Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DYAH MARTIWI, 3352404050 ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DYAH MARTIWI, 3352404050 ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG."— Transcript presentasi:

1 DYAH MARTIWI, ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : DYAH MARTIWI - NIM : PRODI : Manajemen (Manajemen Keuangan) - JURUSAN : Manajemen - FAKULTAS : Ekonomi - T_wiCut3 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Syamsu Hadi, M.Si - PEMBIMBING 2 : Dra.Margunani, MP. - TGL UJIAN :

3 Judul ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG.

4 Abstrak Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang menerapkan penilaian kinerja tradisional yang hanya berfokus pada aspek finansial, oleh sebab itu perlu disempurnakan dengan sistem Balanced Scorecard. Bagaimana penerapan Balanced Scorecard dalam penilaian kinerja keuangan, pelanggan, proses internal bisnis, pembelajaran dan pertumbuhan rumah sakit Panti Wilasa Citarum Semarang agar mampu bertahan dan bersaing dengan mutu yang baik. Penelitian ini dengan mengambil data selama tiga tahun, dari , menggunakan analisis deskriptif. Metode Pengumpulan data dengan dokumentasi, penyebaran Koesioner terhadap 68 Pasien atau keluarga pasien dan 81 Karyawan tetap Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. Teknik Pengambilan Sampel yang digunakan adalah Sampling aksidental dan sampling purposive. Perspekif Keuangan ditunjukkan dengan ROI dan PM dari tahun ke tahun selalu mengalami penurunan, sedangkan RO mengalami fluktuasi. Perspektif Pelanggan ditunjukkan dengan retensi pasien, akuisisi pasien yang selalu meningkat dari tahun ke tahun, sedangkan dilihat dari kepuasan pelanggan, pelanggan sudah merasa sangat puas, puas terhadap pelayanannya. Perspektif Proses Internal Bisnis hasilnya secara keseluruhan relatife baik, meskipun ada beberapa rasio ukuran yang belum mencapai angka standart yaitu ALOS, BOR dan BTO. Perspektif Pertumbuhan dan Pembelajaran, hasilnya secara keseluruhan relative sangat baik, ditunjukkan dengan produktivitas dan retensi karyawan mengalami peningkatan dari tahun – ke tahun. Sedangkan dilihat dari kepuasan karyawan, karywan merasa sangat puas, puas terhadap Instansi dimana mereka bekerja. Simpulan dari perspektif keuangan dengan indikator ROI sebesar 15,92%, PM sebesar 9.3% dan RO sebesar 261%. Perspektif Pelanggan dengan indikator Retensi Pasien sebesar 52,72%, Akuisisi pasien sebesar 47,46% dan kepuasan pasien sebesar 76.35%. Perspektif proses internal bisnis dengan indikator: ALOS 4 hari, BOR 68,61%, TOI 2 hari, BTO 68 kali GDR 3.1 permill, NDR 1,53 permil. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dengan indikator: tingkat produktivitas karyawan sebesar 85,176,620.70, retensi karyawan sebesar 0.24%, dan kepuasan karyawan sebesar 73,87%. Saran yang diberikan pada rumah sakit adalah meningkatkan kualitas pelayanan dan meningkatkan profesional karyawan.

5 Kata Kunci Balanced Scorecard, Penilaian kinerja.

6 Referensi Arikunto,Suharsimi Prosedur Penelitian.Jakarta: Rineke Cipta Ghozali, Imam Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang:Badan Penerbit UNDIP Ikhsan, Sukardi Akuntansi Manajemen. Semarang : UNNES Press Kaplan, Robert S. and Norton, David P Menerapkan Strategi menjadi Aksi: BalancedScorecard terjemahan Peter R dan Yosi Pasla. Jakarta : Erlangga Lasdi,Lodovicus.Agustus Balanced Scorecard sebagai rerangka pengukuran kinerja perusahaan secara komprehensif dalam lingkungan Bisnis Global. Jurnal Widya Manajemen dan Akuntansi,Vol.2,No.2,hal Loise Martieni Penerapan Sistem ABC Pada Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum Semarang. UNDIP. Semarang. Mardiasmo Akuntansi Sektor Publik.Yogyakarta:Penerbit Andi. Mulyadi Akuntansi Manajemen. Yogyakarta : STIE YKPN. Mulyadi, Balanced Scorecard. Yogyakarta : Salemba Empat. Mulyadi dan Johny Setyawan Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen.Edisi ke 2. Jakarta: Salemba Empat. M.Zein, Chalid Mengukur Kinerja Perusahaan Penerbangan dengan Sistem Balanced Scorecard. Jurnal Manajemen Transportasi Volume VIII No.1 hal 75 – 77 Octavianus dan Purwaningrum Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Kartu Skor Keseimbangan (Balanced Scorecard) Studi Kasus PT Telekomunikasi Seluler. Jurnal Ekonomi Bisnis No. 1 Jilid 11 hal Prasetyono,Nurul Kompyurini Analisis kinerja Rumah Sakit Daerah dengan pendekatan Balanced Scorecard.Simposium.UM Nasional Akntansi UNHAS Makasar. Singgih, Moses L,Kristiana Asih Damayanti dan Renny Octavia.Desember Pengukuran dan Analisa kinerja dengan metode Balanced Scorecard di PT “X”.Jurnal Tehnik Industri,Vol.3,No.2,Hal Sitepu, dan Nirwana Path Analisis. Bandung:Universitas Padjajaran. Srimindarti,Caecilia.April Balanced Scorecard sebagai alternative untuk mengukur kinerja. Fokus Ekonomi, Vol.3,No.1,Hal Sugiyono Metode Penelitian Bisnis. Bandung:CV Alvabeta Tarigan, Antonius Prospek Balanced Scorecard (BS) Dalam Kinerja Organisasi Publik.Jurnal Perencanaan dan Pembangunan Edisi 02 Tahun XII Januari- Maret hal Tjiptono, Fandy Prinsip – prinsip Total Quality Service. Yogyakarta:ANDI Trisnantoro, Laksono Aspek Strategis dalam manajemen rumah sakit. Yogyakarta:ANDI. Umar, Husein Riset Akuntansi : Panduan lengkap untuk membuat skripsi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama. Wahyuni Erma,Tomo HS, HNS Tangkilisan.2004.Balance Scorecard untuk Manajemen Publik.Yogyakarta.YPAPI

7 Terima Kasih


Download ppt "DYAH MARTIWI, 3352404050 ANALISIS SISTEM BALANCED SCORECARD SEBAGAI DASAR PENILAIAN KINERJA PADA RUMAH SAKIT PANTI WILASA CITARUM SEMARANG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google