Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

FITRIA YUNI ASTUTI, 4101405557 KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "FITRIA YUNI ASTUTI, 4101405557 KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)"— Transcript presentasi:

1 FITRIA YUNI ASTUTI, KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 SULANG PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : FITRIA YUNI ASTUTI - NIM : PRODI : Pendidikan Matematika - JURUSAN : Matematika - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - reriza_1706 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : Drs. Sugiman, M.Si - PEMBIMBING 2 : Drs.Zaenuri, M.Si, Akt - TGL UJIAN :

3 Judul KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 2 SULANG PADA MATERI POKOK BANGUN RUANG SISI DATAR

4 Abstrak Pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Sulang masih menggunakan metode ekspositori. Pada pembelajaran dengan metode ekspositori ini, banyak peserta didik yang kurang tertarik terhadap pelajaran yang disampaikan guru. Peserta didik cenderung pasif dalam menerima pelajaran. Pembelajaran matematika di SMP Negeri 2 Sulang yang monoton dan membosankan peserta didik mengakibatkan rata-rata hasil belajar peserta didik rendah. Dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang rendah mengakibatkan sebagian besar peserta didik SMP 2 Sulang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM). Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang pada materi pokok bangun ruang sisi datar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe:1. TGT dan TAI dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM);2. TGT lebih baik dari pada model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang pada materi pokok bangun ruang sisi datar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TAI dibandingkan dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang pada materi pokok bangun ruang sisi datar yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dibandingkan dengan tipe TAI. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIII A dan VIII D yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan TAI. Pada akhir pembelajaran, sampel diberi tes hasil belajar kemudian nilai tes dianalisis untuk mengetahui apakah populasi berdistribusi normal, homogenitas, ketuntasan dan kesamaan rata-rata kelompok sampel. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata hasil belajar kelompok TGT dan TAI telah mencapai skor 72 atau telah mencapai ketuntasan belajar. Dari perhitungan hasil uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh rata-rata nilai tes hasil belajar kelompok TGT lebih besar dari rata-rata nilai tes hasil belajar kelompok TAI. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan tipe TAI dapat mencapai ketuntasan belajar, rata-rata hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP N 2 Sulang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada materi pokok bangun ruang sisi datar. Disarankan bagi guru SMP N 2 Sulang, hendaknya menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi pokok bangun ruang sisi datar

5 Kata Kunci model pembelajaran tipe TGT, model pembelajaran tipe TAI, hasil belajar dan bangun ruang sisi datar

6 Referensi Anni, Chatarina Tri, dkk Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES. Arifin, Zaenal Evaluasi Instruksional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Arikunto, Suharsimi Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta. Depdiknas Pedoman Penyusunan Lembar Kerja Siswa dan Skenario Pembelajaran Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Dimyati Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Haryati, Mimin Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press. Hudojo, Herman Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. IKIP Malang: UM PRESS. Furchan, Arief Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Ibrahim, Muslimin Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: UNESA-University Press. Nur, Mohamad Pengajaran Berpusat kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika UNESA. Poerwadarminta Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito. Sugiyono Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sukino Matematika SMP Kelas VIII. Jakarta: Erlangga Suherman, Erman Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA. UPI. Suyitno, Amin Dasar-dasar dan proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang: UNNES. Suyitno, Amin Pemilihan Model-model Pembelajaran dan Penerapannya di SMP. Semarang: UNNES. Tim PPPG Matematika Materi Pembinaan Matematika SMP di Daerah. Yogyakarta: Depdiknas.

7 Terima Kasih


Download ppt "FITRIA YUNI ASTUTI, 4101405557 KEEFEKTIFAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DAN TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google