Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MENYIKAPI PERBEDAAN DALAM BERAGAMA. KONFLIK KEAGAMAAN DI INDONESIA Sunni lawan syiah Sunni lawan Ahmadiyah Islam lawan kristen.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MENYIKAPI PERBEDAAN DALAM BERAGAMA. KONFLIK KEAGAMAAN DI INDONESIA Sunni lawan syiah Sunni lawan Ahmadiyah Islam lawan kristen."— Transcript presentasi:

1 MENYIKAPI PERBEDAAN DALAM BERAGAMA

2 KONFLIK KEAGAMAAN DI INDONESIA Sunni lawan syiah Sunni lawan Ahmadiyah Islam lawan kristen

3 Kelompok Syiah diserang (Madura)

4 Menyerang kelompok Ahmadiyah (Banten)

5 Tawuran Muslim vs Nasrani

6 MENGAPA ORANG BERBEDA PENDAPAT?

7 FAKTA DAN PERSEPSI MANUSIA Apa yang kita anggap sebagai fakta sesungguhnya adalah persepsi kita tentang fakta tersebut. Fakta yang sama dapat dipersepsikan berbeda oleh orang yang berbeda. Contoh: Orang Demokrat dan orang PDIP memiliki persepsi yang berbeda tentang pemerintahan SBY.

8 MENGAPA TERJADI PERBEDAAN PERSEPSI ATAS FAKTA YANG SAMA? Perbedaan skala pandang: – Orang yang melihat secara garis besar akan memilki pemahaman yang berbeda dari orang yang melihat secara rinci. – orang yang melihat dari jarak jauh melihat kenampakan yang berbeda daripada orang yang melihat dari jarak dekat. – Orang “luar” akan mendapat pemahaman yang berbeda dari “orang dalam”

9 Kulit manusia tampak mulus dari jarak 2m dg pandangan mata, tetapi tampak kasar dari jarak 10 cm dg mikroskop

10 Muka air laut tampak datar dari jarak dekat, tapi tampak melengkung dari jarak jauh

11 MENGAPA TERJADI PERBEDAAN PERSEPSI ATAS FAKTA YANG SAMA? Perbedaan latar belakang ilmu pengetahuan dan pengalaman hidup Seorang penyair dan seorang astronout memiliki persepsi berbeda tentang bulan purnama. Seorang mubaligh S.Ag. memiliki persepsi berbeda dengan seorang biologiwan tentang babi, anjing, ulat, tikus, lebah, dll.

12 Bulan tampak indah dan dirindukan penyair, tetapi sangat tidak nyaman bagi astronout

13 Bagi Biologiwan, lebah dan tikus sama-sama menarik dan mengagumkan; bagi mubaligh seringkali lebah dianggap berperilaku lebih baik daripada tikus.

14 MENGAPA TERJADI PERBEDAAN PERSEPSI ATAS FAKTA YANG SAMA? Perbedaan kepentingan. – UMP 2,2 juta di DKI terasa terlalu rendah bagi buruh (th 2012). Buruh menuntut 2,8 juta. – UMP 2,2 juta terlalu tinggi bagi perusahaan. Banyak perusahaan mengajukan permohonan penangguhan UMP, banyak lagi yang merencanakan PHK. – Pak Harto dianggap pahlawan bagi pendukung Orde Baru, tetapi dianggap penjahat kemanusiaan oleh korban G30S PKI.

15 Tokoh yang dikagumi dan dibenci. Dianggap pahlawan oleh pendukungnya, dianggap penjahat oleh musuhnya.

16 PERBEDAAN PENDAPAT ADALAH KENISCAYAAN Masyarakat yang homogen (satu suku, satu agama, satu tingkat pendidikan, tingkat ekonomi) memiliki pendapat yang relatif homogen. Masyarakat yang majemuk memiliki pendapat yang majemuk Masyarakat modern tersusun atas manusia dengan beragam latar belakang keilmuan, pengalaman, kepentingan dan skala pandang yang berbeda, maka di dalam masyarakat modern akan terdapat kemajemukan pendapat.

