Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DALAM BUPENA (Buku Penilaian Autentik).  Diwujudkan dalam 5 langkah Pembelajaran  5 M (Mengamati, Menanya, Mengeksplorasi, Mengasosiasi dan mengkomunikasikan)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DALAM BUPENA (Buku Penilaian Autentik).  Diwujudkan dalam 5 langkah Pembelajaran  5 M (Mengamati, Menanya, Mengeksplorasi, Mengasosiasi dan mengkomunikasikan)"— Transcript presentasi:

1 DALAM BUPENA (Buku Penilaian Autentik)

2  Diwujudkan dalam 5 langkah Pembelajaran  5 M (Mengamati, Menanya, Mengeksplorasi, Mengasosiasi dan mengkomunikasikan)  Masing-masing mata pelajaran mempunyai karakteristik yang berbeda-beda walaupun prosesnya sama  Dapat dilakukan penilaian untuk setiap tahapnya (penilaian autentik)

3 1. Mengamati Dan Menanya  Diawali dengan mengamati gambar/kejadian tertentu dan merumuskan pertanyaan. 2. Mengeksplorasi dan mengasosiasikan  dilakukan dengan kegiatan Praktek, pengumpulan informasi dan penugasan, dilanjutkan dengan diskusi untuk menjawab pertanyaan pengarah  terbentuk konsep 3. Mengkomunikasikan  dilakukan dengan mengumpulkan laporan hasil praktikum atau tugas tertentu dan presentasi hasil

4 Masing-masing tahap 5M dilakukan penilaian dengan  Format penilaian yang sudah disiapkan  Aspek yang dinilai (Sikap, pengetahuan atau ketrampilan) sudah ditentukan  Rubrik penilaian diberikan contoh tetapi guru bisa mengembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan

5 1. Mengamati  diberi contoh teks/ gambar yang relevan 2. Menanya  diminta menjawab dan membuat pertanyaan terhadap teks yang disajikan 3. Mengeksplorasi, mengasosiasikan dan Mengkomunikasikan  mendalami, menganalisis dan menghasilkan sesuatu.

6 Masing-masing tahap 5M dilakukan penilaian dengan  Contoh Format penilaian yang sudah disiapkan didalam lampiran  Untuk beberapa tahap diberi format penilaian khusus dengan Aspek yang dinilai (Sikap, pengetahuan atau ketrampilan) sudah ditentukan  Rubrik penilaian diberikan contoh tetapi guru bisa mengembangkan sendiri sesuai dengan kebutuhan

7 1. Mengamati dan Menanya  Disajikan beberapa kejadian yang berkaitan dengan topik matematika dalam kehidupan sehari-hari  Kemudian dirumuskan pertanyaan yang merupakan masalah yang akan dibahas 2. Mengeksplorasi, mengasosiasikan, mengkomunikasikan  dengan mengerjakan soal- soal pada tingkat level yang berbeda-beda

8 Penilaian Autentik dilakukan dengan:  memberi skor jawaban yang dikerjakan  Skor yang diperoleh menggambarkan nilai pada aspek yang sudah ditentukan (sikap, pengetahuan atau ketrampilan)


Download ppt "DALAM BUPENA (Buku Penilaian Autentik).  Diwujudkan dalam 5 langkah Pembelajaran  5 M (Mengamati, Menanya, Mengeksplorasi, Mengasosiasi dan mengkomunikasikan)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google