Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Bahasa C++. Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Sejarah C++ (cont)  C diimplementasikan oleh Dennis Ritchie dari AT&T Laboratories.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Bahasa C++. Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Sejarah C++ (cont)  C diimplementasikan oleh Dennis Ritchie dari AT&T Laboratories."— Transcript presentasi:

1 Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Bahasa C++

2 Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Sejarah C++ (cont)  C diimplementasikan oleh Dennis Ritchie dari AT&T Laboratories dengan menggunakan sistem operasi UNIX.  C merupakan hasil dari proses pengembangan dari BCPL ( Basic Combined Programming Language ).  BCPL diciptakan oleh Martin Richard, dan mempengaruhi bahasa B yang diciptakan oleh Ken Thomson.

3 Teknik Pemrog. Terstruktur 2  Bahasa B dikembangkan menjadi bahasa C pada tahun 1970-an.  Tahun 1983, didirikan sebuah komite untuk menciptakan ANSI standar untuk bahasa C. (yang dipakai pada Desember 1989)  Bahasa C yang diciptakan oleh Kerninghan dan Ritchie dikenal dengan ANSI C  digunakan oleh ISO sehingga menghasilkan ISO Standard C.  Tahun 1980, Bjarne Stroustrup dari AT&T Bell Laboratories mulai mengembangkan bahasa C  C++ tahun Sejarah C++(cont)

4 Teknik Pemrog. Terstruktur 2  C++ mengalami dua tahap :  dirilis oleh AT&T laboratories  cfront  kompiler C++ menjadi sebuah kompiler yang bisa C++  bahasa assembly  Tahun 1990, C++ menjadi bahasa berorientasi objek. Sejarah C++(cont)

5 Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Struktur Bahasa C++ Contoh 1 : //my first program in C++ #include int main() { cout << “Selamat pagi dunia!”; return 0; } Hasil : Selamat pagi dunia!

6 Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Program tersebut mengandung komponen dasar: //my first program in C++ merupakan komentar, tidak akan berpengaruh terhadap program. #include kalimat yang diawali tanda (#) merupaka preprocessor directive. Indikasi untuk kompiler. #include indikasi untuk menyertakan header file standard iostream, termasuk I/O dalam C++ Struktur Bahasa C++ (cont)

7 Teknik Pemrog. Terstruktur 2 int main() sebagai awal deklarasi fungsi main. Merupakan titik awal dimana seluruh program C++ akan dieksekusi. cout << “Selamat pagi dunia!”; merupakan standard output stream dalam C++ (biasanya monitor). return 0; fungsi main() berakhir dan mengembalikan kode yang mengikuti instruksi tersebut, dalam hal ini kasus 0. Struktur Bahasa C++ (cont)

8 Teknik Pemrog. Terstruktur 2  Setiap kalimat diakhiri dengan tanda semicolon (;). Karakter ini menandakan akhir dari instruksi dan harus disertakan pada setiap akhir instruksi pada program C++ manapun.  Isi dari fungsi main() selanjutnya akan mengikuti, berupa deklarasi formal dan dituliskan diantara kurung kurawal ({}).  Komentar adalah bagian dari program yang diabaikan oleh kompiler. Struktur Bahasa C++ (cont)

9 Teknik Pemrog. Terstruktur 2  Ada dua cara untuk menuliskan komentar :  // komentar baris akan mengabaikan apapun mulai dari tanda(//) sampai akhir baris.  /* komentar blok */ akan mengabaikan apapun yang berada diantara tanda /* dan */ Struktur Bahasa C++ (cont)

10 Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Input dan Output  Dalam ANSI C, operasi input dan output dilakukan dengan menggunakan fungsi- fungsi header file stdio.h misalkan : printf, scanf, putc, dsb.  Untuk input dan output ke file digunakan fread, fwrite, fputc, dsb.  Dalam C++ menggunakan iostream.h, stsrtrea.h, fstream.h dan constrea.h

11 Teknik Pemrog. Terstruktur 2  Contoh versi ANSI C #include void main() { int x; printf (“Masukkan sebuah bilangan:\n”); scanf (“%d”, &x); printf (“Bilangan yang dimasukkan adalah %d\n”,x); } Input dan Output (cont)

12 Teknik Pemrog. Terstruktur 2  Contoh versi C++ #include void main() { int x; cout <<“Masukkan sebuah bilangan: “<> x; cout <<“Bilangan yang dimasukkan adalah “ << x << end1; } Input dan Output (cont)


Download ppt "Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Bahasa C++. Teknik Pemrog. Terstruktur 2 Sejarah C++ (cont)  C diimplementasikan oleh Dennis Ritchie dari AT&T Laboratories."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google