Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Dalam suatu molekul, tiap proton berada dalam lingkungan kimia yang sedikit berbeda, sehingga ia akan mempunyai shielding elektronik yang tingkatannya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Dalam suatu molekul, tiap proton berada dalam lingkungan kimia yang sedikit berbeda, sehingga ia akan mempunyai shielding elektronik yang tingkatannya."— Transcript presentasi:

1  Dalam suatu molekul, tiap proton berada dalam lingkungan kimia yang sedikit berbeda, sehingga ia akan mempunyai shielding elektronik yang tingkatannya sedikit berbeda.  Perbedaan frekuensi resonansi proton-proton tersebut sangat kecil. Chemical Shift = Geseran Kimia

2 Misalnya: Dalam medan magnet eksternal Gauss, perbedaan frekuensi resonansi proton dalam CH 3 Cl dan CH 3 F hanya sebesar 72 Hz. Sedangkan frekuensi yang diperlukan untuk beresonansinya proton dalam medan magnet tersebut adalah 60 MHz ( Hz). Bila dibandingkan dengan ini, maka perbedaan frekuensi kedua macam proton tersebut di atas hanyalah sangat kecil, yaitu sekitar 1 ppm saja (72/ = 1,2 x ). Sangat sulit mengukur frekuensi absolut dari masing-masing proton yang berbeda tersebut. Untuk itu, dalam NMR yang diukur adalah perbedaan frekuensi antara suatu jenis proton dengan frekuensi resonansinya proton senyawa reference. Senyawa ini disebut sebagai standard internal dan ditambahkan ke dalam sample sebelum me'running' NMR.

3 Senyawa yang digunakan sebagai senyawa reference tersebut adalah: Tetrametilsilan (TMS)  Signal yang tajam (singlet) dengan intensitas tinggi, karena mempunyai 12 proton yang ekivalen.  Mengabsorbsi pada 'higher field' dibanding hampir semua proton organik. (Si bersifat elektropositif, sehingga proton-proton dalam TMS sangat terlindungi (shielded).  Bersifat inert.  Mempunyai titik didih yang rendah (27 o C), sehingga mudah dihilangkan kalau dikehendaki lagi senyawa yang diuji.  Larut dalam kebanyakan pelarut organik. (CH 3 ) 3 SiCH 2 CH 2 CH 2 SO 3 - Na +

4

5 Chemical Shift = Geseran Kimia  Hal tersebut akan menyulitkan kita apabila kita ingin membandingkan data (spektrum) yang diperoleh dengan spektrometer NMR yang berbeda.  Maka digunakan parameter baru yang tidak tergantung kepada kekuatan medan magnet eksternal yang digunakan, yaitu: Chemical shift (  )

6 Pergeseran dari TMS (Hz)  = Frekuensi alat yang digunakan (Hz)  Dari contoh spectra di atas, maka: 126 Hz 525 Hz  acetone = = = 2,1 ppm Hz Hz 165 Hz 687,5 Hz  water = = = 2,75 ppm Hz Hz Chemical shift TMS = 0 (  = 0)

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24


Download ppt " Dalam suatu molekul, tiap proton berada dalam lingkungan kimia yang sedikit berbeda, sehingga ia akan mempunyai shielding elektronik yang tingkatannya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google