Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengaruh Agama Terhadap Perilaku Konsumen. ReligionDate FoundedSacred TextsMembership 4 % of World 5 Christianity30 CEThe Bible2,039 million32% (dropping)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengaruh Agama Terhadap Perilaku Konsumen. ReligionDate FoundedSacred TextsMembership 4 % of World 5 Christianity30 CEThe Bible2,039 million32% (dropping)"— Transcript presentasi:

1 Pengaruh Agama Terhadap Perilaku Konsumen

2

3 ReligionDate FoundedSacred TextsMembership 4 % of World 5 Christianity30 CEThe Bible2,039 million32% (dropping) Islam622 CEQur'an & Hadith1,570 million22% (growing) Hinduism 1500 BCE with truly ancient roots Bhagavad-Gita, Upanishads, & Rig Veda 950 million13% (stable) No religion -None775 million12% (dropping) (Note 1) Chinese folk religion270 BCENone390 million6% Buddhism523 BCE The Tripitaka (consisting of the Vinaya, the Sutras, and the Abhidharma) ,600 million (2)6% (stable?) Tribal Religions, Shamanism, Animism PrehistoryOral tradition232 million4% AtheistsNo dateNone150 million2% New religions.Various 103 million2% Sikhism1500 CEGuru Granth Sahib23.8 million<1% JudaismNote 3Torah, Tanach, & Talmud14.5 million<1% Spiritism 12.6 million<1% Baha'i Faith1863 CEAlkitab Alaqdas7.4 million<1% Confucianism520 BCELun Yu6.3 million<1% Jainism570 BCESiddhanta, Pakrit4.3 million<1% Zoroastrianism600 to 6000 BCEAvesta2.7 million<1% Shinto500 CEKojiki, Nohon Shoki2.7 million<1% Taoism Note BCETao-te-Ching2.7 million<1% OtherVarious 1.1 million<1% Wicca Note 5800 BCE, 1940 CENone0.5 million?<1%

4 Populasi umat Kristiani merupakan populasi yang paling banyak sebesar 32% Agama terbesar kedua adalah Islam yang dianut oleh 22% penduduk dunia Agama Hindu merupakan agama terbesar kedua sebesar 13% Agama Budha masing-masing sebesar 6% dan dibawah 5% dari total penduduk dunia.

5 AgamaJumlah/TotalPresentase Islam ,20% Protestan ,21% Katholik ,32% Hindu ,20% Budha ,07% Total % Agama Islam Agama Islam Agama Kristen dan Katholik Agama Kristen dan Katholik Budha Hindu

6 Perintah Sholat : 1. Sholat Wajib merupakan ibadah yang dilakukan 5 kali dalam sehari dan apabila tidak dikerjakan maka akan mendapat dosa. Perintah tersebut tercantum dalam beberapa ayat dalam Al-Qur’an seperti : Maryam :31, Al Baqarah : 3, Al-Baqarah : Sholat Sunnah merupakan Ibadah yang dianjurkan, sehingga apabila dikerjakan maka diberi pahala, apabila tidak dikerjakan tidak mendapat apa-apa. Dalam melaksanakan Ibadah ini memakai pakaian yang dirancang utuk sholat, sehingga dapat dikatakan bahwa kewajiban dalam menjalankan sholat menciptakan kegiatan ekonomi dan bisnis yang besar. Kewajiban salat tersebut telah mendororng kaum muslim membeli semua pakaian dan perlatan yang sesuai utuk melaksanakan sholat.

7 Perintah Puasa : Puasa adalah tidak makan dan minum dari mulai matahari terbit matahari sampai terbenam matahari. Puasa Wajib dilaksanakan pada bulan Ramadhan, sedangkan Puasa sunnah dianjurkan pada waktu-waktu tertentu. Al-Baqarah: , Al-Baqarah : 187. Menurut survei, mengenai perilaku konsumen : 1. Sebagian besar pengeluaran untuk konsumsi meningkat pada bulan Ramadhan. 2. Sebagian kecil mengatakan bahwa konsumsi tetap dan sebagian lainya menurun. Sehingga puasa dapat mempengaruhi perilaku konsumen yang beragama islam.

8 Perintah Zakat : Zakat adalah kewajiban seluruh umat Islam yang mempunyai penghasilan, uang, dan harta bendanya tersebut sesuai dengan aturan zakat yang berlaku Jenis Zakat : Zakat Mal : Zakat sebesar 2,5% dari penghasilan Zakat Fitrah : zakat 2,5 kg dari makanan poko Perintah Zakat terdapat pada surat Al-Baqarah : 43;277;267, An Nisaa : 162, Adz-Dzaariat: 19 dan Hadist riwayat Imam Bukhari. Perintah Zakat ini mendorong konsumen muslim harus mengalokasi sebagian pengeluaranya.

