Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

19 Januari 2011. Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "19 Januari 2011. Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual)"— Transcript presentasi:

1 19 Januari 2011

2 Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual) secara digital. Grafika komputer pada dasarnya adalah suatu bidang komputer yang mempelajari cara-cara untuk meningkatkan dan memudahkan komunikasi antara manusia dengan mesin (komputer) dengan jalan membangkitkan, menyimpan, dan memanipulasi gambar model suatu objek menggunakan komputer. Tujuan dari grafika komputer ini adalah untuk memungkinkan manusia berkomunikasi lewat gambar, bagan-bagan, dan diagram.

3 Bentuk sederhana dari grafika komputer adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing), dan pengenalan pola (pattern recognition). Grafika komputer sering dikenal juga dengan istilah visualisasi data. Salah satu bidang grafika komputer yang sangat terkenal adalah Desain Grafis

4 Ada beberapa definisi grafika computer sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan dalam grafika tersebut yaitu :  Komputer digunakan untuk menampilkan dan memanipulasi informasi dalam format bergambar atau grafis, baik visual-display unit (VDU) atau via printer atau plotter.  Manipulasi dan penyajian data bergambar dengan komputer.

5  [ dictionary ] a) Sekumpulan teknologi yang digunakan untuk menciptakan seni (art) dengan komputer. b) Seni atau desain yang diciptakan menggunakan teknologi.  [ science and tecknology encyclopedia ] suatu cabang ilmu komputer yang berhadapan dengan teknik dan teori sintesis gambar (image) komputer.  [ Marketing terms ] gambar (pictures) yang diciptakan dan dimanipulasi melalui penggunaan alat komputer. Misalnya printer laser,mengapa disebut alat grafika komputer?sebab printer tesbut mengijinkan komputer mengeluarkan gambar

6  [ Britannica ] Grafika Komputer adalah penggunaan komputer untuk menghasilkan gambar visual. Pada umumnya, format garfika komputer meliputi GIF, dan JPEG, untuk gambar tunggal, dan MPEG dan Quicktime, untuk gambar multiframe.  [ Encyclopedia ] perpindahan data bergambar ke dalam dan ke luar komputer. Penggunaan teknik-teknik konversi analog-to-digitial, berbagai devices curve tracers, digitizers, dan ligth pens-dikoneksikan keterminal grafis komputer ; program computer-aided design, scanner optis adalah untuk menyimpan data bergambar pada komputer digital.  [ WordNet ] yaitu manipulasi dan penyajian data bergambar menggunakan komputer.  [ Wikipedia ] grafika komputer (CG) adalah bidang dari komputasi visual, dimana penggunaan komputer akan menghasilkan gambar visual secara sintetis dan mengintegritasikan atau mengubah informasi mengenai ruang dan visual yang dicontohkan dari dunia nyata.

7 Bagian dari grafika komputer meliputi:  Geometri: mempelajari cara menggambarkan permukaan bidang  Animasi: mempelajari cara menggambarkan dan memanipulasi gerakan  Rendering: mempelajari algoritma untuk menampilkan efek cahaya  Citra (Imaging): mempelajari cara pengambilan dan penyuntingan gambar.

8 Geometri (dari bahasa Yunani γεωμετρία; geo = bumi, metria = pengukuran) secara harafiah berarti pengukuran tentang bumi, adalah cabang dari matematika yang mempelajari hubungan di dalam ruang. Dari pengalaman, atau mungkin secara intuitif, orang dapat mengetahui ruang dari ciri dasarnya, yang diistilahkan sebagai aksioma dalam geometri.

9 Atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.

10 Rendering dapat diartikan pembentukan gambar yang mengandung model geometris, menggunakan warna dan bayang-bayang untuk memberikan tampilan yang realistis. Citra atau gambar atau bayangan atau imaji (dari Bahasa Inggris image, dan Bahasa Latin imago) adalah benda yang dihasilkan atas upaya manusia dalam mereproduksi kemiripan dari suatu obyek—biasanya obyek-obyek fisik/nyata.

