP terdapat banyak sekali kemajuan, tetapi kemajuan sistem operasi tersebut harus didukung kemampuan komputer yang lebih tinggi.

35 Keunggulan sistem operasi ini antara lain sebagai berikut. 1)Dukungan kepada sistem domain Active Directory. 2) Memiliki pengaturan kontrol akses yang canggih dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. 3) Mendukung sistem berkas terenkripsi (EFS). 4) Mendukung manajemen sistem secara terpusat. 5) Dukungan terhadap multiprosessor simetris.

36 m. Windows Vista Selang lima tahun, Microsoft meluncurkan sistem operasi versi terbaru yaitu Windows Vista. Sebelum diumumkan dengan menggunakan nama Vista, sistem operasi ini lebih dikenal dengan nama kode Longhorn. Longhorn sendiri berasal dari Longhorn Saloon, yaitu sebuah bar terkenal yang terdapat di Whistler, British Columbia negara bagian Kanada. Microsoft meluncurkan sistem operasi Windows Vista pada 30 Januari 2007 yang diperuntukkan bagi kalangan perumahan.

37 Fitur-fitur baru yang terdapat dalam Windows Vista sebagai berikut. 1)Penggunaan antarmuka Windows Aero (Authentic, Energetic, Reflec-tive, and Open). 2) Tombol Start diubah dengan tombol Windows “pearl” biru yang baru. 3) Adanya fasilitas pencarian (Search). 4) Terdapat Microsoft Internet Explorer 7+. 5) Terdapat Windows Media Player 11. 6) Terdapat fasilitas touchscreen.

38 n. Linux Linux adalah sebuah program open source yang gratis di bawah lisensi GNU dan dapat dijalankan pada berbagai macam platform perangkat keras mulai dari Intel (x86) hingga prosesor RISC.

39 Saat ini, linux bisa digunakan untuk jaringan, pengembangan software, dan untuk pekerjaan sehari- hari. Kebebasan yang paling penting dari Linux, terutama bagi programmer dan administrator jaringan adalah kebebasan memperoleh kode sumber (source code) dan kebebasan untuk mengubahnya. Ini berimplikasi pada beberapa hal penting, yaitu keamanan dan dinamika.

40 Karena sifatnya yang kompatible dengan UNIX, maka Linux dapat berinteraksi baik dengan sistem operasi lain seperti Windows dari Micro- soft, Machintosh dari Apple, Netware dari Novell, dan lain-lain. Sistem operasi ini juga menyediakan bahasa pemrograman gratis, lengkap dengan kompilernya, maupun program pembantunya.

41 Beberapa bahasa pemrograman tersebut di antaranya adalah sebagai berikut. ADA BASIC C C++ Expect FORTRAN GTK, untuk membuat aplikasi GUI di Linux PASCAL Phyton

42 Skrip Shell TCL Perl (The Practical Extraction and Report Language), sering dipakai untuk membuat skrip CGI di web.

43 2. Program Utility Software Utility merupakan software sistem yang melakukan tugas-tugas khusus berkaitan dengan penanganan kinerja komputer, perangkat input dan output, serta program-program lain dalam sebuah komputer. Beberapa soft-ware sistem operasi menyertakan program-program utility di dalamnya.

44 Beberapa fungsi dari software utility, antara lain melihat file (file viewer), men-scan (memeriksa) disk, dan merawat sistem, mengkompress (memadatkan) file, mendeteksi, dan menghilangkan virus.

45 Beberapa software utility tersebut dapat diuraikan secara singkat sebagai berikut. a. File Viewer File Viewer adalah jenis software yang dapat menampilkan isi sebuah file. Perangkat lunak file viewer antara lain sebagai berikut: 1)ACDSee, Irfan View, Xn View digunakan untuk melihat berkas-berkas gambar BMP.

46 2) Adobe Reader, Foxit PDF Reader digunakan untuk membuka berkas PDF tanpa perlu memiliki program Acrobat Reader. 3) Program Microsoft Office Viewer digunakan untuk membuka dan mencetak dokumen dari office baik Word, Excel, atau PowerPoint tanpa perlu memasang program Microsoft Office.

