Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PPN 750 KEPEMIMPINAN dalam ORGANISASI Disajikan oleh Margono Slamet Minggu I PENGANTAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PPN 750 KEPEMIMPINAN dalam ORGANISASI Disajikan oleh Margono Slamet Minggu I PENGANTAR."— Transcript presentasi:

1 PPN 750 KEPEMIMPINAN dalam ORGANISASI Disajikan oleh Margono Slamet Minggu I PENGANTAR

2 PENGANTAR KEPEMIMPINAN Kepemimpinan dalam organisasi seperti juga dalam masyarakat, kelompok, gerakan sosial, partai politik, DPR, dll sangat penting untuk memberi arah dan koordinasi agar semua gerakan orang yang ada di dalamnya bisa lebih efisien dan produktif mencapai tujuannya. Kepemimpinan dalam organisasi seperti juga dalam masyarakat, kelompok, gerakan sosial, partai politik, DPR, dll sangat penting untuk memberi arah dan koordinasi agar semua gerakan orang yang ada di dalamnya bisa lebih efisien dan produktif mencapai tujuannya. Peran kepemimpinan dapat di lacak ke belakang sejak jaman prasejarah sampai ke jaman modern ini. Peran kepemimpinan dapat di lacak ke belakang sejak jaman prasejarah sampai ke jaman modern ini. Dapat dibayangkan bagaimana kacaunya dunia ini tanpa adanya peran kepemimpinan. Dapat dibayangkan bagaimana kacaunya dunia ini tanpa adanya peran kepemimpinan.

3 Kepemimpinan mencakup aspek teori dan aspek praktis, tetapi yang akan lebih dibahas adalah aspek teorinya, meskipun di sana-sini akan dibahas juga beberapa kasus praktek dalam kehidupan nyata. Kepemimpinan mencakup aspek teori dan aspek praktis, tetapi yang akan lebih dibahas adalah aspek teorinya, meskipun di sana-sini akan dibahas juga beberapa kasus praktek dalam kehidupan nyata. Dalam kerja penyuluhan secara umum aspek kepemimpinan sangat penting, dan karenanya pengembangan kepemimpinan dalam masyarakat, organisasi dan kelompok sangatlah penting. Dalam kerja penyuluhan secara umum aspek kepemimpinan sangat penting, dan karenanya pengembangan kepemimpinan dalam masyarakat, organisasi dan kelompok sangatlah penting. Tanpa kepemimpinan yang efektif, masyarakat, organisasi dan kelompok itu tak akan efektif dan efisien dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan. Tanpa kepemimpinan yang efektif, masyarakat, organisasi dan kelompok itu tak akan efektif dan efisien dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan.

4 Kebutuhan yang besar saat ini adalah kebutuhan akan pemimpin yang positif,yang membangun, yang memberdayakan, dinamis, kreatif, dan efektif. Kebutuhan yang besar saat ini adalah kebutuhan akan pemimpin yang positif,yang membangun, yang memberdayakan, dinamis, kreatif, dan efektif. Lima karakter yang membuat seorang pemimpin yang hebat berbeda dengan pemimpin yang biasa : Lima karakter yang membuat seorang pemimpin yang hebat berbeda dengan pemimpin yang biasa : (1) Pemikir jangka panjang yang dapat melihat jauh ke depan; (1) Pemikir jangka panjang yang dapat melihat jauh ke depan; (2) Tidak hanya tertarik pada unit yang dipimpinnya, tetapi juga unit-unit lain yang berkaitan dengan unitnya; (2) Tidak hanya tertarik pada unit yang dipimpinnya, tetapi juga unit-unit lain yang berkaitan dengan unitnya; (3) Memberi perhatian besar pada visi, nilai, moral dan motivasi; (3) Memberi perhatian besar pada visi, nilai, moral dan motivasi; (4) Mempunyai kemampuan bermasyarakat; (4) Mempunyai kemampuan bermasyarakat; (5) Tidak mau menerima keadaan yang sama terus- menerus. (5) Tidak mau menerima keadaan yang sama terus- menerus.

5 APA KEPEMIMPINAN ITU? Secara teori kepemimpinan itu dapat diartikan sebagai: Secara teori kepemimpinan itu dapat diartikan sebagai: 1. Kemampuan seseorang mempengaruhi orang lain. 2. Sifat-sifat seseorang yang baik, efektif, efisien, dan produktif yang menjadi contoh dan diteladani orang lain. 3. Perilaku orang yang dinillai baik oleh orang lain dan diikuti oleh orang banyak. Secara teori kepemimpinan itu dapat diartikan sebagai: Secara teori kepemimpinan itu dapat diartikan sebagai: 1. Kemampuan seseorang mempengaruhi orang lain. 2. Sifat-sifat seseorang yang baik, efektif, efisien, dan produktif yang menjadi contoh dan diteladani orang lain. 3. Perilaku orang yang dinillai baik oleh orang lain dan diikuti oleh orang banyak.

