Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Persekutuan Firma (Operasi) Kepentingan Dalam Modal dan Pembagian Laba Kepentingan sekutu dalam firma harus dipisahkan dari hak bagiannya dalam laba perusahaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Persekutuan Firma (Operasi) Kepentingan Dalam Modal dan Pembagian Laba Kepentingan sekutu dalam firma harus dipisahkan dari hak bagiannya dalam laba perusahaan."— Transcript presentasi:

1

2 Persekutuan Firma (Operasi) Kepentingan Dalam Modal dan Pembagian Laba Kepentingan sekutu dalam firma harus dipisahkan dari hak bagiannya dalam laba perusahaan. Kepentingan sekutu diikutsertakan dalam perkiraan modal dan terdiri dari investasinya yang semula, investasi berikutnya serta pengambilan privenya, dan bagiannya dalam laba rugi perusahaan. Ilustrasi mengenai pembagian laba lihat buku (Beams).

3 Pembagian Laba Rugi Laba rugi pada umumnya dibagi menurut salah satu dari cara-cara berikut ini : Merata. Dalam rasio arbitrary. Dalam rasio modal para sekutu. Bunga diberikan atas modal sekutu, saldonya dibagikan dengan dasar arbitrary yang disetujui.

4 Gaji atau bonus diberikan untuk jasa para sekutu, saldonya dibagikan dengan dasar arbitrary yang disetujui. Bunga diberikan atas modal sekutu, gaji diberikan untuk jasa para sekutu, saldonya dibagikan dengan dasar arbitrary yang disetujui. -Ilustrasi pembagian laba rugi lihat buku (Beams).

5 Pembagian Rugi/Laba dilakukan berdasarkan perjanjian. Perjanjian pembagian rugi/laba dapat berdasarkan: Rasio tertentu Rasio modal mula-mula Rasio modal awal periode Rasio modal akhir periode Rasio modal rata-rata

6 Jika tidak ada perjanjian maka dibagi sama rata. Pembagian rugi/laba juga dapat berdasarkan pemberian bonus, gaji, bunga modal dan sisanya berdasarkan rasio sesuai dengan perjanjian.

7 Persekutuan Luki Lea yang telah dibentuk tanggal 31 Desember 2000 dan pada akhir tahun 2001 telah memperoleh laba bersih sebesar Rp ,- mempunyai buku besar antara lain: Modal LukiTgl KeteranganDebitKreditSaldo2 / 1 ’2001Saldo / 4 ’2001Investasi / 9 ’2001Penarikan kembali Modal

8 Modal LeaTglKeteranganDebitKreditSaldo2 / 1 ‘2001Saldo /11 ‘ Diminta: buat jurnal oleh Firma Luki Lea bila Laba dibagi sesuai rasio modal rata- rata.

9 Tugas 2: Tugas Kelompok Tugas_02.doc pada Folder Tugas_02


Download ppt "Persekutuan Firma (Operasi) Kepentingan Dalam Modal dan Pembagian Laba Kepentingan sekutu dalam firma harus dipisahkan dari hak bagiannya dalam laba perusahaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google