47 b. Scan Disk Disk scanner adalah software yang bisa melakukan satu atau lebih tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Tugas-tugas tersebut antara lain mendeteksi atau memperbaiki error pada hardisk atau disket, menghapus file-file sampah atau file-file yang tidak diperlukan oleh sistem operasi, dan mengorganisasikan file-file dalam hardisk. Scandisk dalam program windows digunakan untuk memperbaiki kesalahan-kesalahan sistem komputer.

48 c. File Compression File compression berfungsi untuk memadatkan isi file sehingga uku-rannya menjadi lebih kecil, tetapi data dan informasi yang ada di dalamnya tidak berkurang. File compression dilakukan dengan tujuan menghemat media penyimpan data yang kita gunakan. Dengan menggunakan kompres, maka file yang asli berukuran 165 kilobyte menjadi 29 kilobyte. Contoh dari program kompres yang banyak kita gunakan adalah WinZip, Winrar, Winace, dan lain-lain.

49 d. Antivirus Software antivirus digunakan untuk mencegah masuknya virus ke komputer sekaligus membersihkan virus yang ada pada komputer Contoh program antivirus adalah : AVG Antivirus, Norton Antivirus, Avast, Antivir, Panda, dan McAfee Antivirus.

50 Software Aplikasi (Application Software) Software aplikasi biasanya disebut dengan software terapan (application software). Software aplikasi adalah program-program komputer yang diguna-kan untuk melaksanakan tugas-tugas yang bersifat spesifik, misalkan untuk mengetik naskah, untuk menggambar, untuk mengolah foto, pendidikan, hi- buran, dan sebagainya.

51 Software aplikasi bekerja dengan cara mengorganisasikan data yang di-terima komputer dari pengguna. Secara umum software aplikasi dapat di- kelompokkan berdasarkan jenis tugasnya sebagai berikut. 1.Software Pengolah Kata 2.Software Pengolah Angka 3.Software Grafis 4.Software Penerbitan 5.Software Database

52 1. Software Pengolah Kata Software pengolah kata adalah software yang digunakan untuk melakukan pengetikan naskah, membuat surat, membuat brosur, membuat artikel, dan dokumen-dokumen lain. Contoh dari program pengolah kata adalah : Microsoft Word, World Perfect, StarOffice, OpenOffice Writer, Word Pro.

53 Program aplikasi pengolah kata pertama kali dibuat adalah Electric Pen. Electric Pen dibuat pada tahun 1976 oleh Michael Shrayer seorang programmer yang tinggal di California. Kemudian disusul oleh Wordstar pada tahun 1979 yang dibuat oleh Jhon Barnaby. Karena semakin dikenalnya sistem operasi Windows, maka mau tidak mau Electric Pen dan Wordstar akhirnya tergusur.

54 Salah satu program aplikasi pengolah kata yang dikenal adalah Microsoft Word. Program aplikasi Microsoft Word merupakan program aplikasi yang beroperasi di bawah sistem operasi Windows. Oleh karena itu, menu-menu yang ada pada lembar kerja Microsoft Word juga mempunyai format yang disesuaikan dengan sistem operasi Windows.

55 2. Software Pengolah Angka Software pengolah angka adalah software yang digunakan untuk meng-organisir (mengolah) dan menyimpan data yang membutuhkan beberapa macam penghitungan. Contoh software pengolah angka adalah : KSpread, Star-Office Calc, OpenOffice Calc, GNumeric, XESS, Microsoft Excel, dan Lotus, Shympony, Supercalc, Twin, Lucid 3D, dan lain- lain.

56 Microsoft Excel yang selanjutnya disingkat Excel merupakan salah satu program aplikasi lembar kerja (spreadsheet) yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan membantu kita untuk menganalisis, memproyeksikan, menghitung, dan mempresentasikan data.

57 3. Software Grafis Software grafis adalah software yang digunakan untuk menggambar dan mengolah gambar (grafis). Software grafis biasanya digunakan untuk membuat gambar dan mengolah gambar, membuat sampul buku, mendesain iklan, membuat halaman web, merancang bangunan, merancang pembungkus suatu produk, dan lain- lain.