17 APAKAH PERBEDAAN PENDAPAT DAPAT DISAMAKAN? Dalam ilmu-ilmu alam perbedaan pendapat, sebagian besar, dapat disatukan melalui metoda pengujian ilmiah. Contoh: Ptolemy berpendapat bumi sebagai pusat semesta; Copernicus berpendapat matahari sebagai pusat semesta. (didukung Galileo Galilei). Perkembangan astronomi membuktikan bahwa bumi mengelilingi matahari.

18 Geosentrisme vs Heliosentrism

19 PERBEDAAN AGAMA Kalau orang dapat berbeda pendapat terhadap obyek fisik yang dapat dilihat bersama dan peristiwa politik, ekonomi dan hukum yang dialami bersama, maka orang pasti berbeda pendapat tentang hal-hal yang ghaib seperti Tuhan, malaikat, hari akhir, dsb. Apakah ada metoda untuk menyatukan agama? TIDAK ADA.

20 KLASIFIKASI AGAMA Abrahamic religions (Christianity, Islam, Judaism, Baha’i) Indian religions (Hinduism, Jainism, Buddhism, Sikhism) East Asian religions (Taoism, Confucianism) African diasporic religions Folk religions (Shamanism, Shinto, Native American religion, etc) Iranian religions (Zoroastrianism, Yazdanism, Ahl- e-Haqq, Gnosticism)

21 Jumlah pengikut agama di dunia Kristen : 2 M – 2,2 M Islam: 1,57 M – 1,65 M Hindu: 820 juta – 1 M. Buddha: 400 – 500 juta Taoism + Confucianism= ratusan juta Shinto: juta Sikhism: juta Yahudi: Juta Jainism: 8-12 juta

22 Pertumbuhan jumlah pemeluk agama di dunia Tahun Islam : 1,84% Baha’i: 1,74% Sikh: 1,62% Hindu: 1,57% Kristen: 1,32%

23 PERPECAHAN DALAM AGAMA YANG SAMA SETIAP AGAMA TERBAGI DALAM BANYAK ALIRAN. Misalnya, agama Kristen terbagi dalam banyak denominasi: gereja Katolik Roma (paling besar), Protestan, Anglican, Eastern Orthodox Church, Oriental Orthodox Churches, Assyrian Orthodox Churches.

24 Perbedaan aliran dalam agama Islam Islam: sunni dan syiah Sunni: – Madzab Syafii; Madzab Hanafi – Madzab Hambali; Madzab Maliki Syiah – Madzab Ja’fari – Madzab Ismailiyah – Madzab Zaidah Ada orang Islam yang tidak bermadzab

25 Seorang pemeluk agama merasa agama yang dianutnya benar Seorang Muslim percaya bahwa agama Islam adalah agama yg benar. Seorang Kristen percaya bahwa agama Kristen benar Seorang Hindu percaya percaya bahwa agama Hindu benar. Orang yang merasa agamanya salah akan berpindah ke agama lain.

26 Seorang penganut suatu aliran dalam agama, percaya alirannya benar Seorang penganut Sunni percaya bahwa aliran Sunni adalah benar. – Seorang Sunni bermadzab Syafi’i percaya madzab Syafi’i benar – Seorang Sunni bermadzab Hambali percaya bhw madzab Hambali benar – Seorang Sunni tidak bermadzab percaya bahwa tidak bermadzab itu benar Seorang penganut Syiah percaya bahwa aliran syiah adalah benar.

27 Dakwah dan kebebasan beragama Orang islam berdakwah, mengajak orang pada kebenaran (menurut Islam); Orang Kristen berdakwah, mengajak orang pada kebenaran (menurut Kristen) Untuk masyarakat berwawasan luas dan tidak emosional, dakwah antar pemeluk agama tidak masalah, tetapi untuk masyarakat yg berwawasan rendah atau emosional, dakwah ke pemeluk agama berbeda dapat menyebabkan konflik.

