Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Interface Scratch Slide 3. Interface Scratch (1)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Interface Scratch Slide 3. Interface Scratch (1)"— Transcript presentasi:

1 Interface Scratch Slide 3

2 Interface Scratch (1)

3 Interface Scratch (2)

4 Toolbar

5 Block Tab

6 Block Script Block script adalah perintah atau coding yang digunakan sebagai instruksi kepada sprite untuk melaksanakan suatu perintah atau algoritma yang dibuat.

7 Tipe Block Script 1.Stack Block 2.Hats 3.Reporters

8 Tipe Block Script “Stach Block” Block yang memiliki benjolan dan lengkungan diatas atau dibawahnya, sehingga kita bisa menggabungkannya dengan block yang lain. Contoh: Beberapa block memilik inputan di dalamnya, dimana pengguna dapat memasukan nilai berupa angka atau memilih nilai dalam menu pulldown yang ada didalamnya. Contoh: Beberapa block ada yang berbentuk seperti huruf “C” dimana dapat digabungkan beberapa stack di dalamnya. Contoh:

9 Tipe Block Script “Hats” Block yang memiliki lengkungan di atasnya. Block ini diletakkan paling atas dari susunan stack. Biasanya block ini berfungsi untuk event atau kejadian seperti bila suatu tombol ditekan. Contoh:

10 Tipe Block Script “Reporters” Block ini digunakan untuk masuk dalam input block lain. Contoh:

11 Scripts Area Membuat Sprite melakukan sebuah gerakan animasi yang menarik. Pada script area, Anda dapat melakukan drag and drop pada blok script yang telah disediakan. Block script akan menunjukan warna putih, jika antar blok script tersebut dapat berhubungan satu dengan yang lainnya. Block script menghilangkan kesalahan pengetikan yang cenderung terjadi ketika orang menggunakan pemrograman berbasis teks.

12 Contoh Pada Scripts Area

13 Block Costumes Anda dapat mengubah sprite dengan mengubah kostum yang berisi sebuah gambar. Block Costumes berisi semua yang dibutuhkan untuk mengatur kostum pada sprite. Seperti lemari pakaian yang berisi banyak costume, sprite dapat memakai satu per satu.

14 Mengubah Costumes

15 Block Sounds Sprite dapat memutar suara pada saat menjalankan program. Block Sounds akan membantu untuk mengatur suara yang berbeda pada saat sprite dijalankan. Pada block sounds, Anda dapat memilih suara dari library sound pada Scratch, merekam suara baru dengan mikrofon, atau menginpor suara dari komputer.

16 Mengubah Sounds

17 Object Scratch


Download ppt "Interface Scratch Slide 3. Interface Scratch (1)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google