Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KENAPA ORANG KRISTEN JATUH LAGI KEDALAM DOSA YANG LAMA? (Kejadian 20 : 1-18)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KENAPA ORANG KRISTEN JATUH LAGI KEDALAM DOSA YANG LAMA? (Kejadian 20 : 1-18)"— Transcript presentasi:

1 KENAPA ORANG KRISTEN JATUH LAGI KEDALAM DOSA YANG LAMA? (Kejadian 20 : 1-18)

2 Kejadian 20: :1 Lalu Abraham berangkat dari situ ke Tanah Negeba dan ia menetap antara Kadesh dan Syur. Ia tinggal di Gerar sebagai orang asing. 20:2 Oleh karena Abraham telah mengatakan tentang Sara, isterinya: "Dia saudaraku," maka Abimelekh, raja Gerar, menyuruh mengambil Sara. 20:3 Tetapi pada waktu malam Allah datang kepada Abimelekh dalam suatu mimpi serta berfirman kepadanya: "Engkau harus mati oleh karena perempuan yang telah kauambil itu; sebab ia sudah bersuami." 20:4 Adapun Abimelekh belum menghampiri Sara. Berkatalah ia: "Tuhan! Apakah Engkau membunuh bangsa yang tak bersalah?

3 Kejadian 20: :5 Bukankah orang itu sendiri mengatakan kepadaku: Dia saudaraku? Dan perempuan itu sendiri telah mengatakan: Ia saudaraku. Jadi hal ini kulakukan dengan hati yang tulus dan dengan tangan yang suci." 20:6 Lalu berfirmanlah Allah kepadanya dalam mimpi: "Aku tahu juga, bahwa engkau telah melakukan hal itu dengan hati yang tulus, maka Aku pun telah mencegah engkau untuk berbuat dosa terhadap Aku; sebab itu Aku tidak membiarkan engkau menjamah dia. 20:7 Jadi sekarang, kembalikanlah isteri orang itu, sebab dia seorang nabi; ia akan berdoa untuk engkau, maka engkau tetap hidup; tetapi jika engkau tidak mengembalikan dia, ketahuilah, engkau pasti mati, engkau dan semua orang yang bersama-sama dengan engkau." 20:8 Keesokan harinya pagi-pagi Abimelekh memanggil semua hambanya dan memberitahukan seluruh peristiwa itu kepada mereka, lalu sangat takutlah orang-orang itu.

4 Kejadian 20: :9 Kemudian Abimelekh memanggil Abraham dan berkata kepadanya: "Perbuatan apakah yang kaulakukan ini terhadap kami, dan kesalahan apakah yang kulakukan terhadap engkau, sehingga engkau mendatangkan dosa besar atas diriku dan kerajaanku? Engkau telah berbuat hal-hal yang tidak patut kepadaku." 20:10 Lagi kata Abimelekh kepada Abraham: "Apakah maksudmu, maka engkau melakukan hal ini?" 20:11 Lalu Abraham berkata: "Aku berpikir: Takut akan Allah tidak ada di tempat ini; tentulah aku akan dibunuh karena isteriku. 20:12 Lagipula ia benar-benar saudaraku, anak ayahku, hanya bukan anak ibuku, tetapi kemudian ia menjadi isteriku.

5 Kejadian 20: :13 Ketika Allah menyuruh aku mengembara keluar dari rumah ayahku, berkatalah aku kepada isteriku: Tunjukkanlah kasihmu kepadaku, yakni: katakanlah tentang aku di tiap-tiap tempat di mana kita tiba: Ia saudaraku." 20:14 Kemudian Abimelekh mengambil kambing domba dan lembu sapi, hamba laki-laki dan perempuan, lalu memberikan semuanya itu kepada Abraham; Sara, isteri Abraham, juga dikembalikannya kepadanya. 20:15 Dan Abimelekh berkata: "Negeriku ini terbuka untuk engkau; menetaplah, di mana engkau suka." 20:16 Lalu katanya kepada Sara: "Telah kuberikan kepada saudaramu seribu syikal perak, itulah bukti kesucianmu bagi semua orang yang bersama-sama dengan engkau. Maka dalam segala hal engkau dibenarkan.”

6 Kejadian 20: :17 Lalu Abraham berdoa kepada Allah, dan Allah menyembuhkan Abimelekh dan isterinya dan budak-budaknya perempuan, sehingga mereka melahirkan anak. 20:18 Sebab tadinya TUHAN telah menutup kandungan setiap perempuan di istana Abimelekh karena Sara, isteri Abraham itu.

