Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pembuatan Dokumentasi Informasi : abstrak, kata kunci Pertemuan 13 Matakuliah : L0032/Pengantar Metode Penelitian Tahun : 2007.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pembuatan Dokumentasi Informasi : abstrak, kata kunci Pertemuan 13 Matakuliah : L0032/Pengantar Metode Penelitian Tahun : 2007."— Transcript presentasi:

1

2 Pembuatan Dokumentasi Informasi : abstrak, kata kunci Pertemuan 13 Matakuliah : L0032/Pengantar Metode Penelitian Tahun : 2007

3 Bina Nusantara Tujuan Mahasiswa dapat melengkapi dokumen asli dengan teknik penulisan abstrak. Mahasiswa dapat menentukan kata kunci dari naskah yang telah dibuat abstraknya.

4 Bina Nusantara Pendokumentasian Informasi Pendokumentasian Informasi bertujuan:  Menambah nilai informasi agar pengguna mudah untuk mengenali isinya;  Memudahkan pencarian informasi ( retrieval);

5 Bina Nusantara Definisi Abstrak  Definisi Abstrak  American National Standard Institute (1979) Abstrak adalah pernyataan secara singkat tetapi akurat dari isi dokumen tanpa menambah tafsiran atau kritik dan tanpa membedakan untuk siapa abstrak itu dibuat. 2. International Standard Organization (ISO ) Abstrak ialah uraian singkat yang mewakili isi dokumen, tanpa menambah interpretasi atau kritik dan tanpa melihat siapa pembuat abstrak tersebut.

6 Bina Nusantara Tentang Abstrak  Abstrak merupakan informasi sekunder ;  Abstrak harus merujuk pada informasi primer ( skripsi, buku);  Abstrak merupakan miniatur dari sumber primer.  Abstraktor (penyari ) harus objektif.

7 Bina Nusantara Jenis Abstrak  Abstrak Indikatif ( Indicative Abstract )  Abstrak Informatif ( Informative Abstract)  Abstrak indikatif – informatif  Abstrak eksekutif ( Executive Summary)

8 Bina Nusantara Abstrak Indikatif  Abstrak Indikatif ( Indicative Abstract) Abstrak menguraikan secara singkat masalah yang terkandung dalam dokumen lengkap (sumber primer). Abstrak tidak dibuat untuk memadatkan isi tetapi hanya memberikan indikasi sasaran dan cakupan informasi dokumen asli sehingga pembaca dapat mempertimbangkan apakah dokumen lengkap perlu dibaca atau tidak.

9 Bina Nusantara Abstrak Indikatif Cara : -Lihat kerangka penulisan atau daftar isi -Tulis dalam satu paragraf.

10 Bina Nusantara Contoh Interpretasi kualitas udara dengan pengukuran kualitas air hujan : laporan penelitian. ARIFIN, BASTIAN, et al. Telah diteliti kualitas udara di Banda Aceh dan sekitarnya terutama kualitas gas S02, N2O3, partikel debu, dan garam-garam yang terdapat di udara. Sampel diambil dengan menampung air hujan langsung dari udara, kemudian diukur konduktivitas, pH, dan total padatannya (KT)

11 Bina Nusantara Abstrak Informatif Abstrak Informatif ( Informative Abstract) Abstrak merupakan miniatur dokumen asli dengan menampilkan sebanyak mungkin data kualitatif dan kuantitatif sehingga pembaca tidak perlu lagi membaca dokumen asli, kecuali ingin memperdalam topik tersebut.

12 Bina Nusantara Unsur Abstrak Informatif  Tujuan Abstrak menampilkan tujuan, jangkauan studi, dan alasan mengapa dikumen asli ditulis, kecuali jika sudah jelas disebutkan di judul. 2. Metodologi studi/penelitian Abstrak menguraikan secara ringkas cara kerja guna mencapai tujuan studi/penelitian.Digambarkan secara umum teknik dan pendekatannya. Teknik baru harus diuraikan ndengan jelas. Metodologi dasar, jangkauan operasi, dan cara memperoleh data diuraikan jelas. Untuk dokumen yang ditulis tanpa penelitian,perlu dikemukakan sumber dan cara pengumpulan data.

