Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DANIEL DANIEL 1. SEJARAH KERAJAAN BABILON Nebopolazar (626-605) Nebukadnezar (605-562 BC) 2 Raja 24:1 Anak dari Nebopolazar Amel Mardukh atau Ewil Merodakh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DANIEL DANIEL 1. SEJARAH KERAJAAN BABILON Nebopolazar (626-605) Nebukadnezar (605-562 BC) 2 Raja 24:1 Anak dari Nebopolazar Amel Mardukh atau Ewil Merodakh."— Transcript presentasi:

1 DANIEL DANIEL 1

2 SEJARAH KERAJAAN BABILON Nebopolazar ( ) Nebukadnezar ( BC) 2 Raja 24:1 Anak dari Nebopolazar Amel Mardukh atau Ewil Merodakh (562 – 560 BC) 2 Raja 25:27 Di bunuh oleh Neriglissar Neriglissar ( BC). Labasyi Marduk (556 BC/8 bln) Nabonidus dan Belsyazar (556 – 539 BC) (Ensiklopedia Alkitab Masa Kini, 1:120,121,609).

3 PENDAHULUAN Riwayat Daniel mulai pada musim panas tahun 605 BC ketika Nebukadnezar, raja Babel, putra Nebopolasar, menyerang kerajaan Yehuda. Riwayat Daniel mulai pada musim panas tahun 605 BC ketika Nebukadnezar, raja Babel, putra Nebopolasar, menyerang kerajaan Yehuda. Nebukadnezar menyerang Yehuda pada tahun ketiga pemerintahan Yoyakim. Nebukadnezar menyerang Yehuda pada tahun ketiga pemerintahan Yoyakim. Yoyakim/Elyakim adalah putra kedua raja Josia (1 Taw 3:15). Yoyakim/Elyakim adalah putra kedua raja Josia (1 Taw 3:15). Josia dibunuh raja Firaun Nekho. Josia dibunuh raja Firaun Nekho. Abang Yoyakim, Yoahas, dipecat setelah tiga bulan memerintah. Abang Yoyakim, Yoahas, dipecat setelah tiga bulan memerintah.

4 PENDAHULUAN Nebukadnezar naik tahta kira-kira bulan September tahun 605 BC. Nebukadnezar naik tahta kira-kira bulan September tahun 605 BC. Daniel menyaksikan pemerintahan Nebukadnezar selama 43 tahun. Daniel menyaksikan pemerintahan Nebukadnezar selama 43 tahun. Kerajaan Babilon berlangsung sejak 605 – 539 BC (Belsyazar adalah raja terakhir). Kerajaan Babilon berlangsung sejak 605 – 539 BC (Belsyazar adalah raja terakhir).

5 YANG DIRAMPAS NUBUKADNEZAR Tawanan (Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego). Tawanan (Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego). Sebagian perkakas rumah Allah dibawa dan disimpan di perbendaharaan dewa Babilon. Sebagian perkakas rumah Allah dibawa dan disimpan di perbendaharaan dewa Babilon. Ini adalah kegenapan nubuatan Yesaya 39:6. Ini adalah kegenapan nubuatan Yesaya 39:6. Dewa utama orang Babilon adalah dewa Marduk yang disebut “Bel” atau “Ilah.” Kuilnya disebut Esagila. Dewa utama orang Babilon adalah dewa Marduk yang disebut “Bel” atau “Ilah.” Kuilnya disebut Esagila.

6 ARTI NAMA Daniel = Tuhan adalah hakim. Daniel = Tuhan adalah hakim. Hananya = Yahweh itu berpengasihan. Hananya = Yahweh itu berpengasihan. Misael = Yang menjadi milik Tuhan. Misael = Yang menjadi milik Tuhan. Azarya = Tuhan menolong. Azarya = Tuhan menolong. Nebukadnezar mengganti nama-nama mereka menggunakan nama-nama Babel (Yusuf [Kej 41:45] dan Ester [Ester 2:7]). Nebukadnezar mengganti nama-nama mereka menggunakan nama-nama Babel (Yusuf [Kej 41:45] dan Ester [Ester 2:7]).

7 NAMA BABILON Daniel = Beltsazar = Bel melindungi raja. Daniel = Beltsazar = Bel melindungi raja. Hananya = Sadrakh = Nama lain dewa Mardukh. Hananya = Sadrakh = Nama lain dewa Mardukh. Mizael = Mesakh Mizael = Mesakh Azarya = Abednego = nama pengganti Abednebo, yaitu hamba dewa Nabu. Azarya = Abednego = nama pengganti Abednebo, yaitu hamba dewa Nabu.

