Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CLOSE RELATIONSHIP PSIKOLOGI SOSIAL I. BAHASAN POKOK Apakah yang dimaksud dengan close relationship? Apakah yang menjadi akar psiko-sosial dari ketertarikan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CLOSE RELATIONSHIP PSIKOLOGI SOSIAL I. BAHASAN POKOK Apakah yang dimaksud dengan close relationship? Apakah yang menjadi akar psiko-sosial dari ketertarikan."— Transcript presentasi:

1 CLOSE RELATIONSHIP PSIKOLOGI SOSIAL I

2 BAHASAN POKOK Apakah yang dimaksud dengan close relationship? Apakah yang menjadi akar psiko-sosial dari ketertarikan interpersonal dan hubungan dekat? Bagaimana ketertarikan interpersonal berkembang? Bagaimana hubungan dekat terbentuk dan dipertahankan? Apakah komponen dan dinamika hubungan percintaan? Bagaimanakah sifat-sifat pertemanan?

3

4

5

6

7 PERTANYAAN Faktor apa yang memunculkan rasa suka dan rasa cinta? Apa beda antara mencintai dengan menyukai? Menurut anda, mengapa mencintai lebih kompleks daripada menyukai? Apakah ketertarikan dipengaruhi oleh budaya? Cinta itu apaakah kebutuhan biologis atau psikologis? Faktor-faktor apa yang mempengaruhi naik turunnya hubungan kita dengan orang terdekat? Faktor apa sajakah yang menyebabkan berakhirnya hubungan dekat? Mengapa lebih banyak terjadi cerai gugat daripada cerai talak?

8 FAKTOR UTAMA HUBUNGAN DEKAT NEED FOR AFFILIATION: motivasi yang mendasari hasrat individu untuk membangun dan mempertahankan hubungan interpersonal yang memberi efek positif. NEED FOR INTIMACY motivasi untuk menjalin hubungan dekat yang didominasi oleh perasaan.

9 PROSES PSIKOLOGIS KESEPIAN KECEMASAN SOSIAL (SOCIAL ANXIETY)

10 CINTA Sebuah kombinasi emosi, kognisi dan perilaku yang ada dalam suatu hubungan intim (Baron & Byrne, 2004)

11 Cinta adalah perasaan simpati yang melibatkan emosi yang mendalam. Menurut Erich Fromm, ada lima syarat untuk mewujudkan cinta kasih, yaitu:Erich Fromm Perasaan Pengenalan Tanggung jawab Perhatian Saling menghormati

12 Hubungan Interpersonal Interpersonal Attraction: penilaian seseorang terhadap sikap orang lain dimana penilaian tersebut diekspresikan melalui suatu dimensi dari strong liking sampai dengan strong dislike.

13 Hubungan Interpersonal Strong Liking (Teman) Mild Liking (Teman Dekat) Neutral (Teman Biasa) Mild Dislike (Pengganggu) Strong Dislike (Tidak Diinginkan)

14 Hubungan Interpersonal Kedekatan Kemenarikan fisik Kesamaan dan saling membutuhkan Keuntungan yang diperoleh dari hubungan

15 3 Aspek Cinta Keintiman (Intimacy) Kegairahan (Passion) Komitmen/Keputusan

16 Jenis Hubungan Cinta Cinta Bergairah (Passionate Love): emosi tidak terkendali; bersifat intens dan panas; suasana psikologis bergejolak. Cinta Keakraban (Companionate Love): adanya kelekatan afeksi; kesesuaian nilai; saling memahami.


Download ppt "CLOSE RELATIONSHIP PSIKOLOGI SOSIAL I. BAHASAN POKOK Apakah yang dimaksud dengan close relationship? Apakah yang menjadi akar psiko-sosial dari ketertarikan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google