6 Bedakan antara PEMIMPIN dan KEPEMIMPINAN. Bedakan antara PEMIMPIN dan KEPEMIMPINAN. PEMIMPIN adalah orangnya sedangkan KEPEMIMPINAN adalah kemampuannya, sifatnya atau perilaku dari orang itu yang dapat mempengaruhi atau diikuti oleh orang lain. PEMIMPIN adalah orangnya sedangkan KEPEMIMPINAN adalah kemampuannya, sifatnya atau perilaku dari orang itu yang dapat mempengaruhi atau diikuti oleh orang lain. “Pemimpin adalah seseorang yang dapat menunjukkan dan mengembangkan aktivitas orang lain dan selalu memberi pengarahan dan latihan”. (Ted Angstrom) “Pemimpin adalah seseorang yang dapat menunjukkan dan mengembangkan aktivitas orang lain dan selalu memberi pengarahan dan latihan”. (Ted Angstrom) “Kepemimpinan adalah suatu disiplin yang dibentuk dalam sebuah kelompok untuk membawa kelompoknya pada tujuan yang menguntungkan dan memenuhi kebutuhan kelompok tersebut”. (John Haggai) “Kepemimpinan adalah suatu disiplin yang dibentuk dalam sebuah kelompok untuk membawa kelompoknya pada tujuan yang menguntungkan dan memenuhi kebutuhan kelompok tersebut”. (John Haggai) “Kepemimpinan adalah memimpin orang lain untuk mengambil langkah efektif”. (Howard Hendricks) “Kepemimpinan adalah memimpin orang lain untuk mengambil langkah efektif”. (Howard Hendricks)

7 “Kepemimpinan adalah : “Kepemimpinan adalah : # Mengetahui apa tindakan berikutnya; # Mengetahui mengapa tindakan itu penting, dan # Mengetahui bagaimana menggunakan sumber-sumber daya yang ada”.(Bob Biehl) “Pemimpin adalah orang yang mengetahui arah, mengikuti arah tersebut, dan menunjukkannya kepada orang lain”.(Bill Newman) “Pemimpin adalah orang yang mengetahui arah, mengikuti arah tersebut, dan menunjukkannya kepada orang lain”.(Bill Newman) Seseorang bisa jadi pemimpin, tetapi tidak semua pemimpin memiliki kepemimpinan. Seseorang bisa jadi pemimpin, tetapi tidak semua pemimpin memiliki kepemimpinan. Kepemimpinan yang dimiliki oleh seseorang juga berbeda kualitas dan efektivitasnya dengan yang dimiliki oleh orang yang lain. Kepemimpinan yang dimiliki oleh seseorang juga berbeda kualitas dan efektivitasnya dengan yang dimiliki oleh orang yang lain. Kepemimpinan itu dapat dipelajari dan dilatih. Kepemimpinan itu dapat dipelajari dan dilatih.

8 Bedakan antara KEPEMIMPINAN dan KEKUASAAN. Bedakan antara KEPEMIMPINAN dan KEKUASAAN. Kepemimpinan – kekuatannya pada pengaruh yang memungkinkan orang lain mengikuti secara sukarela. Kepemimpinan – kekuatannya pada pengaruh yang memungkinkan orang lain mengikuti secara sukarela. Kekuasaan – kekuatannya pada adanya kewenangan (otoritas) yang memaksa orang lain untuk melakukan perintahnya. Kekuasaan – kekuatannya pada adanya kewenangan (otoritas) yang memaksa orang lain untuk melakukan perintahnya. Kepemimpinan dan kekuasaan merupakan kekuatan pengaruh kepada orang lain, bisa kuat, kurang kuat atau lemah. Sumber kekuatannya adalah pada (1) kewenang- an jabatan; (2) pengetahuan; dan (3) kepribadian. Kepemimpinan dan kekuasaan merupakan kekuatan pengaruh kepada orang lain, bisa kuat, kurang kuat atau lemah. Sumber kekuatannya adalah pada (1) kewenang- an jabatan; (2) pengetahuan; dan (3) kepribadian. Definisi tentang Kepemimpinan ada bermacam-macam, carilah sekurang-kurangnya lima definisi lain dari berbagai penulis dan kutiplah.

9 ILMU KEPEMIMPINAN Ilmu atau Pengetahuan Kepemimpinan adalah pengetahuan empiris, yang diperoleh melalui pengalaman nyata orang-orang sebelumnya. Ilmu atau Pengetahuan Kepemimpinan adalah pengetahuan empiris, yang diperoleh melalui pengalaman nyata orang-orang sebelumnya. Pengetahuan Kepemimpinan masih akan terus berkembang selama manusia masih hidup di dunia ini. Pengetahuan Kepemimpinan masih akan terus berkembang selama manusia masih hidup di dunia ini. Kepemimpinan adalah ilmu yang hidup karena diterapkan dan diperlukan oleh (hampir) setiap orang dan setiap saat. Kepemimpinan adalah ilmu yang hidup karena diterapkan dan diperlukan oleh (hampir) setiap orang dan setiap saat. Secara umum ada SEPULUH PILAR KEPEMIMPINAN, yang setiap minggu akan dibahas satu persatu. Secara umum ada SEPULUH PILAR KEPEMIMPINAN, yang setiap minggu akan dibahas satu persatu.


Download ppt "PPN 750 KEPEMIMPINAN dalam ORGANISASI Disajikan oleh Margono Slamet Minggu I PENGANTAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google