Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEMBUAT PROGRAM COM. MODEL PROGRAM COM Bentuk Program yang dianjurkan (ideal) :.MODEL.CODE ORG 100H Label1 : JMP Label2 Label2 : INT 20H END Label1 TEMPAT.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEMBUAT PROGRAM COM. MODEL PROGRAM COM Bentuk Program yang dianjurkan (ideal) :.MODEL.CODE ORG 100H Label1 : JMP Label2 Label2 : INT 20H END Label1 TEMPAT."— Transcript presentasi:

1 MEMBUAT PROGRAM COM

2 MODEL PROGRAM COM Bentuk Program yang dianjurkan (ideal) :.MODEL.CODE ORG 100H Label1 : JMP Label2 Label2 : INT 20H END Label1 TEMPAT DATA PROGRAM TEMPAT PROGRAM

3 .MODEL Tanda directive ini digunakan untuk memberitahukan kepada assembler bentuk memory yang digunakan oleh program. Model-model yang dapat digunakan : –TINY Jika program anda hanya menggunakan 1 segment seperti program COM. Model ini disediakan khusus untuk program COM. –SMALL Jika data dan code yang digunakan oleh program kurang dari ukuran 1 segment atau 64 KB. –MEDIUM Jika data yang digunakan oleh program kurang dari 64 KB tetapi code yang digunakan bisa lebih dari 64 KB.

4 .MODEL –COMPACT Jika data yang digunakan bisa lebih besar dari 64 KB tetapi codenya kurang dari 64 KB. –LARGE Jika data dan code yang dipakai oleh program bisa lebih dari 64 KB. –HUGE Jika data, code maupun array yang digunakan bisa lebih dari 64 KB.

5 .CODE dan ORG 100h.CODE –Tanda directive ini digunakan untuk memberitahukan kepada assembler bahwa kita akan mulai menggunakan Code Segment- nya disini. –Code segment ini digunakan untuk menyimpan program yang nantinya akan dijalankan. ORG 100h –Pada program COM perintah ini akan selalu digunakan. –Perintah ini digunakan untuk memberitahukan assembler supaya program pada saat dijalankan(diload ke memory) ditaruh mulai pada offset ke 100h(256) byte.

6 JMP dan INT 20h JMP –Perintah JMP(JUMP) ini digunakan untuk melompat menuju tempat yang ditunjukkan oleh perintah JUMP. –Adapun syntaxnya adalah: JUMP Tujuan –Tujuan dapat berupa label. INT 20h –Perintah INT adalah suatu perintah untuk menghasilkan suatu interupsi dengan syntax: INT NomorInt –Interupsi 20h berfungsi untuk mengakhiri program dan menyerahkan kendali sepenuhnya kepada Dos.


Download ppt "MEMBUAT PROGRAM COM. MODEL PROGRAM COM Bentuk Program yang dianjurkan (ideal) :.MODEL.CODE ORG 100H Label1 : JMP Label2 Label2 : INT 20H END Label1 TEMPAT."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google