Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS PORTOFOLIO Portofolio adalah kombinasi atau gabungan atau sekumpulan aset, baik aset riil maupun aset financial yang dimiliki investor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS PORTOFOLIO Portofolio adalah kombinasi atau gabungan atau sekumpulan aset, baik aset riil maupun aset financial yang dimiliki investor."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS PORTOFOLIO Portofolio adalah kombinasi atau gabungan atau sekumpulan aset, baik aset riil maupun aset financial yang dimiliki investor.

2 PEMILIHAN PORTOFOLIO YANG EFISIEN Investor dapat menentukan kombinasi dari efek- efek untuk membentuk portofolio, baik yang efisien maupun yang tidak efisien. Portofolio efisien apabilah portofolio tersebut ketika dibandingkan dengan portofolio lain memenuhi kondisi berikut : 1.Memberikan E(R) terbesar dengan risioko yang sama 2.Memberikan risiko terkecil dengan E(R) yang sama.

3

4 Gambar 5.1 menunjukkan investo membentuk portofolio:A,B,C,D,E,F,G,H, Idan J Pada gambar garis B,C,D,E,F menunjukan garis yang efisien (efficient frontier), garis yang menunjukan sejumlah portofolio efisien. Garis yang dibawahnya merupakan portofolio tidak efisien

5 PEMILIHAN PORTOFOLIO YANG OPTIMAL Semua portofolio yang terletak pada efficient frontier merupakan portofolio efisien dan tidak dapat dikatakan portofolio mana yang optimal. Untuk memilih salah satu dari portofolio tersebut digunakan pendekatan kurva indiferen

6 Kurva Indiferen Dalam manajemen investasi, kueva indiferen (indifference curve) merupakan suatu kurva yang menunjukan berbagai kombinasi efek yang memberikan tingkat pengembalian yang sama (indifference)

7

8 Pada gambar 5.5 jika diamati antara titik A, C, dan D memberikan risiko yang sama, namun titik D memberikan E(R) lebih tinggi dari titik C dan titik C memberikan E(R) lebih tinggi dari titik A. Investor yang rasional akan memilih titik D Kombinasi portofolio IC yang tertinggi yaitu IC 3 akan memberikan tingkat kepuasan yang tinggi, investor yang rasional akan memilih situasi tersebut

9

10 Pada gambar 5.6 tampak portofolio yang optimal terjadi pada saat kemiringan IC sama dengan slop EF (efficient frontier), yaitu pada titik singgung kedua kurva tersebut yang menunjukan kepuasan tertinggi Garis singgung antara EF dengan IC tertinggi merupakan portofolio optimal yang kondisi ini dibutuhkan investor. Portofolio mana yang akan dipilih tergantung dari fungsi utilitasnya. Tentunya yang dipilih adalah portofolioyang sesuai dengan preferensi invertor terhadap return dan risiko yang bersedia ditanggungnya.

11 Karakteristik Fungsi Utilita Fungsi utulitas dikaitkan dengan preferensi investor terhadap risiko dibedakan : 1.Sikap yang tidak menyukai risiko ( risk averter) 2.Sikap yang netral terhadap risiko (risk natural) 3.Sikap yang menyukai risiko (risk seeker)


Download ppt "ANALISIS PORTOFOLIO Portofolio adalah kombinasi atau gabungan atau sekumpulan aset, baik aset riil maupun aset financial yang dimiliki investor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google