58 Contoh software grafis adalah : CorelDRAW, Photoshop Editor, Photoshop, Freehand, dan lain-lain.

59 Berdasarkan jenisnya, software grafis dibagi menjadi empat. a. Software grafis bitmap Gambar bitmap merupakan gambar yang terbentuk dari serangkaian titik-titik berwarna- warni yang biasanya disebut dengan piksel. Titik- titik tersebut membentuk suatu pola yang dihasilkan dari kamera digital, kamera video, dan scanner. Kualitas gambar ditentukan oleh resolusi dan ketajaman warna. Resolusi adalah jumlah titik dalam setiap satuan luas (dpi=dot per inch).

60 Program yang termasuk dalam golongan aplikasi ini adalah Adobe Photoshop, Corel Photo Paint, Macromedia Xres, Photolmpact, Metacreations Painter, Metacreations Live Picture, Micrografix Picture Publisher, Microsoft Photo Editor, TheGIMP, dan Jasc Paintshop.

61 b. Software grafis vektor Gambar vektor terbentuk dari serangkaian gambar kurva. Dalam setiap objek baik garis maupun kurva memiliki warna serta pola isian sendiri-sendiri. Oleh karena itu, maka gambar vektor dapat diperbesar, diperkecil, diputar, atau diubah bentuknya tanpa mengurangi kualitas gambar.

62 Aplikasi yang tergolong dalam kelompok ini adalah : Adobe Illustrator, CorelDRAW, AutoCAD, Baneba Canvas, Macromedia Free-hand, Metacreations Expression, dan Micrografix Designer.

63 c. Software pengolah tata letak Software ini digunakan untuk keperluan pembuatan buku, brosur, pamflet, booklet, poster, dan lain-lain. Program ini mempunyai kemam-puan, yaitu mampu menempatkan teks dan gambar yang diambil dari program lain. Program yang termasuk dalam kelompok ini adalah : Adobe PageMarker, Adobe In Design, Adobe FrameMarker, Corel Ventura, Micro-soft Publisher, dan QuarkXpress.

64 d. Software pengolah film atau video Software ini dibuat untuk mengolah film dengan berbagai macam for-mat. Dengan menggunakan software ini kita dapat membuat terjemahan teks, efek seperti desingan peluru, ombak, angin, dan juga pemberian judul lagu pada karaoke. Program yang termasuk dalam kategori ini adalah : Apple Final Cut, Adobe Premier, Power Director, Ulead Video Studio, Pinnacle Studio Plus, WindDVD Creater, dan Nero Ultra Edition.

65 4. Software Multimedia Software multimedia adalah software yang digunakan untuk keperluan multimedia, misalkan untuk presentasi/menyampaikan informasi dengan menggunakan tulisan, animasi, audio (suara), dan video. Contoh dari software multimedia adalah : Windows Media Player, XingMPEG, RealPlayer dan WinAmp.

66 5. Software Penerbitan Software penerbitan (desktop publishing = DTP) adalah software yang digunakan secara khusus untuk menggabungkan tulisan dan gambar dalam dunia penerbitan. Contoh software DTP, yaitu : PageMaker, Adobe in Design, dan Quarkpress.

67 6. Software Database Software basis data digunakan untuk mengorganisasikan pengumpulan data dan pemrosesannya. Data diorganisasikan dalam bentuk file, field, record, dan character. Contoh dari software database adalah : Dbase, Foxpro, dan Microsoft Access.

68 Database menggunakan tiga struktur utama dalam mengorganisasi data, yaitu sebagai berikut. a. Field : menyimpan berbagai bagian data. b. Record : kumpulan field. c. Table : kumpulan record yang berhubungan.

69 Pada saat ini banyak sekali software database, mulai dari yang sederhana sampai kompleks. Database sederhana dapat digunakan oleh perorangan un-tuk menyimpan data yang tidak terlalu banyak. Sementara untuk perusahaan ada tiga jenis database yang dapat digunakan, yaitu MySQL, PostgreSQL, dan Oracle.

70 Bahasa Pemrograman Bahasa pemrograman adalah bahasa atau notasi yang digunakan untuk membuat suatu program/aplikasi. Alat untuk mengubah menjadi program disebut kompilator.