7 PENDAHULUAN: Ilustrasi: Kalau seorang membuat biografi, kalau tidak hati2 yg diceritakan hanya hal yg baik-baik saja.  Tetapi Alkitab menceritakan keadaan manusia apa adanya, sisi terang maupun sisi gelapnya.  Di Alkitab diceritakan tentang pembunuhan, pencurian, kemabukan, perzinahan, amoral, perkosaan, balas dendam, mutilasi dll.  Abraham, tanpa berdoa kepada Allah, membuat usaha melindungi dirinya. USAHA ABRAHAM UTK MELINDUNGI DIRINYA ITU TERNYATA MEMBAWA KEJATUHAN DLM DOSA YG MENGERIKAN

8

9

10 I. Mengapa Abraham jatuh kedalam dosa yg sama lagi?(Kej. 20:1-13)  Abraham takut bahwa dia akan dibunuh jika dia berkata jujur apa adanya (Ay.11)  Abraham merasionalisasikan dosa ke- bohongannya. Abraham hanya memberi- tahukan ½ kebenaran dan menutupi ½ ke- benaran yg lain (Ay.12).  Abraham mengajak /meminta/membujuk / mendorong Sara untuk ikut terlibat dalam dosa kebohongannya (Ay.13). DOSA ABRAHAM MENUNJUKKAN SIFAT: PENGECUT / DOSA YG DISENGAJA / DOSA PENIPUAN / DOSA MERUSAKKAN -MENJERUMUSKAN SARA DALAM KETIDAK SUCIAN / DOSA MENGHINAKAN TUHAN / DOSA MENGHANCURKAN KESAKSIAN HIDUP ABRAHAM & SARA.

11

12

13

14

15 II.Abraham dihakimi oleh Tuhan dan dilindungi oleh Tuhan (Kej. 20: 3-18)  Abraham dihakimi oleh Tuhan dengan cara dia ditegur/dimarahi / dibukakan dosanya oleh orang yg tidak mengenal Tuhan (9).  Semua alasan2 Abraham tdk bisa membe- narkan perbuatan dosanya (11-13)  Tetapi Allah melindungi Abraham dengan: 1.Memperingatkan Abimelekh dlm mimpi AYAT Menulahi Abimelekh dgn penyakit AYAT 17 3.Menutup kandungan anak buah Abimelekh 4.Menyatakan dosa Abraham dimuka umum ALLAH TIDAK AKAN MENGIJINKAN ANAK-ANAKNYA UNTUK BERDOSA DENGAN SUKSES (SPURGEON)

16

17

18 III. Apa yang bisa kita pelajari dari kejatuhan Abraham ini?  1.Kita mungkin akan bergumul dgn dosa2 tertentu seumur hidup kita. Paulus org suci &sekaligus org berdosa.  2.Tdk ada org percaya yg bisa mencapai tahap “kebal terhadap godaan dosa”.  3.Jika kita menolak utk mengatasi dosa kita, Allah akan menguji kita lagi& lagi.  4.Allah melakukan karyaNya yg paling baik,melalui anak2Nya yg tdk sempurna

19

20

21 PENUTUP: Kisah Abraham ini seharusnya membuat kita untuk:  Menyelidiki / meneliti hidup kita secara jujur. Apakah masih ada dosa yg terus kita pelihara & tidak kita musnahkan dlm hidup kita?  Jika kita gagal lagi dan gagal lagi dalam me- nang terhadap godaan dosa, jangan putus asa, sebabak belur apapun keadaan saudara, Tuhan Yesus siap menolong kitadr utk menang.

22

23

24

25

26

27

28

29

30 PEGANGLAH TANGANKU ROH KUDUS SETIAP HARI KU TAK DAPAT JALAN SENDIRI TANPA ROH MU BAWALAH DIRIKU KEPADA SGALA KEBENARAN AGAR KU TIDAK TERSESAT MENGIRINGI JALANMU

31 KUDUS-KUDUS TUHAN KUDUS NAMAMU KU BRI PUJI DALAM SIMFONI INDAH AJAIB AJAIB TUHAN AJAIB NAMAMU NAMA YANG BRI MENANG YESUS NAMANYA


Download ppt "KENAPA ORANG KRISTEN JATUH LAGI KEDALAM DOSA YANG LAMA? (Kejadian 20 : 1-18)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google