28 DAKWAH PADA PENGANUT ALIRAN BERBEDA DALAM ISLAM Untuk pemeluk Islam yang berwawasan luas, dakwah pada orang Islam yang berbeda aliran dapat menambah wawasan. Orang Muhammadiyah dapat menambah wawasan dari ceramah orang NU, dan sebaliknya. Untuk pemeluk Islam yang fanatik pada satu aliran, ceramah dari aliran lain dapat menimbulkan konflik.

29 Menyikapi perbedaan agama dan aliran dalam agama yg sama Tidak ada orang yang sengaja menganut agama yang menurutnya salah. Tak ada orang yang sengaja menganut aliran yang sesat dalam suatu agama. Tidak ada metoda yang efektif untuk menyatukan perbedaan agama dan aliran dalam satu agama. Sebaiknya kita menghormati perbedaan tsb. Dialog antar agama dan antar aliran dapat dilakukan jika semua berjiwa terbuka.

30 Perbedaan pendapat: rahmat atau bencana? Perbedaan pendapat dapat menjadi rahmat jika masyarakat dapat mengelola perbedaan tersebut untuk memperkaya wawasan intelektual, budaya, ilmu dan ekonomi. Perbedaan dapat menjadi bencana jika komponen-komponen dalam masyarakat bersikap egoistik, berpandangan sempit dan memaksakan pendapatnya masing-masing.

31 RAHMAT DARI PERBEDAAN Menambah wawasan intelektual: memahami kehidupan dari perspektif yang berbeda. Merangsang kreatifitas: melihat disain rumah, pakaian, peralatan dari berbagai budaya. Meningkatkan ekonomi: kebutuhan barang meningkat.

32 BECAK JEPANG DAN INDONESIA

33 BENCANA DARI PERBEDAAN Pertengkaran suami isteri Tawuran pelajar Tawuran kampung Tawuran pendukung calon kepala daerah Tawuran kelompok aliran dalam satu agama Perang agama Perang antar negara Perang dunia

34 Sikap Nabi terhadap perbedaan pendapat para sahabat "Jangan sekali-kali salah seorang dari kalian shalat ‘Ashar kecuali di perkampungan Bani Quraizhah." Lalu tibalah waktu shalat ketika mereka masih di jalan, sebagian dari mereka berkata, ‘Kami tidak akan shalat kecuali telah sampai tujuan’, dan sebagian lain berkata, ‘Bahkan kami akan melaksanakan shalat, sebab beliau tidaklah bermaksud demikian’. Maka kejadian tersebut diceritakan kepada Nabi saw, dan beliau tidak mencela seorang pun dari mereka." (HR. Bukhory dari Ibnu ‘Umar r.a)

35 Ayat “inklusivisme” Sesungguhnya orang-orang mukmin, orang- orang Yahudi, orang-orang Nasrani dan orang- orang Shabiin, siapa saja diantara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran kepada mereka, dan tidak (pula) mereka bersedih hati. Al Baqarah:62

36 TOKOH INKLUSIVISME GUS DUR NURCHOLIS MADJID SYAFII MAARIF DAWAM RAHARJO ALWI SHIHAB KOMARUDIN HIDAYAT DLL

37 KESIMPULAN KITA MEYAKINI BAHWA PENDAPAT YANG KITA ANUT ADALAH YANG PALING BENAR. ORANG LAIN JUGA BERPENDAPAT BAHWA MEREKA MENGANUT PENDAPAT YANG BENAR. JADI, KITA HARUS SALING MENGHARGAI PENDAPAT. JIKA INGIN MENYAMAKAN PENDAPAT, LAKUKAN DENGAN DIALOG YANG BAIK.


Download ppt "MENYIKAPI PERBEDAAN DALAM BERAGAMA. KONFLIK KEAGAMAAN DI INDONESIA Sunni lawan syiah Sunni lawan Ahmadiyah Islam lawan kristen."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google