Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Chapter I. Delphi adalah sofware buatan Borland yang sangat populer. Berbeda dengan sofware Windows umumnya, Delphi bukanlah sofware aplikasi seperti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Chapter I. Delphi adalah sofware buatan Borland yang sangat populer. Berbeda dengan sofware Windows umumnya, Delphi bukanlah sofware aplikasi seperti."— Transcript presentasi:

1 Chapter I

2 Delphi adalah sofware buatan Borland yang sangat populer. Berbeda dengan sofware Windows umumnya, Delphi bukanlah sofware aplikasi seperti MS Office atau permainan Game.Delphi adalah sebuah bahasa pemrograman, Development Langunge, aplikasi untuk membuat aplikasi.Delphi digunakan untuk membangun aplikasi Windows, aplikasi grafis, aplikasi visual, bahkan aplikasi jaringan (client/server) dan berbasis Internet.Delphi memiliki lingkungan pemrograman terpadu (IDE, Integrated Development Environment).

3 IDE (Integrated Development Environment) yaitu sebuah lingkungan pengembangan aplikasi yang lengkap dan dapat membantu proses pengembangan sebuah aplikasi menjadi lebih cepat. Pada IDE anda dapat melakukan proses perancangan, kompilasi, debugging, building

4 Dalam Delphi, pekerjaan mengembangkan aplikasi disebut juga sebagai proyek. Satu proyek dapat terdiri dari satu atau beberapa aplikasi. Delphi membagi proyeknya dalam beberapa tugas khusus yang kemudian disimpan dalam file khusus dengan format khusus pula. Ada 3 file utama yang harus diketahui: 1. File Proyek 2. File Unit 3. File Form

5 Proyek disimpan dalam file ber- ekstensi.dpr. File ini berisi informasi tentang proyek, hanya terdapat beberapa baris kode dan anda tidak perlu mengubahnya dalam kondisi normal, cukup menyimpannya.

6 File unit berisi kode program yang harus anda tulis (atau ditulis oleh Delphi). Kode program tersebut adalah deretan komponen yang digunakan dalam pengembangan serta tugas yang harus dilakukan komponen- komponen tersebut.File ini disimpan dengan ekstensi.Pas. Semua kode program yang diperlukan ditulis di dalam file ini memanfaatkan fasilitas Code Editor.File Unit dibagi menjadi dua bagian utama: Interface dan Implementation.

7 Form adalah komponen utama Delphi. File Form berisi informasi tentang form dan komponen di dalamnya.Informasi tersebut diantaranya adalah posisi dan ukuran form serta komponen lain yang digunakan.Anda dapat mengubah file ini untuk mendapatkan hasil tampilan yang berbeda, tetapi sebaiknya tidak dilakukan.Pengaturan komponen sebaiknya dilakukan secara Visual memanfaatkan Form Designer dan Object Inspector.

8  Klik tombol Star di taskbar windows  Pilih All Programs  Pilih Borland Delphi 7.0  Klik Delphi 7.0  Jika berhasil, akan muncul tampilan sebagai berikut:

9 Pada jendela utama terdapat menu-menu (bagian paling atas), toolbar (gambar-gambar kecil pada bagian kiri bawah) yang merupakan langkah cepat (shortcut) dari beberapa menu, dan Component Palette, yaitu gudang komponen yang akan digunakan untuk membuat Aplikasi (sebelah kanan bawah).

10 Fasilitas ini hadir bersama Delphi 6 dan 7, jadi Delphi 5 ke bawah belum memilikinya. Object Treeview menampilkan daftar komponen yang digunakan dalam pengembangan Aplikasi sesuai dengan penempatannya.

11 Object Inspector digunakan untuk mengatur properti dan event suatu komponen. Semua komponen dapat diubah perilakunya menggunakan kehebatan Object Inspector. Akan tetapi anda tidak dapat mengubah langsung properti-properti yang tidak ditampilkan kecuali melalui penulisan kode program.

12 Semua program Windows memiliki form dan form adalah komponen utama dalam pengembangan aplikasi.Form Designer adalah tempat melekatnya komponen yang lain. Artinya, form adalah tempat komponen-komponen lain diletakkan.

13 Code Editor adalah tempat kode program yang diperlukan untuk mengatur tugas program yang ditulis berupa procedura dan function. Code Explorer adalah fasilitas yang membantu penjelajahan kode program menjadi lebih mudah. Code explorer menampilkan semua komponen, unit, konstanta dan variabel yang digunakan dalam aplikasi.

14


Download ppt "Chapter I. Delphi adalah sofware buatan Borland yang sangat populer. Berbeda dengan sofware Windows umumnya, Delphi bukanlah sofware aplikasi seperti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google