13 Bina Nusantara Unsur Abstrak Informatif Hasil studi/penelitian Hasil menggambarkan temuan studi secara singkat, misalnya teori, kumpulan data, hubungan dan korelasi yang diperoleh, pengaruh yang diteliti. Jelaskan apakah hasil/angka diperoleh secara langsung dari pengamatan atau diturunkan dari pengamatan lain. Bila hasil terlalu banyak, prioritaskan yang dikemukakan adalah hasil penelitian atau pengujian baru, temuan penting, temuan yang bernilai dalam jangka waktu lama, temuan yang bertentangan dengan teori yang ada, dan temuan yang relevan dengan masalah praktis.

14 Bina Nusantara Unsur Abstrak Informatif Simpulan Gambarkan simpulan dari hasil, khususnya yang berkaitan dengan tujuan penelitian, walaupun kadang sulit membedakan antara hasil dan simpulan. Simpulan dan hasil dapat digabung untuk memperingkas abstrak.

15 Bina Nusantara Cara Pembuatan Abstrak Informatif  Lihat dokumen asli, perhatikan judul, uraian daftar isi, bab 1 s.d akhir.  Fokus ke bab 1, cari tujuan studi/penelitian dan metodologi yang digunakan. Tulis secara singkat.  Fokus ke bab yang menjelaskan hasil penelitian.Tulis dengan singkat.  Fokus ke bab akhir ( simpulan), tulis dengan singkat, utamakan simpulan penting.  Keseluruhan abstrak ditulis dalam satu bab, teriri atas (150 – 250 kata )

16 Bina Nusantara Contoh Interpretasi kualitas udara dengan pengukuran kualitas air hujan : laporan penelitian. ARIFIN, BASTIAN, et al. Tujuan penelitian untuk mengetahui tingkat polusi di Kotamadya di Banda Aceh yang disebabkan oleh gas S02, N2O3, partikel debu, dan garam-garam yang terdapat di udara. Sampel diambil dengan cara menampung air hujan langsung dari udara, kemudian diukur daya hantar listrik (konduktivitas), derajat keasaman (pH), dan total padatannya. Konduktivitas diukur dengan alat Conductivity meter; pH diukur dengan …; total padatan diukur dengan…. Data yang diperoleh dicari harga rata-rata, minimum, dan maksimum. Diperoleh hasil : 1) pH air …;2) konduktivitas berkisar …;3) total padatan …. Disimpulkan kualitas air hujan dilihat dari pH cukup baik karena kadar SO2 dan N2)3 di udara masih kecil, partikel debu yang merupakan bahan kimia yang larut dalam air masih rendah, kadar debu di udara diperkirakan cukup tinggi terutama jika ada kegiatan yang menimbulkan debu. (KT).

17 Bina Nusantara Bahan untuk dibuatkan abstrak  Majalah Artikel dari studi empirik dibuatkan abstrak informatif. Artikel biasa dibuatkan abstrak indikatif. 2. Laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi Dibuatkan abstrak informatif. 3. Tinjauan ( Review) Dibuat abstrak indikatif 4. Monografi ( buku) Jika subjek hanya satu maka akan dibuat abstrak indikatif. Jika setiap bab mempunyai topik yang berbeda maka setiap bab akan dibuatkan abstrak indikatif. Daftar isi bisa dibuat acuan pembuatan abstrak indikatif.

18 Bina Nusantara Kata Kunci Kata kunci ( keyword) adalah kata penting yang digunakan untuk mengidentifikasi isi dokumen. Kata kunci dapat diperoleh dari judul, abstrak, teks, sesuai dengan kesepakatan. Pembuat kata kunci harus mempunyai empati dengan pencari informasi. Mulailah dari kata kunci yang umum kemudian semakin spesifik. Kata kunci harus dirujuk dengan thesaurus.

19 Bina Nusantara Cara Menentukan Kata Kunci  Lihat judul dokumen, jika lengkap ambil kata kunci dari judul saja. Contoh : judul skripsi Penerapan Sistem Pakar untuk Mendeteksi Polusi Udara di Jakarta Kata kunci : /penerapan sistem//sistem pakar// deteksi polusi//polusi udara//Jakarta Ket : Nama kota,perusahaan dapat dihilangkan sesuai kebutuhan, tetapi harus konsisten.

20 Bina Nusantara Cara Menentukan Kata Kunci Contoh : Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengadaan Koleksi Perpustakaan di Universitas Bina Nusantara. Kata kunci : /analisis sistem//perancangan sistem// sistem informasi//pengadaan koleksi//koleksi perpustakaan/


Download ppt "Pembuatan Dokumentasi Informasi : abstrak, kata kunci Pertemuan 13 Matakuliah : L0032/Pengantar Metode Penelitian Tahun : 2007."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google