11  Design  Grafik presentasi  Computer art  Pendidikan  Hiburan  Image processing  Graphical User Interface (GUI)

12 Dalam desain grafika komputer digunakan pada Sistem Engineering dan Arsitektur. CAD digunakan untuk pembuatan desain mobil, pesawat terbang, kapal, komputer, tekstil dll. Cth. Program Aplikasi AutoCad, ArchiCad, 3D Studio Max dll.

13 Hasil grafik presentasi biasanya digunakan untuk melengkapi laporan keuangan, data sains, data ekonomi dll. Hasilnya dapat berupa, cetakan, slide dan transparansi Cth.Program Aplikasi : Powerpoint, Microsoft Chart dll.

14 A.Commercial Art Desktop Publising, Advertising, Tekstil, Logo, Iklan, Cover Buku dll. B.Fine Art Pembuatan berbagai macam gambar sesuai gagasan atau imajinasi pelukis.

15  Komputer sebagai alat bantu pendidikan, CAI (Computer Assisted Instruction)  Komputer sebagai alat bantu belajar, CAL (Computer Aided Learning)  Komputer sebagai dasar pendidikan, CBE (Computer Based Instruction / Education)  Komputer sebagai pemberi Instruksi, CMI (Computer Managed Instruction)

16 Aplikasi bidang pengajaran al :  Drill and Practice, Tutorial, Simulasi, Game. Aplikasi selain bidang pengajaran al :  Computer Assisted Testing (ujian berbantuan komputer),  Computer Assisted Guidance (pengarahan berbantuan komputer),  Computer Manage Instruction (komputer digunakan untuk merencanakan pelajaran, evaluasi serta secara langsung memantau prestasi siswa)

17 Hiburan Komputer digunakan untuk menggantikan cara- cara konvensional yang dahulu digunakan dalam bidang bidang berikut ini :  Film  Televisi  Video Musik  Games

18 Adalah teknik untuk memodifikasi atau menginterpretasi gambar yang ada seperti photo dan rangkaian gambar film. Dua prinsip pengolahan Citra : A.Meningkatkan kualitas Gambar B.Memberi presepsi dari informasi visual, seperti robotic

19  Graphical User Inteface adalah antarmuka grafis yang mempermudah interaksi manusia dengan komputer dan alat-alat yang dikendalikan oleh komputer. GUI sudah sering kita lihat berupa window-window yang digunakan pada sistem operasi Windows, Mac, maupun Linux

20  Photo merupakan gambar yang dihasilkan dengan proses capture dari kegiatan nyata. Hasilnya setiap detail akan muncul, misalnya jumlah kumis pada kucing sama.  Gambar adalah proses pembentukan gambar yang dilakukan dengan meniru kegiatan nyata. Hasilnya ada beberapa detail yang tidak dapat ditampilkan. Siapa yang peduli pada jumlah kumis pada kucing pada saat menggambar?

21  Raster Image, adalah gambar yang strukturnya berupa matrik. Dimana setiap titik (x,y) mempunyai nilai berupa warna sesuai dengan model warna yang digunakan seperti RGB atau CYMK. File dengan ekstensi BMP, GIF, TIFF, JPG dan PNG merupakan contoh dari Raster Image. Model gambar semacam ini digunakan dalam Image Processing.  Vector Image, adalah gambar yang strukturnya berupa vektor. Gambar yang dibuat menggunakan AutoCAD atau Maya, atau gambar-gambar pada GIS merupakan contoh dari Vector Image. Model gambar semacam ini digunakan dalam Grafika Komputer dan GIS.


Download ppt "19 Januari 2011. Grafika komputer (Computer graphics) adalah bagian dari ilmu komputer yang berkaitan dengan pembuatan dan manipulasi gambar (visual)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google