Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HARJOKO, 4301404050 Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa SMA yang Mendapatkan Try Out Dengan dan Tanpa Small Notes For Cheating.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HARJOKO, 4301404050 Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa SMA yang Mendapatkan Try Out Dengan dan Tanpa Small Notes For Cheating."— Transcript presentasi:

1 HARJOKO, Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa SMA yang Mendapatkan Try Out Dengan dan Tanpa Small Notes For Cheating

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : HARJOKO - NIM : PRODI : Pendidikan Kimia - JURUSAN : Kimia - FAKULTAS : Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam - akh_jokochem pada domain yahoo.com - PEMBIMBING 1 : Dra. Titi Wahyukaeni, M.Pd - PEMBIMBING 2 : Drs. Kasmadi Imam S, M.S - TGL UJIAN :

3 Judul Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa SMA yang Mendapatkan Try Out Dengan dan Tanpa Small Notes For Cheating

4 Abstrak Dalam pembelajaran kimia berbahasa inggris siswa membutuhkan memori rangkap dalam memahami materi, jadi tidak hanya proses pemahaman terhadap materi yang diberikan, siswa harus tahu maksudnya dalam bahasa indonesia. Untuk memperoleh hasil belajar yang baik diperlukan metode pembelajaran yang dapat menunjang pembentukan memori ganda dan keberhasilan pembelajaran. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian adalah apakah ada perbedaan hasil belajar antara siswa yang mendapatkan try out dengan small notes for cheating dengan siswa yang mendapatkan try out tanpa small notes? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang mendapatkan try out dengan small notes for cheating dengan yang mendapatkan try out tanpa try out pada materi hidrokarbon di SMA 2 Semarang tahun pelajaran 2007/2008. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, yang membagi kelas kontrol dan eksperimen secara acak. Kelas eksperimen diberi try out dengan small notes for cheating sedangkan kelas kontrol menggunakan try out tanpa small notes. Sampel dalam penelitian ini diambil secara cluster simple random sampling dan terpilih siswa kelas X 2 sebagai kelas eksperimen mendapatkan try out dengan small notes for cheating dan siswa kelas X 1 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan try out dengan small notes. Data penelitian diperoleh dengan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 70,21 dan kelas kontrol sebesar 64,30. Hasil perhitungan estimasi rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dengan t(0,975)(28) = 2,048 diperoleh estimasi rata-rata hasil belajar 66,29 <μ < 74,13 atau diprediksikan hasil belajar kelompok eksperimen antara 66,29 – 74,13. Sedangkan untuk kelompok kontrol diperoleh estimasi hasil belajar 60,74 < μ < 67,86 dengan t(0,975)(29) = 2,045. Dapat diprediksikan bahwa hasil belajar kelompok kontrol antara 67,86 – 67,86. Hal ini membuktikan bahwa hasil belajar dengan try out dengan small notes for cheating memang lebih baik dari pada try out tanpa small notes. Berdasarkan penelitian tersebut, maka peneliti memberikan saran agar dalam proses belajar mengajar kimia pada materi pokok hidrokarbon guru dapat menggunakan try out dengan small notes for cheating untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

5 Kata Kunci hasil belajar, try out, small notes

6 Referensi Arikunto, Suharsimi Dasar – dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Chatarina, TA Psikologi Belajar. Semarang UPT MKK UNNES. Darhim, Work shop Kimia. Jakarta : Depdikbud Darson, Max Belajar dan Pembelajaran. Semarang. IKIP semarang press Hamalik, Oemar Metode Mengajar dan Kesulitan-kesulitan Belajar. Bandung :Ganavo NV Elisabeth, Stevani Pelajar Indonesia Hanya Memiliki Kecanggihan Menghafal. o ad/index4.html.25/03/08 ml.25/03/08 Kuswati, Tine M., Sri Rahayu Ningsih, Ratih, Etty S, dan Nani Kartini Sains Kimia 2A. Jakarta : PT Bumi Aksara Purba, Michael Kimia 2 untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga Muslich, Masnur KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta: Bumi Aksara. Poerwadarminto, WJS Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka Prentice Hall, Inc. Dahar, Ratna Willis Teori-Teori Belajar. Jakarta: Purba, Michael Kimia 2 untuk SMA Kelas XI. Jakarta : Erlangga P2LPTK. Silbeman, Mel Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif). Yogyakarta: Yappendis. Sudarmo, Unggul Kimia untuk SMA Kelas X. Jakarta : Erlangga Sudijono, Anas Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Sudjana Metode Statistika Edisi keenam. Bandung : Tarsito Sunardi Kimia Bilingual untuk SMA/MA Kelas X Semester 1 dan 2. Bandung: Yrama Widya Sutresna, Nana Cerdas Belajar Kimia untuk Kelas XI Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Grafindo Media Pratama Tim Pustaka Yustisia Panduan lengkap KTSP. Yogyakarta: Pustaka Yustisia Winkel Motivasi Dalam Permotivasian Pendidikan. Jakarta: PT Grasindo.

7 Terima Kasih


Download ppt "HARJOKO, 4301404050 Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa SMA yang Mendapatkan Try Out Dengan dan Tanpa Small Notes For Cheating."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google