8 Berketetapan Tidak Menajiskan Diri Daniel 1:8,9 Daniel 1:8,9 Orang Babel makan makanan haram. Orang Babel makan makanan haram. Hewan tidak disembelih sesuai dengan peraturan (Imamat 17:14,15). Hewan tidak disembelih sesuai dengan peraturan (Imamat 17:14,15). Sebagian daging telah dipersembahkan kepada berhala (Kisah 15:29). Sebagian daging telah dipersembahkan kepada berhala (Kisah 15:29). Penggunaan makanan mewah dan minuman mewah yang tidak sehat bertentangan dengan prinsip pertarakan. Penggunaan makanan mewah dan minuman mewah yang tidak sehat bertentangan dengan prinsip pertarakan. Menghindarkan memakan daging. Menghindarkan memakan daging.

9 10 HARI 10 hari untuk belajar hidup sehat sebenarnya terlalu singkat. 10 hari untuk belajar hidup sehat sebenarnya terlalu singkat. Tetapi karena mereka telah terbiasa melakukannya di negeri Yehuda, maka waktu sepuluh hari sudahlah cukup untuk menunjukkan perbedaan yang mencolok. Tetapi karena mereka telah terbiasa melakukannya di negeri Yehuda, maka waktu sepuluh hari sudahlah cukup untuk menunjukkan perbedaan yang mencolok. Makanan dan minuman yang merangsang dapat merintangi perkembangan pencapaian fisik dan mental yang tertinggi. Makanan dan minuman yang merangsang dapat merintangi perkembangan pencapaian fisik dan mental yang tertinggi.

10 MAKANAN IDEAL Daniel 1:12 “Sayur-mayur.” Daniel 1:12 “Sayur-mayur.” Kejadian 1:29 “Tumbuh-tumbuhan berbiji dan pohon-pohonan yang buahnya berbiji.” Kejadian 1:29 “Tumbuh-tumbuhan berbiji dan pohon-pohonan yang buahnya berbiji.” Kejadian 3:18 “Tumbuh-tumbuhan di padang.” Kejadian 3:18 “Tumbuh-tumbuhan di padang.”

11 UPAH KESETIAAN Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana. Allah mengaruniakan kepada Daniel kasih dan sayang dari pemimpin pegawai istana. Sepuluh kali lebih bijaksana dari yang lain. Sepuluh kali lebih bijaksana dari yang lain. Daniel dan teman-temannya menerima jabatan di dalam kerajaan. Daniel dan teman-temannya menerima jabatan di dalam kerajaan.

12 UPAH KESETIAAN Perawakan Daniel dan teman-temannya lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda. Perawakan Daniel dan teman-temannya lebih baik dan mereka kelihatan lebih gemuk dari pada semua orang muda. Pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat. Pengetahuan dan kepandaian tentang berbagai-bagai tulisan dan hikmat. Daniel mempunyai pengertian tentang mimpi dan penglihatan. Daniel mempunyai pengertian tentang mimpi dan penglihatan.

13 PELAYANAN DANIEL Daniel melayani dua kerajaan: Babilon dan Medo-Persia. Daniel melayani dua kerajaan: Babilon dan Medo-Persia. Daniel merasakan pembuangan di Babel selama 70 tahun seperti apa yang dinubuatkan nabi Yeremia (Yeremia 29:10). Daniel merasakan pembuangan di Babel selama 70 tahun seperti apa yang dinubuatkan nabi Yeremia (Yeremia 29:10). Koresy adalah raja Medo-Persia yang mengalahkan Kerajaan Babilon. Koresy adalah raja Medo-Persia yang mengalahkan Kerajaan Babilon.

14 PENUTUP Kehidupan Daniel dan teman-temannya menjadi teladan di dalam hidup secara fisik dan rohani. Kehidupan Daniel dan teman-temannya menjadi teladan di dalam hidup secara fisik dan rohani. Menjaga kekudusan hidup adalah bagian dari perjalanan iman orang Kristen. Menjaga kekudusan hidup adalah bagian dari perjalanan iman orang Kristen. Tidak mencemarkan diri secara fisik, mental, dan rohani akan menunjang kekuatan fisik, kemampuan mental, dan kuasa rohani. Tidak mencemarkan diri secara fisik, mental, dan rohani akan menunjang kekuatan fisik, kemampuan mental, dan kuasa rohani. Pencemaran fisik (makanan dan minuman) dan pencemaran rohani (mencampurkan kebenaran dengan kesalahan) adalah persoalan setiap manusia di segala zaman. Pencemaran fisik (makanan dan minuman) dan pencemaran rohani (mencampurkan kebenaran dengan kesalahan) adalah persoalan setiap manusia di segala zaman.

15 SKEMA BUKU DANIEL Pendahuluan


Download ppt "DANIEL DANIEL 1. SEJARAH KERAJAAN BABILON Nebopolazar (626-605) Nebukadnezar (605-562 BC) 2 Raja 24:1 Anak dari Nebopolazar Amel Mardukh atau Ewil Merodakh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google