9 Perintah Haji : Ibadah Haji merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi muslim yang mampu. Dalam hal ini mampu baik dalam ekonomi maupun sehat jasmani. Perintah melaksanakan haji ini tercantum dalam beberapa ayat pada beberapa surat daam Al-Qur’an seperti dikemukaakan seperti berikut: Al-Baqarah : 128 ;158 ; 196 ;197,Ali-Imran : 97. Kewajiban ibadah haji akan mempengaruhi perilaku konsumen muslim. Semakin meingkatnya kesejahteraan konsumen muslim maka semakin bertambah pula permintaan untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya, sementara itu jumlah konsumen yang berangkat dibatasi oleh kuota pemerintah Arab Saudi.

10 Bagi Umat wanita Muslim Menutup Aurat hukumnya wajib. Dalam hal ini akan mendorong para konsumen wanita muslim untuk membeli pakaian yang tertutup.

11 Makanan Halal maupun haram akan mempengaruhi perilaku konsumen, sehingga para pemasar dan produsen makanan harus mengetahui makananya yang halal dan sesuai dengan ketentuan syariah: Daftar Nama Produk Halal : Sampo Wardah Lux Teh Sariwangi Dancow Chocholate Nestle creamer Dan Lain-lain Daftar Nama Produk Haram : Daging Babi Darah Dan makanan yang tidak sesuai syariah islam

12 Dalam menjalankan ekonomi Islam ini adalah membangun sistem ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat, landasan nya adalah larangan mempraktikan riba, yang tercantum dalam Al-Baqarah : , Ali Imran : 130, An-Nisa : 161. Dengan adanya pelarangan riba ini, mempengaruhi perilaku konsumen yaitu setahap demi setahap konsumen muslim melakukan berbagai kegiatan ekonomi yang menghindari riba. Saat ini bermunculan beberapa bank Islam seperti : Bank Muamalat, Bank BNI Syariah, Bank Mandiri Syariah, dan lain-lain.

13 Jadilah Konsumen yang memiliki konsep yang dermawan Janganlah harta benda melalaikan konsumen menjadi manusia yang lupa kepada tuhannya. Janganlah menjadi konsumen yang dermawan karena ingin dilihat dan dipuji oleh orang lain. Jadilah konsumen yang berhemat dan jangan boros. Jadilah konsumen yang selalu menepati janji. Jadilah Konsumen yang selalu memaafkan. Jadilah konsumen yang selalu berbuat baik. Jadilah Konsumen yang sabar.

14 Dalam Agama Kristen, Katolik, dan protestan merayakan Pesta Natal, selain itu mereka juga merayakan hari paskah dengan melakukan pantangan tidak memakan daging, telur, keju, susu dan lainya, serta mereka juga mengadakan perjalanan religi ke Vatikan Ketika menjelang natal perilaku konsumen yang beragama Kristen, khatolik maupun proteskan akan berubah, mereka akan menghabiskan banyak dana untuk mengkonsumsi berbagai macam assecoris mengenai natal

15 Dalam Agama Budha terdapat dua keyakinan, : Umat Budha harus menjadi Vegetarian Vegetarian merupakan salah satu jenis perilaku konsumen dalam menentukan asupan makanan yang akan dikonsumsi, dalam hal ini mereka akan memakan makanan dari tumbuhan dan tidak mengkonsumsi dari hewan. Umat Budha meyakini bahwa seharusnya mereka menjadi vegetarian dikarenakan beberapa sutra diyakini bahwa sang Budha merupkan seseorang yang tidak memakan daging.

16 Umat Budha diperbolehkan untuk tidak menjadi vegetarian Sebagian umat Budha lain mengatakan bahwa tidak diwajibkan untuk menjadi vegetarian, karena menjadi vegetarian sekalipun tetap menyakiti makhluk hidup, sehingga kelompok ini cenderung memilih tetap untuk memakan daging. Umat Budha yang tidak meyakini akan kewajiban untuk menjadi vegetarian menjadi konsumen yang tetap mngkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuhan dan daging.

17 Umat Hindu mendapatkan ajaran mengenai pelarangan untuk memakan daging sapi, bukan karena diharamkan, tetapi agama Hindu menganggap bahwa sapi adalah binatang yang suci, sehingga tidak boleh menyakiti apalagi membunuh sapi seperti tertuang dalam Parasara Dharmasastra. Dalam hal tersebut akan mempengaruhi produsen yang menawarkan barang yang berbahan baku sapi seperti rumah makan siap saji Mc’ Donald di India. Sehingga Rumah makan siap saji tersebut membuat inovasi dengan menyediakan menu uang tidak mengandung daging sapi.

18 Bulan Ramadhan

19

20


Download ppt "Pengaruh Agama Terhadap Perilaku Konsumen. ReligionDate FoundedSacred TextsMembership 4 % of World 5 Christianity30 CEThe Bible2,039 million32% (dropping)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google