Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BAMBANG BUDIYANTO, 4201403003 KESIAPAN GURU-GURU FISIKA TERHADAP PELAKSANAAN KTSP DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SRAGEN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BAMBANG BUDIYANTO, 4201403003 KESIAPAN GURU-GURU FISIKA TERHADAP PELAKSANAAN KTSP DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SRAGEN."— Transcript presentasi:

1 BAMBANG BUDIYANTO, KESIAPAN GURU-GURU FISIKA TERHADAP PELAKSANAAN KTSP DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SRAGEN

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : BAMBANG BUDIYANTO - NIM : PRODI : Pendidikan Fisika - JURUSAN : Fisika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - baamss pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Hadi Susanto, M.Si - PEMBIMBING 2 : Dr. Ahcmad Sopyan, M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul KESIAPAN GURU-GURU FISIKA TERHADAP PELAKSANAAN KTSP DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SRAGEN

4 Abstrak Kesiapan guru-guru fisika dalam melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) merupakan kesediaan guru-guru fisika untuk melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) sebelum dilaksanakan atau mulai dilaksanakan. Untuk dapat melaksanakan KTSP dengan baik, seorang guru harus mengetahui segala sesuatu tentang konsep KTSP, mengetahui persepsi yang baik terhadap KTSP, dan mampu membuat silabus dan sistem penilaian. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru-guru fisika SMP Negeri di Kabupaten Purbalingga dalam melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Populasi dalam penelitian ini adalah guru-guru Fisika SMP Negeri di Kabupaten Purbalingga. Sedangkan samplingnya berjumlah 32 guru fisika dari 12 SMP Negeri di Kabupaten Purbalingga. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode dokumentasi, metode angket dan metode tes. Data dianalisis secara deskriptif prosentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prosentase pengetahuan guru tentang konsep KTSP 68,13% dengan kategori tinggi dan kriteria tingkat kesiapan adalah siap melaksanakan KTSP, persepsi guru terhadap KTSP tergolong sangat siap yakni sebesar 85,13%, serta kemampuan guru dalam membuat silabus dan sistem penilaian untuk angket sebesar 74,64% dengan kategori siap, untuk pertanyaan terbuka (uraian) sebesar 69,53% dengan kategori siap dan untuk pembuatan silabus sebesar 84,17% dengan kategori sangat baik dan kriteria tingkat kesiapan adalah sangat siap. Dengan demikian, dapat dinyatakan bahwa guru-guru fisika SMP Negeri di Kabupaten Purbalingga telah siap melaksanakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

5 Kata Kunci Kesiapan, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

6 Referensi Ali, Muhammad Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa. Arikunto, Suharsimi Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta. Baedhowi Kebijakan Pengembangan Kurikulum. Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis ke-42 UNNES. Semarang. Depdiknas Materi Sosilisasi dan Pelatihan KTSP. Hamalik, O Pendidikan Guru. Jakarta : Bumi Aksara Hasan dkk Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka. Kartikawati dan Loosikooy Profesi Keguruan. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kunandar Guru Profesional ( Implementasi KTSP). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Mantovani, Septi. Pelaksanaan KTSP di SMA Nasional Karangturi Semarang (Strategi dan Implementasi). Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis ke-42 UNNES. Semarang. Mudjiono Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta Mulyasa Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sumiyati Kebijakan Penerapan Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Seminar Nasional Dalam Rangka Dies Natalis ke 42 UNNES. Semarang. Supriyadi (Makalah). Pelaksanaan KTSP di SMAN 1 Semarang. Susilo, M. Joko Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Sutomo Profesi Kependidikan. Semarang: CV IKIP Semarang Press. Suyitno, Amin Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika I. Semarang: UNNES. Wibowo, Mungin Edi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Makalah: Seminar Regional dan Workshop Implementasi KTSP Bidang Sains/IPA pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Semarang: FMIPA UNNES

7 Terima Kasih


Download ppt "BAMBANG BUDIYANTO, 4201403003 KESIAPAN GURU-GURU FISIKA TERHADAP PELAKSANAAN KTSP DI SMA NEGERI SE KABUPATEN SRAGEN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google