71 Jenis-jenis bahasa pemrograman diuraikan sebagai berikut. 1. Bahasa Mesin Bahasa mesin (bahasa pemrograman generasi pertama) adalah tipe paling dasar bahasa pemrograman, terdiri dari kumpulan angka yang dapat digunakan hardware komputer.

72 2. Bahasa Assembly Bahasa Assembly (bahasa generasi kedua) lebih mudah dipahami dari-pada bahasa mesin. Untuk membuat program dengan bahasa assembly, programmer membuat kode yang akan diterjemahkan oleh komputer.

73 3. Bahasa Tingkat Tinggi Bahasa tingkat tinggi mempunyai kemampuan lebih tinggi sehingga memungkinkan programmer untuk menuliskan kode programnya dengan lebih mudah. Bahasa tingkat tinggi mempunyai ciri mudah dimengerti karena menggunakan bahasa sehari-hari. Contoh software bahasa pemrograman adalah PASCAL, ASSEMBLER, COBOL, FORTRAN, PL/I, C+ +, dan Java.

74 4. Bahasa yang Berorientasi pada Masalah Spesifik (Specific Problem Oriented) Bahasa ini adalah bahasa yang digunakan langsung untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Contoh dari bahasa pemrograman ini adalah SQL untuk database dan regular expression (regex) untuk mencocokkan pola pada string tertentu. Jenis bahasa ini juga masuk ke bahasa tingkat tinggi.

75 1. Jelaskan pengertian sistem operasi! 2. Mengapa komputer membutuhkan sistem operasi? 3. Jelaskan pengertian dari multitasking! 4. Sebutkan contoh dari software utility! 5. Jelaskan kegunaan dari antivirus! 6. Sebutkan macam-macam program pengolah kata yang kalian kenal! 7. Sebutkan hal-hal yang dapat dilakukan dalam Microsoft Word! 8. Jelaskan kegunaan program aplikasi pengolah angka! 9. Sebutkan kegunaan dari software aplikasi multimedia! 10. Jelaskan pengertian dari bahasa pemrograman! EVALUASI 1

76 1. Jelaskan kegunaan dari software file compression! 2. Jelaskan pengertian dari software aplikasi! 3. Sebutkan dan jelaskan karateristik dari UNIX! 4. Apa yang dimaksud dengan command line interface? 5. Jelaskan yang dimaksud dengan open source software! 6. Jelaskan hal mendasar yang membedakan antara Windows ME dengan Windows 98! 7. Sebutkan paling sedikit tiga contoh dari software grafis vektor! 8. Jelaskan kegunaan dari software penerbitan dan sebutkan contoh-nya! 9. Sebutkan dan berikan penjelasan tiga struktur utama database dalam mengorganisasikan data! 10. Sebutkan contoh bahasa pemrograman! EVALUASI 2

77 Tambahan Materi Penggunaan komputer telah begitu luas dan mencakup seluruh sendi kehidupan dan telah menjadi salah satu kebutuhan pokok dalam kegiatan sehari-hari. Namun pada awalnya, komputer hanya digunakan untuk alat hitung belaka. Komputer berasal dari bahasa latin “to compute” yang berarti alat hitung. Agar dapat dioperasionalkan sebuah komputer harus dilengkapi perangkat lunak atau yang lebih dikenal sebagi software.

78 Software Program komputer, yang berisi instruksi-instruksi yang dapat membuat perangkat keras komputer bekerja. Software Sistem : Windows,Macintosh,DOS,Linux. Mengoperasikan mesin itu sendiri. software aplikasi : Word dan exel yang menyediakan fungsi yang spesifik.

79 Jenis-Jenis Software Firmware Software yang dimasukkan ke dalam hardware yang mengizinkan untuk dibaca dan dieksekusi, tetapi tidak mengizinkan untuk di modifikasi seperti di tulis dan dihapus oleh end user.

80 Program didalam read-only memory (ROM) circuit chip yang terintegrasi. Biasanya digunakan untuk mengkonfigurasi suatu hardware Program didalam erasable programmable read-only memory (EPROM) chip, program dapat dimodifikasi oleh special external hardware, tetapi bukan oleh program aplikasi.

