Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Total Quality Management DWI SUHARTINI. KONSEP TQM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Total Quality Management DWI SUHARTINI. KONSEP TQM."— Transcript presentasi:

1 Total Quality Management DWI SUHARTINI

2 KONSEP TQM

3 Kualitas merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. ( Goetsch dan Davis, 1994). merupakan suatu kondisi dinamis yang berhubungan dengan produk, manusia, proses dan lingkungan yang memenuhi atau melebihi harapan. ( Goetsch dan Davis, 1994).

4 Mutu Suatu Produk Adalah keadaan fisik, fungsi, dan sifat suatu produk bersangkutan yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumen dengan memuaskan sesuai dengan nilai uang yang telah dikeluarkan Adalah keadaan fisik, fungsi, dan sifat suatu produk bersangkutan yang dapat memenuhi selera dan kebutuhan konsumen dengan memuaskan sesuai dengan nilai uang yang telah dikeluarkan

5 Perusahaan-2 yg telah melaksanakan strategi berbasis mutu (1980 – 2000) Motorola Motorola Harley Davidson Harley Davidson Intel Intel Microsoft (AS) Microsoft (AS) Sony Corp Sony Corp Mitsubishi (Jepang) Mitsubishi (Jepang) Mercedes Benz (Jerman) Mercedes Benz (Jerman)

6 Enam Dimensi Mutu Produk Kinerja Kinerja Keistimewaan Keistimewaan Kepercayaan dan Waktu Kepercayaan dan Waktu Mudah dirawat dan diperbaiki Mudah dirawat dan diperbaiki Sifat Khusus Sifat Khusus Penampilan dan Citra Etis Penampilan dan Citra Etis

7 Kinerja Kinerja suatu produk harus dicantumkan pada labelnya, misalnya isi, berat, kekentalan, komposisi, & lama penggunaannya. (Pada Bank. Ketepatan transaksi) Kinerja suatu produk harus dicantumkan pada labelnya, misalnya isi, berat, kekentalan, komposisi, & lama penggunaannya. (Pada Bank. Ketepatan transaksi)

8 Keistimewaan Produk bermutu yang mempunyai keistimewaan khusus dibandingkan dengan produk lain (Pada bank. Dalam pengurusan valuta asing) Produk bermutu yang mempunyai keistimewaan khusus dibandingkan dengan produk lain (Pada bank. Dalam pengurusan valuta asing)

9 Kepercayaan dan Waktu Produk yang bermutu baik adalah produk yang mempunyai kinerja yang konsisten baik dalam batas-batas perawatan normal. (Pada bank. Pelayanan mutakhir) Produk yang bermutu baik adalah produk yang mempunyai kinerja yang konsisten baik dalam batas-batas perawatan normal. (Pada bank. Pelayanan mutakhir)

10 Mudah Dirawat dan Diperbaiki Produk bermutu baik harus memenuhi kemudahan untuk diperbaiki atau dirawat. (Pada bank. Telepon hubungan khusus) Produk bermutu baik harus memenuhi kemudahan untuk diperbaiki atau dirawat. (Pada bank. Telepon hubungan khusus)

11 Sifat Khas Untuk beberapa jenis produk mudah dikenal dari wanginya, bentuknya, rasanya atau suaranya. (Pada bank. Fasilitas) Untuk beberapa jenis produk mudah dikenal dari wanginya, bentuknya, rasanya atau suaranya. (Pada bank. Fasilitas)

12 Penampilan dan Citra Etis Dimensi lain dari produk yang bermutu adalah persepsi konsumen atas suatu produk (Pada bank. Iklan yang jujur) Dimensi lain dari produk yang bermutu adalah persepsi konsumen atas suatu produk (Pada bank. Iklan yang jujur)

13 Total Quality Manajemen Sistem manajemen yang mengangkat kualitas sebagai strategi usaha dan berorientasi pada kepuasan pelanggan dengan melibatkan seluruh anggota organisasi (Santosa, 1992).

14 TQM (Tjiptono & Diana,2003) Merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya. Merupakan suatu pendekatan dalam menjalankan usaha yang mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses dan lingkungannya.

15 Karakteristik TQM Fokus pelanggan Fokus pelanggan Memiliki obsesi Memiliki obsesi Pendekatan ilmiah Pendekatan ilmiah Komitmen jangka panjang Komitmen jangka panjang Kerjasama Kerjasama Perbaikan berkesinambungan Perbaikan berkesinambungan Menyelenggarakan pelatihan Menyelenggarakan pelatihan Memberikan kebebasan terkendali Memberikan kebebasan terkendali Memiliki kesatuan tujuan Memiliki kesatuan tujuan Pemberdayaan karyawan. Pemberdayaan karyawan.

16 Prinsip TQM Kepuasan pelanggan Respek Terhadap setiap orang. Manajemen berdasarkan fakta Perbaikan berkesinambungan

17 Tiga Alasan Memproduksi Produk Berkualitas Untuk membangun konsumen yang mempunyai loyalitas produk dibanding yang berorientasi pada harga Untuk membangun konsumen yang mempunyai loyalitas produk dibanding yang berorientasi pada harga Bersifat kontradiktif dengan cara berpikir bisnis tradisional. Bersifat kontradiktif dengan cara berpikir bisnis tradisional. Menjual barang yg tdk bermutu akan banyak menerima keluhan dr pelanggan Menjual barang yg tdk bermutu akan banyak menerima keluhan dr pelanggan

18 Faktor kegagalan TQM Delegasi yang tidak baik Delegasi yang tidak baik Team mania Team mania Proses penyebarluasan Proses penyebarluasan Pendekatan terbatas Pendekatan terbatas Harapan berlebih Harapan berlebih Empowerment prematur Empowerment prematur

19 Didiskusikan Apa yang dimaksudkan dengan mutu produk ? Apa yang dimaksudkan dengan mutu produk ? Bentuk atau tingkat mutu yg bagaimana yg cocok untuk produk kita ? Bentuk atau tingkat mutu yg bagaimana yg cocok untuk produk kita ? Bagaimana kita dapat mencapai kualitas produk yg kita inginkan ? Bagaimana kita dapat mencapai kualitas produk yg kita inginkan ?

20 Lanjutan Buat contoh aplikasi dari dimensi mutu produk, sesuai dengan pengalaman pribadi ? Buat contoh aplikasi dari dimensi mutu produk, sesuai dengan pengalaman pribadi ?

21 Terima kasih Terima kasih


Download ppt "Total Quality Management DWI SUHARTINI. KONSEP TQM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google