Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“HALF ADDER DAN FULL ADDER”. Ada dua macam operasi aritmetika dasar, yaitu penjumlahan dan pengurangan. Secara digital kedua macam operasi tersebut dapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“HALF ADDER DAN FULL ADDER”. Ada dua macam operasi aritmetika dasar, yaitu penjumlahan dan pengurangan. Secara digital kedua macam operasi tersebut dapat."— Transcript presentasi:

1 “HALF ADDER DAN FULL ADDER”

2 Ada dua macam operasi aritmetika dasar, yaitu penjumlahan dan pengurangan. Secara digital kedua macam operasi tersebut dapat dengan mudah diwujudkan. Adder, atau rangkaian penjumlahan, berfungsi menjumlahkan dua buah bilangan yang telah dikonversikan menjadi bilangan-bilangan biner. Subtractor, atau rangkaian pengurangan, yang berfungsi mengurangkan dua buah bilangan biner.

3  Sebuah adder setengah adalah sirkuit logis yang melakukan suatu operasi penjumlahan dua bit biner nomor-satu sering ditulis sebagai A dan B. Output setengah adder adalah jumlah dari dua input biasanya diwakili dengan sinyal C o u t dan S mana. Berikut adalah tabel logika dari sebuah adder setengah:

4 Contoh setengah diagram sirkuit adder Sebagai contoh, sebuah Half Adder bisa dibangun dengan gerbang XOR dan gerbang AND. Half Adder menjumlahkan dua buah bit input, dan menghasilkan nilai jumlahan (sum) dan nilai lebihnya (carry-out). Half Adder diletakkan sebagai penjumlah dari bit-bit terendah (Least Significant Bit).

5 Pada Half-Adder, berdasarkan dua input A dan B, maka output Sum, S dari Adder ini akan dihitung berdasarkan operasi XOR dari A dan B. Selain output S, ada satu output yang lain yang dikenal sebagai C atau Carry, dan C ini dihitung berdasarkan operasi AND dari A dan B. Pada prinsipnya output S menyatakan penjumlahan bilangan pada input A dan B, sedangkan output C menyatakan MSB (most significant bit atau carry bit) dari hasil jumlah itu.

6

7 Skema simbol untuk bit adder-1 dengann i C dan C u t o digambar di sisi blok untuk menekankan penggunaan dalam multi-bit adder. Sebuah full adder sirkuit logis yang melakukan operasi penambahan pada tiga bit biner nomor-satu sering ditulis sebagai A, B, dan C n i. Penambah penuh menghasilkan jumlah bit output-dua biasanya diwakili dengan sinyal C o u t dan S mana.

8  Tabel Kebenaran adder lengkap adalah:

9  Sebuah Full Adder menjumlahkan dua bilangan yang telah dikonversikan menjadi bilangan- bilangan biner. Masing-masing bit pada posisi yang sama saling dijumlahkan. Full Adder sebagai penjumlah pada bit-bit selain yang terendah. Full Adder menjumlahkan dua bit input ditambah dengan nilai Carry-Out dari penjumlahan bit sebelumnya. Output dari Full Adder adalah hasil penjumlahan (Sum) dan bit kelebihannya (carry-out).

10 Pada prinsipnya bekerja seperti Half-Adder, tetapi mampu menampung bilangan Carry dari hasil penjumlahan sebelumnya. Jadi jumlah inputnya ada 3: A, B dan Ci, sementara bagian output ada 2: S dan Co. Ci ini dipakai untuk menampung bit Carry dari penjumlahan sebelumnya.

11


Download ppt "“HALF ADDER DAN FULL ADDER”. Ada dua macam operasi aritmetika dasar, yaitu penjumlahan dan pengurangan. Secara digital kedua macam operasi tersebut dapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google