81 Sistem Operasi Sebuah program besar yang sangat komplex yang dapat melakukan lebih dari satu eksekusi program besar yang kompleks secara berulang-ulang serta bekerja sama dalam sebuah komputer. Sistem operasi juga bertanggung jawab untuk menyembunyikan detil hardware komputer dari suatu aplikasi.

82 Utility Program Sebuah program kecil atau kumpulan program kecil yang mendukung sistem operasi dengan menyediakan penambahan service yang tidak di sediakan oleh sistem operasi. Beberapa service yang biasa disediakan antara lain disk backup, disk optimization, file recovery, safe formatting, and resource editing.

83 Package Program Program yang telah dibuat oleh perusahaan pembuat program (Vendor) yang langsung dapat dipakai oleh user. Ex. Ms.Office. Application Program ⇒ Software program yang khusus disusun untuk dipakai bidang tertentu dan format serta cara pemakaiannya harus sesuai dengan bentuk baku yang telah ditentukan. Ex. General Ledger, Account Payment, Account Receivable Application Program

84 Language Translator Program (LTP) Program yang dipakai untuk menterjemahkan high level language, antara lain : Compiler, Interpreter, Assembler, Generator User Program (Taylor Made Program) Program yang disusun sendiri oleh user atau dibuatkan oleh programmer atas pesanan sesuai dengan kebutuhan dan model yang akan dipakai untuk menangani masalah secara khusus.

85 Bahasa Pemrograman Sarana komunikasi yang menjembatani hubungan antara user dengan komputer, sehingga komputer dapat memahami dan dapat melaksanakan perintah- perintah yang diberikan. Jenisnya : Low Level Languages, Assembly Languages, High Level Languages, Very High-Level Languages (4GL), Natural Languages.

86 Program Suatu himpunan instruksi yang disusun dalam urutan dan aturan tertentu dengan menggunakan bahasa komputer agar komputer dapat melaksanakan instruksi-instruksi yang diberikan untuk menyelesaikan suatu masalah. Programming Kegiatan penyusunan atau pembuatan program dengan menggunakan bahasa tertentu dan menurut aturan tertentu.

87 Aplikasi Office dan Bisnis Perangkat lunak aplikasi perkantoran yang umum adalah pemroses kata dan pemroses tabel Pemroses kata umum di gunakan untuk menggantikan tugas pengetikan yang sering di lakukan.

88 Aplikasi Multimedia Aplikasi multimedia saat ini sangat banyak dan beragam. DikatakanMultimedia karena selain penggunaan media teks, aplikasi ini dapat memproses /menampilkan dalam bentuk yang lain yaitu gambar, suara dan film. Aplikasi Multimedia sangat berkaitan dengan format data yang di gunakan. Aplikasi Multimedia umumnya di pisahkan lagi menjadi aplikasi yang di gunakan untuk membuat, yang hanya di gunakan untuk menampilkan saja dan aplikasi pengaturan.

89 MIDI (Musical Instrument Digital Interface) format suara instrumen ini di perkenalkan pada tahun 1983 oleh perusahaan musik elektrik seperti Roland, Yamaha dan Korg. Format MIDI bersifat sangat kompak dengan ukurannya yang kecil,

90 MP3 format suara yang terkenal saat ini berbeda dengan MIDI yang hanya instrument, MP3 merekam seluruh suara termasuk suara penyanyinya. Kualitas suara MP3 akan berbanding dengan ukuran penyimpannya. Kualitas yang banyak di gunakan untuk merekam musik adalah standar CD-ROM (44,2 KHz, 16 bit, stereo), sementara kualitas terendah adalah kualitas seperti telepon (5 KHz, 8 bit, mono).

91 MPEG (Moving Picture Experts Group) merupakan format yang di susun oleh ahli dari berbagai penjuru dunia untuk format multimedia. AVI (Audio Video Interleave) format AVI di buat oleh Microsoft dan mudah di pindah-pindahkan di aplikasi buatan Microsoft lainnya seperti Word atau PowerPoint.

92 QUICKTIME sama dengan AVI, Quicktime dapat digunakan baik di komputer berbasis Intel maupun Mac. Quicktime dapat menyaingin AVI di karenakan tingkat kompresinya yang lebih baik. Tingkat kompresi menentukan besar-kecilnya file yang akan menentukan pula besar-kecilnya media penyimpanan, dan lebar jalur data yang dibutuhkan untuk transfer ( *.mov).

