Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RANI FATMAWATI, 3301405049 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE CERAMAH POKOK BAHASAN BADAN USAHA DAN PERUSAHAAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RANI FATMAWATI, 3301405049 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE CERAMAH POKOK BAHASAN BADAN USAHA DAN PERUSAHAAN."— Transcript presentasi:

1 RANI FATMAWATI, EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE CERAMAH POKOK BAHASAN BADAN USAHA DAN PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009.

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : RANI FATMAWATI - NIM : PRODI : Pendidikan Ekonomi (Pendidikan Koperasi) - JURUSAN : Pendidikan Ekonomi - FAKULTAS : Ekonomi - ra_niez29 pada domain yahoo.co.id - PEMBIMBING 1 : DRS. FX. SUKARDI - PEMBIMBING 2 : DRA. SUCIHATININGSIH DWP, M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE CERAMAH POKOK BAHASAN BADAN USAHA DAN PERUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP TEUKU UMAR SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009.

4 Abstrak Pada proses pembelajaran mata pelajaran ekonomi di SMP Teuku Umar Semarang diketahui bahwa siswa berkosentrasi pada proses pembelajaran hanya awal pelajaran saja, kebiasaan ini berdampak buruk pada hasil belajar siswa. Penggunaan metode yang masih konvensional yaitu metode ceramah juga mempengaruhi proses pembelajaran yang cenderung membuat siswa kurang bersemangat dalam proses pembelajaran. Untuk itu perlu adanya penerapan model pembelajaran yang lebih inovatf dan konstruksif, salah satunya model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT). Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di SMP Teuku Umar Semarang diketahui prestasi belajar ekonomi siswa kelas VII belum maksimal, ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian bahwa nilai evaluasi yang dilakukan oleh guru masih banyak dijumpai beberapa nilai yang berada dibawah batas minimal ketuntasan belajar yang ditetapkan yaitu 65. Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tersebut maka diterapkan model pembelajaran numbered heads together. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran Numbered Heads Together pada pokok bahasan badan usaha dan perusahaan lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Teuku Umar Semarang Tahun Ajaran 2008/ Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling dan terpilih kelas VII 2 sebagai kelas eksperimen dan VII 3 sebagai kelas kontrol. Dari hasil akhir penelitian, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 6,8 dan kelas kontrol 6,4. Dari perhitungan uji ketuntasan, diperoleh thitung = 2, 09 dan ttabel = 2, 00 (α = 5%, dk = 63). Karena thitung > ttabel, maka Ho ditolak. Hal ini berarti rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol. Simpulan yang diperoleh adalah (1) Penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together pada pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa lebih optimal (2) Model pembelajaran Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

5 Kata Kunci Efektivitas Model Pembelajaran Numbered Heads Together dan Metode Ceramah, Hasil Belajar

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Catur, Liswardani Penggunaan Metode Ceramah dan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada pokok Bahasan Kelangkaan Sumber Daya dan Skala Prioritas dalam Memenuhi Kebutuhan Bagi Sisawa Kelas VIII di SMK Negeri 1 Brati Kabupaten Grobogan. Skripsi: UNNES Dimyati Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departeman Pendidikan dan Kebudayaan Lie, Anita Cooperative Learning. Jakarta : PT Grasindo Suherman dan Winaputra, Strategi belajar mengajar matematika, Jakarta : Universitas Terbuka Sanjaya, Wina Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Kencana Sudjana Metode Statistika. Bandung: Tarsito Sugandi, Achmad Teori Pembelajaran. Semarang : UPT MKK UNNES Sugiyono Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta Suwiyadi Penerapan Model Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2 (2) Trianto Model-Model Pembelajaran Inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka. Tri Anni, Catharina Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES Suwarno.2008.Pembelajaran Kooperatif Jenis NHT. Available at. engine.com/ 1% 20 model% 20 Pembelajaran % 20 Kooperatif % 20 A % 20 Pendahuluan % 20 Manusia % 20 adalah % 20.- htm- [ accested 9/08/09].

7 Terima Kasih


Download ppt "RANI FATMAWATI, 3301405049 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) DAN METODE CERAMAH POKOK BAHASAN BADAN USAHA DAN PERUSAHAAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google