Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SUKSES PENJUALAN SEBAGAI SALAH SATU KUNCI SUKSES WIRAUSAHA Zainal Abidin Profesi apapun, menggunakan selling skill Semua PROFESI adalah MENJUAL Inti MENJUAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SUKSES PENJUALAN SEBAGAI SALAH SATU KUNCI SUKSES WIRAUSAHA Zainal Abidin Profesi apapun, menggunakan selling skill Semua PROFESI adalah MENJUAL Inti MENJUAL."— Transcript presentasi:

1

2 SUKSES PENJUALAN SEBAGAI SALAH SATU KUNCI SUKSES WIRAUSAHA Zainal Abidin Profesi apapun, menggunakan selling skill Semua PROFESI adalah MENJUAL Inti MENJUAL adalah KOMUNIKASI Berarti KOMUNIKASI merupakan cara untuk menjual IDE kepada yang membutuhkan (masyarakat, pemerintah, dunia usaha,...)

3 UANGWAKTU MinusMinus MinusSurplus SurplusMinus SurplusSurplus Mana Yang Anda Pilih? WHY?,... 2

4 APA PERBEDAAN ANTARA: PENJUALAN DAN PEMASARAN? sudah dipelajari di materi mengenali peluang di-refresh 3 next slides

5 KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN Nilai kepuasan dan mutu Pasar Pertukaran, transaksi, dan hubungan Produk Kebutuhan, keinginan Dan permintaan Konsep-konsep Inti pemasaran

6 Marketing Process (a simple model) Understanding the marketplace and customer needs and wants Design a customer- driven marketing strategy Construct a marketing program that delivers superior value Build profitable relationships and create customer delight Capture value from customer to create profits and customer quality Create value for customers and build customer relationship Capture value from customers in return

7 Perbedaan nyata antara konsep penjualan dan pemasaran Pabrik Produk Penjualan dan Laba lewat yang sudah ada promosi volume penjualan Target Kebutuhan Pemasaran Laba lewat kepuasan Market pelanggan terpadu pelanggan Titik awal FokusCaraAkhir Konsep penjualan Konsep pemasaran

8 I. Marketing Functions Fungsi pemasaran bertujuan untuk mengubah produk/menciptakan utilitas produk berdasarkan bentuk (form), waktu (time), tempat (place), dan kepemilikan (possession) PERTEMUAN ke-5. Bab 3. Fungsi, Lembaga dan Saluran Pemasaran Oleh: Dr. Ir. Nuddin Harahab, MP.

9 Selling is part of marketing Agar SELLING efektif, gunakan: 1.Konsep pemasaran 2.Strategi Pemasaran 3.Strategi bauran Pemasaran 4.Consumer decision making 5.Tiga tingkatan produk 6.Strategi daur hidup produk

10 Strategi pemasaran adalah alat perusahaan untuk memperoleh respon dari pasar atau upaya untuk mengoptimalkan proses pemasaran  tergantung seberapa mampu memahami kebutuhan konsumen PASAR  PEMBELI AKTUAL DAN POTENSIAL orang yg berkuasa memutuskan membeli or tidak Strategi pemasaran merupakan kesatuan tujuan dan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha yang dijalankan dari waktu ke waktu, pada setiap tingkatan dan alokasinya, serta untuk acuan perusahaan dalam bersaing di pasar pada kondisi persaingan yang dinamis. Strategi pemasaran juga bisa diartikan rencana yang menyeluruh, terpadu dan menyatu di bidang pemasaran, sebagai panduan dalam menjalankan kegiatan pemasaran.

11 3 Strategi Penetrasi Pasar a.Mempengaruhi atau merebut konsumen pesaing. b.Merangsang konsumen agar meningkatkan pembeliannya. c. Mempengaruhi yang bukan pemakai (nonusers) namun masih dalam lingkungan pasarnya. Jadi, sarana pemasarannya sama dengan strategi nomor b, hanya sasaran pemasarannya yang berbeda, yaitu para calon konsumen yang bukan pemakai. Strategi penetrasi pasar adalah strategi untuk meningkatkan volume penjualan atas produk dan pasar yang tersedia melalui usaha-usaha pemasaran yang agresif.

12 Marketing mix adalah strategi kombinasi kegiatan inti pemasaran dan kegiatan atau variabel ini dapat dikendalikan oleh perusahaan untuk mempengaruhi atau menarik perhatian konsumen. Kombinasi variabel yang tergabung dalam strategi bauran pemasaran juga harus dikoordinasikan perusahaan seefektif mungkin, yaitu strategi produk, harga, distribusi dan promosi.

13 12 MARKETING MIX PRODUCT PRICE PLACE PROMOTION CUSTOMER NEED COST CONVENIENCE COMMUNICATION 4 Ps 4 Cs

14 13 Firm’s Marketing Efforts 1. Product 2. Promotion 3. Price 4. Channels of distribution Sociocultural Environment 1. Family 2. Informal sources 3. Other noncommercial sources 4. Social class 5. Subculture and culture Output Process Input External Influence Consumer Decision Making Post-Decision Behavior Postpurchase Evaluation Purchase 1. Trial 2. Repeat purchase Need Recognition Prepurchase Search Evaluation of Alternatives Psychological Field 1. Motivation 2. Perception 3. Learning 4. Personality 5. Attitudes Experience Consumer Decision Making

15 Kemasan Garansi Merk dagang Kualitas Gaya Sifat penampilan Manfaat atau layanan inti Instalasi Pengiriman /transport gratis Pelayanan purna jual Produk tambahan Produk formal Ada tiga tingkatan produk yang dibeli konsumen, yaitu: a.Produk inti, b.Produk formal, c.Produk tambahan merupakan tambahan pada produk formal berupa jasa yang menyertainya seperti pelayanan, pemeliharaan gratis, pengangkutan/pengiriman secara cuma-cuma, serta pemasangan.

16 STRATEGI DAUR HIDUP Seorang sales yang menggunakan kreatifitas dalam menjual dengan menerapkan konsep pemasaran akan mampu meningkatkan volume penjualannya


Download ppt "SUKSES PENJUALAN SEBAGAI SALAH SATU KUNCI SUKSES WIRAUSAHA Zainal Abidin Profesi apapun, menggunakan selling skill Semua PROFESI adalah MENJUAL Inti MENJUAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google