93 Aplikasi Internet Perangkat lunak yang berhubungan dengan internet sangat berkaitan dengan aplikasi internet. Aplikasi Internet adalah protokol yang digunakan untuk berhubungan antara satu orang atau mesin dengan pihak lain yang berjauhan. Aplikasi internet akan menyangkut dua sisi, yaitu sisi penyedia (server) atau sisi pengguna (client).

94 Contoh aplikasi internet dan perangkat lunak dari sisi pengguna yang umum di gunakan adalah : 1.HTTP (Hypertext Transfer protocol), merupakan aplikasi internet yang menampilkan baris kalimat, atau gambar, dengan beberapa kata yang di beri tanda garis bawah (hypertext). Dari hypertext ini, pengguna dapat melompat dari satu dokumen (page) ke dokumen lainnya. Perangkat lunak di sisi pengguna yang menjalankan http di kenal sebagai browser. Ex. Internet Explorer, Opera dan Netscape.

95 2. (Electronic mail), merupakan aplikasi surat menyurat di internet. Setiap orang dapat memiliki alamat , dan bisa saling bertukar dokumen satu sama lain. Contoh perangkat lunaknya adalah Outlook Express.

96 3.Messenger untuk berkomunikasi antara satu orang atau lebih (conference) selain Messenger di gunakan komunikasi melalu teks (messsage), juga bisa berupa suara (voice) mapun film (webcam).ex. Yahoo Messanger

97 Pada saat ini Software atau perangkat lunak sudah terdapat dimana-mana, tidak hanya pada sebuah super computer, sebuah computer genggampun dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat disinkronkan dengan PC. Dan hebatnya setiap peralatan tersebut akan mengarah pada suatu saat akan dapat saling terhubung.

98 Pembuatan perangkat lunak bukan lagi pekerjaan segelintir orang, tetapitelah menjadi pekerjaan banyak orang dengan beberapa tahapan proses yang melibatkan berbagai disiplin ilmu dalam perancangannya. Tingkat kecerdasan yang ditunjukkan oleh perangkat lunakpun semakin meningkat, selain permasalahan teknis, perangkat lunak sudah bisa mengenali suara maupun gambar.

99 Sebelum menginstal suatu sistem aplikasi sebaiknya tentukan dulu sistem aplikasi mana yang akan diinstall, sehingga sesuai dengan kebutuhan. Dalam memilih sistem aplikasi ada beberapa hal yang kita perhatikan : 1. sistem aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan 2. system aplikasi dapat dioperasikan sesuai dengan kemampuan computer yang dimiliki 3. sistem aplikasi tersebut mudah pengoperasian dan instalasinya 4. system aplikasi tersebut memiliki kompabilitas data dengan system aplikasi lain yang sejenis sehingga memungkinkan untuk dilakukan lintas data dengan system aplikasi lain.

100 Klasifikasi Software : Perangkat lunak secara umum dapat dibagi menjadi dua (2) : - Perangkat lunak sistem - Perangkat lunak aplikasi

101 Perangkat lunak sistem dapat dibagi menjadi 3 macam : 1.Bahasa pemrograman : perangkat lunak yang bertugas mengkonversi arsitektur dan algoritma yang dirancang manusia kedalam format yang dapat dijalankan komputer,. contoh : BASIC ; COBOL ; Pascal ; C ++ ; Fortran

102 2.Sistem operasi perangkat lunak yang bertugas mengatur seluruh proses ; menterjemahkan masukan; mengatur proses internal; memanajemen penggunaan memori dan memberikan keluaran ke peralatan yang bersesuaian contoh : DOS ; Unix; Windows ; IMB OS/2 ; Apple’s System

103 3.Utility system : sistem operasi yang merupakan perangkat lunak dengan fungsi tertentu misalnya pemeriksaan perangkat keras ; memeriksa kerusakan pada disk ; mengatur ulang isi harddisk ( partisi, defrag) contoh norton utility ; partition magic

104 TERIMA KASIH


Download ppt "Perangkat Lunak pada Komputer Hanif Saeful A, S.kom SMKN 1 Purwokerto 2010/2011."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google