Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendahuluan Sejarah Seni Rupa Barat Pertemuan 1 Matakuliah: W0482 - Sejarah Seni Rupa Barat Tahun: Feb - 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendahuluan Sejarah Seni Rupa Barat Pertemuan 1 Matakuliah: W0482 - Sejarah Seni Rupa Barat Tahun: Feb - 2010."— Transcript presentasi:

1

2 Pendahuluan Sejarah Seni Rupa Barat Pertemuan 1 Matakuliah: W Sejarah Seni Rupa Barat Tahun: Feb

3 Bina Nusantara University 3 Time Line Pra- sejarah Mesir Mesopotami a Pra-Yunani Yunan i Nasran i Rom e Renesans Barok Rokoko Abad 19 Klasik Romanti k Simbolik Monumental Abad 20 Impresionis mRealisme

4 Bina Nusantara University 4 Gambaran Umum Latar Belakang Untuk memudahkan pembelajaran mengenai zaman batu di Eropa Barat, para peneliti membaginya menjadi 3 periode waktu. 1.Paleolitikum (berasal dari bahasa Yunani palaios yang berarti ‘tua’ dan lithos yang berarti ‘batu’) adalah periode yang pertama dan terpanjang. Paleolitikum bertahan dari tahun 1,500,000 SM hingga 8000 SM.

5 Bina Nusantara University 5 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Zaman Batu (The Stone Age) Untuk memudahkan pembelajaran mengenai zaman batu di Eropa Barat, para peneliti membaginya menjadi 3 periode waktu. 1.Paleolitikum (berasal dari bahasa Yunani palaios yang berarti ‘tua’ dan lithos yang berarti ‘batu’) adalah periode yang pertama dan terpanjang. Paleolitikum bertahan dari tahun 1,500,000 SM hingga 8000 SM.

6 Bina Nusantara University 6 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat 2.Mesolitikum (berasal dari bahasa Yunani yang berarti ‘batu tengah’) adalah periode yang berlangsung dari tahun 8000 SM hingga 4000 SM di wilayah Eropa. 3.Neolitikum (yang berarti ‘batu baru’) adalah periode yang berlangsung dari 6000/4000 SM hingga tahun 2000 SM, dan terus berlanjut hingga ribuan tahun kemudian di wilayah barat laut Eropa.

7 Bina Nusantara University 7 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Paleolitikum (1,500, SM) Pada sekitar tahun 50,000 SM, manusia jenis Homo Sapiens Sapiens telah menggantikan Homo Sapiens, yang telah mengembangkan budaya yang kompleks. Manusia pada era Paleolitikum mempunyai pola hidup nomaden, berburu dan berkumpul bersama. Seiring waktu, mereka berkembang dan mulai membuat tanda pada bidang keras seperti batu.

8 Bina Nusantara University 8 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Iklim pada Era Paleolitikum

9 Bina Nusantara University 9 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Venus of Willendorf 25,000-21,000 SM, Limestone Seni Patung Era Paleolitikum

10 Bina Nusantara University 10 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Hall of Running Bulls 15,000-13,000 SM, Limestone Rock Lukisan Batu Era Paleolitikum

11 Bina Nusantara University 11 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Mesolitikum (8000 – 6000/4000 SM) Pada era ini, Eropa Barat sedang mengalami masa transisi penting di dalam proses perkembangan dan perubahan budaya dan lingkungan daripada warisan seninya. Mesolitikum mengikuti akhir dari Zaman Es (Ice Age) dan berkembang ke iklim dengan suhu sedang pada sekitar tahun 11,000 SM.

12 Bina Nusantara University 12 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Dengan mencairnya gletser, hutan meluas. Hewan yang diburu pada masa Paleolitikum punah atau bermigrasi, dan orang-orang mulai untuk berkelompok di sekitar wilayah sungai, dimana menangkap ikan menjadi sumber utama untuk memperoleh makanan. Pada akhir periode Mesolitikum banyak pemburu nomaden yang berkumpul menjadi masyarakat dan kemudian meningkat menjadi komunitas petani yang tinggal menetap.

13 Bina Nusantara University 13 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Cave Painting

14 Bina Nusantara University 14 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Neolitikum ( SM) Kebudayaan mereka sudah lebih maju seperti dibuktikan oleh alat batu yang telah dipoles sehingga mengkilap. Kehidupan mereka sudah menetap, mulai bercocok tanam dan membentuk kelompok menyerupai dusun. Mulai mengangkat seseorang sebagai seorang pemimpin dan melakukan sistem barter untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga muncullah perdagangan.

15 Bina Nusantara University 15 Masa Pra-sejarah di Eropa Barat Kumpulan Patung Batu Era Neolitikum di Easter Island

16 Bina Nusantara University 16 Sumber A History of Western Art; page A World of Art; page


Download ppt "Pendahuluan Sejarah Seni Rupa Barat Pertemuan 1 Matakuliah: W0482 - Sejarah Seni Rupa Barat Tahun: Feb - 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google