Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT) Oleh Wafrotur Rohmah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT) Oleh Wafrotur Rohmah."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT) Oleh Wafrotur Rohmah

2 A. KONSEP DESENTRALISASI PENDIDIKAN Desentralisasi pendidikan adalah pelimpahan wewenang dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk dirancang, mengimplementasi dan nilai menejemen berdasarkan potensi dan karakter khas daerah sendiri dengan tetap merujuk kepada sistem pendidikan nasional. Fiske (1996 : 24) menyatakan bahwa tujuan desentralisasi pendidikan adalah educational improvement, administrative effeciency, financial efficiency, political goals, effect on equity.

3 B. DEFINISI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Bahwa MBS merupakan suatu model desentralisasi dikemukakan deemer dan davis (1996) yakni school based management sebagai suatu model desentralisasi dan kolaborasi dalam pengambilan keputusan pendidikan yang ditujukan untuk pencapaian tujuan pendidikan. SBM dapat dideffenisikan sebagai suatu model desentralisasi dalam bidang pendidikan yang memberikan otonomi untuk merancang, mengimplementasikan, dan mengevaluasi manajemen partisipatif pada tingkat sekolahsesuai standar nasional pendidikan yang didasarkan potensi, prakarsa, dan prioritas agar tumbuh kemandirian sekolah.

4 Pergeseran Pola pendekatan Manajemen UU RI Nomor 22 Tahun 1999 tentang pemerintah Daerah (Otonomi Daerah),diperbaharui dgn UU No 32 th Depdiknas melakukan penyesuaian2 salah satunya melakukan pergeseran pendekatan manajemen, yaitu dr pendekatan manajemen berbasis pusat menjadi manajemen berbasis sekolah.

5 Pergeseran Pola manajemen Pola LamaBerubah kePola MBS SentralistikDesentralisasi SubordinasiOtonomi Pengambilan keputusan terpusat Pengambilan keputusan partisipatif Pendekatan birokratikPendekatan professional Pengorganisasian yang hirarkis Pengorganisasian yang setara MengarahkanMemfasilitasi Dikontrol dan diatur Motivasi diri dan saling mempengaruhi Informasi ada pada yang berwenang Informasi terbagi Menghindari risikoMengelola risiko Menggunakan dana sesuai anggaran sampai habis Menggunakan uang sesuai kebutuhan dan seefisien mungkin.

6 Karakteristik Manajemen Berbasis Sekolah Organisasi Sekolah Proses Belajar mengajar Sumber Daya Manusia Sumber Daya dan Administrasi  Menyediakan manajemen/orga nisasi /kepemimpinan transformasional dalam mencapai tujuan sekolah.  Meningkatkan kualitas belajar siswa.  Memberdayakan staf dan menempatkan personil yang dapat melayani keperluan siswa.  Mengidentifikasi sumber daya yang diperlukan dan mengalokasikan sumber daya tsb sesuai dengan kebutuhan.  Menyusun rencana sekolah dan merumuskan kebijakan untuk sekolahnya sendiri.  Mengembangkan kurikulum yang cocok dan tanggap terhadap kebutuhan siswa dan masyarakat.  Memilih staf yang memiliki wawasan MBS  Mengelola dan sekolah secara efektif dan efisien.

7  Mengelola kegiatan operasional sekolah  Menyelenggaraka n pembelajaran yang efektif.  Menyediakan kegiatan untuk pengembangan profesi pada semua staf.  Menyediakan dukungan administratif.  Menjamin adanya komuniaksi yang efektif antara sekolah dan masyarakat  Menyediakan program pengembangan yang diperlukan siswa.  Menjamin kesejahteraan staf dan siswa.  Mengelola dan memelihara gedung dan sarana prasarana.  Menggerakan partisipasi masyarakat  Berperan serta dalam memotivasi siswa.  Menyelenggaraka n forum/diskusi untuk membahas kemajuan kinerja sekolah.  Menjamin terpeliharanya sekolah yang bertanggungjawa b kepada masyarakat dana pemerintah.

8 C. ESENSI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Esensi dari MBS adalah terjadinya otonomi, pemberdayaan, transparansi, kemandirian, dan fleksibilitas manajemen pada tingkat sekolahagar tujuan pendidikan pada tercapai secara produktif, efektif fan efisiensi. 1.Otonomi3. Kemandirian 2.Pemberdayaan4. Fleksibilitas

9 D. TUJUAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Disdik Provinsi Jawa Barat (2002) mengidentifikasikan tujuan melaksanakan MBS antara lain sebagai berikut : 1.Meningkatkan mutu pendidikan melalui kemandirian dan inisiatif sekolah dalam mengelola dan memberdayakan sumberdaya yang tersedia. 2.Meningkatkan kepedulian warga sekolah dan masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan melalui pengambilan keputusan secara kooperatif. 3.Meningkatkan tanggung jawab sekolah kepada orang tua, masyarakat dan pemerintah tentang mutu pendidikan di sekolah. 4.Meningkatkan kompetensi yang sehat antara sekolah untuk pencapaian pendidikan yang diharapakn.

10 E. PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH MBS dilaksanakan dengan menjalankan prinsip- prinsip berikut : 1.Partisipasi 2.Transparansi 3.Akuntabilitas 4.Profesionalisme 5.Memiliki wawasan kedepan 6.Sharing authory dalam implementasi manajemen

11 F. PELAKSANAAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH Pelaksanaan MBS difokuskan pada dua sasaran kerja yaitu pada manajemen peningkatan mutu sekolah dan pada peningkatan kontribusi masyarakat terhadap pendidikan. 1.Manajemen peningkatan mutu sekolah. a. Otonomi akademik b. Otnomi manajemen kelembagaan 2.Peningkatan kontribusi dan partisipasi masyarakat

12 Quality Assurance


Download ppt "MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (SCHOOL BASED MANAGEMENT) Oleh Wafrotur Rohmah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google