Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Topik VI: TERM DAN KATA DALAM KALIMAT 1. Pengertian “Term” * Term adalah suatu kata atau suatu kumpulan kata yang merupakan ekspressi verbal dari suatu.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Topik VI: TERM DAN KATA DALAM KALIMAT 1. Pengertian “Term” * Term adalah suatu kata atau suatu kumpulan kata yang merupakan ekspressi verbal dari suatu."— Transcript presentasi:

1

2 Topik VI: TERM DAN KATA DALAM KALIMAT 1. Pengertian “Term” * Term adalah suatu kata atau suatu kumpulan kata yang merupakan ekspressi verbal dari suatu pengertian. * Bagian dari proposisi yang berfungsi sebagai subyek atau predikat, serta dapat berfungsi sebagai penghubung antara dua proposisi yang disebut premis dalam sebuah silogisme. * Tidak semua kata atau kumpulan kata adalah term, meskipun setiap term itu adalah kata atau kumpulan kata. Alasannya: tidak semua kata atau kumpulan kata pada dirinya sendiri merupakan ekspressi verbal dari pengertian, dan bahwa tidak semua kata pada dirinya sendiri berfungsi sebagai subyek atau predikat dalam suatu proposisi.

3 * Term adalah kata atau sejumlah kata yang dapat berdiri sendiri. Jenis kata seperti itu disebut kata kategorimatis. Mis. : bunga, burung, pohon (term tunggal), orang tua asuh, pencinta lingkungan hidup (term majemuk). * Ada jenis kata yang tidak bisa berdiri sendiri, baik sebagai subyek maupun predikat. Ini disebut kata sinkategorimatis. Mis. : tetapi, beberapa, karena, dengan cepat. Pada dirinya sendiri kata-kata ini tidak merupakan ekspressi verbal dari pengertian, dan karena itu tidak merupakan term. * Kata-kata sinkategorimatis itu selalu tergantung pada kata-kata kategorimatis untuk membentuk sebuah term. Ump.: kata “berjalan” (kategorimatis, term), “dengan cepat” (sinkategorimatis, bukan term). Tapi “berjalan dengan cepat” mengungkapkan suatu pengertian baru, dan karena itu dapat berfungsi sebagai term dalam sebuah proposisi.

4 2. Kata dan Pengertian Kata adalah pernyataan lahiriah dari pengertian. Namun kata tidak sama dengan pengertian. * Kata yang sama sering menunjukkan pengertian yang berbeda. Mis.: pasang, bulan, kabur. * Kata yang berbeda mengungkapkan pengertian yang sama : ongkos-biaya, sebab-karena, kendala-rintangan. * Kata-kata yang tepat sering sukar ditemukan untuk mengungkapkan pengertian yang ingin disampaikan. * Kata yang kita maksudkan mengekspressikan pengertian tertentu, dalam pikiran orang lain dihubungkan dengan pengertian yang lain dari yang kita maksudkan.

5 Arti dari setiap kata dapat dilihat dari dua sudut: - Sebagai yang berdiri sendiri (lepas dari fungsinya dalam kalimat) - Dilihat dari sudut fungsinya dalam kalimat yang kongkrit (supposisi term = arti khusus term dalam kalimat yang tertentu, dipandang dari sudut arti, isi dan luasnya). -Dalam kenyataan sehari-hari sering suatu kata tertentu harus dicari artinya dalam kaitan dengan fungsinya dalam kalimat yang menggunakan kata tersebut.

6 3. Jenis-jenis Term * Dalam kaitan dengan pengertian (arti yang dikandungnya) - Term Univok (satu kata, satu pengertian) : karyawan, pelanggan, guru, manager. - Term Ekuivok (satu kata, lebih dari satu pengertian): genting, bulan, bait, pasar. - Term Analog (satu kata, pengertian bisa sama bisa berbeda): ada, suap, sehat. * Dalam kaitan dengan jumlah kata - Term Tunggal : gunung, manusia, kejahatan. - Term Majemuk : Kereta api, lapangan sepak bola, CEO, TQM, BKIA, KPKPN.

7 * Term ditinjau dari luasnya: Term Singular: mengatakan tentang satu hal tertentu Term Partikular: mengatakan tentang sebagian Term universal: mengatakan tentang seluruh luasnya. * Berdasarkan sifatnya Term Distributif: berlaku untuk setiap anggota Term Kolektif: berlaku pada sesuatu sebagai satu kesatuan * Berdasarkan fungsinya dalam proposisi dan silogisme Term subyek Term predikat Term menengah / terminus medius


Download ppt "Topik VI: TERM DAN KATA DALAM KALIMAT 1. Pengertian “Term” * Term adalah suatu kata atau suatu kumpulan kata yang merupakan ekspressi verbal dari suatu."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google