Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Seni Barok Pertemuan 10 Matakuliah: Sejarah Seni Rupa 1>> Tahun: 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Seni Barok Pertemuan 10 Matakuliah: Sejarah Seni Rupa 1>> Tahun: 2009."— Transcript presentasi:

1

2 Seni Barok Pertemuan 10 Matakuliah: Sejarah Seni Rupa 1>> Tahun: 2009

3 Bina Nusantara University 3 Latar Belakang Barok merupakan suatu periode seni yang mempunyai ciri khas menggunakan gerak yang hiperbolis dengan detail yang jelas dan mudah ditafsirkan. Gaya Barok untuk menghasilkan efek dramatis, klimaks dan semangat untuk mewakili kesan agung dan hidup, terutama dalam seni patung, lukisan, sastra dan musik. Gaya Barok dimulai sekitar tahun 1600 di Roma, Italia, yang kemudian menyebar ke seluruh wilayah Eropa.

4 Bina Nusantara University 4 Perkembangan Seni Barok Ketika aliran ini terus hidup dalam kesederhanaan abad ke 17 dan gaya realisme cenderung untuk berkurang, unsur dramatisasi tetap menjadi ciri khas, pewarnaan dan pencahayaan chiaroscuro, serta bila perlu juga menampilkan para malaikat (kerubim) yang sedang gelisah dan awan yang menggulung-gulung, semuanya ditujukan untuk membuat para jemaat terpukau dengannya.

5 Bina Nusantara University 5 Arsitektur Seni Barok Arsitektur dan seni pahat juga bertujuan untuk mencapai pengaruh yang sama bagi yang melihatnya; Bernini ( ) merupakan contoh utama dari seniman bergaya Barok. Kesenian Barok menyebark ke dunia Eropa Katolik dan ke misi-misi seberang lautan di Benua Asia dan Amerika, dimasyarakatkan oleh kaum Yesuit dan Fransiskan.

6 Bina Nusantara University 6 Arsitektur Barok

7 Bina Nusantara University 7 Arsitektur Barok

8 Bina Nusantara University 8 Arsitektur Barok

9 Bina Nusantara University 9 Lukisan Seni Barok

10 Bina Nusantara University 10 Lukisan Seni Barok

11 Bina Nusantara University 11 Lukisan Seni Barok

12 Bina Nusantara University 12 Sumber A History of Western Art; page

13 Bina Nusantara University 13 Soal 1.Apa yang dimaksud dengan Barok sesuai dengan pemahaman anda? 2.Jelaskan apa yang menjadi ciri khas Barok? 3.Sebutkan tokoh-tokoh Seni Barok yang kamu ketahui!


Download ppt "Seni Barok Pertemuan 10 Matakuliah: Sejarah Seni Rupa 1>> Tahun: 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google