Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Negosiasi - Materi Kuliah1 NEGOSIASI Oleh : Drs. A. Wahyurudhanto, M.Si.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Negosiasi - Materi Kuliah1 NEGOSIASI Oleh : Drs. A. Wahyurudhanto, M.Si."— Transcript presentasi:

1 Negosiasi - Materi Kuliah1 NEGOSIASI Oleh : Drs. A. Wahyurudhanto, M.Si

2 Negosiasi - Materi Kuliah2 Apa itu Negoisasi : Negosiasi adalah suatu metoda untuk mencapai perjanjian dengan unsur- unsur kooperatif maupun kompetitif. (Alan N. Schoonmaker, 1989) Negosiasi adalah suatu metoda untuk mencapai perjanjian dengan unsur- unsur kooperatif maupun kompetitif. (Alan N. Schoonmaker, 1989) Metoda: ada serangkaian langkah yang harus diikuti dengan cara tertentu, menurut urut-urutan tertentu. Metoda: ada serangkaian langkah yang harus diikuti dengan cara tertentu, menurut urut-urutan tertentu. Kooperatif: Ada keinginan kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima bersama. Kooperatif: Ada keinginan kedua belah pihak untuk mencapai kesepakatan yang dapat diterima bersama. Kompetitif: ada keinginan kedua belah pihak untuk mencapai hasil terbaik bagi mereka sendiri. Kompetitif: ada keinginan kedua belah pihak untuk mencapai hasil terbaik bagi mereka sendiri.

3 Negosiasi - Materi Kuliah3 Fase Negosiasi DEFINISIKAN PERSOALAN TENTUKAN SASARAN ANALISIS SITUASI RENCANAKAN STRATEGI TERAPKAN STRATEGI LANJUTKAN ANALISIS SIMPULKAN TERAPKAN KESEPAKATAN KEMBANGKAN KEAHLIAN RENCANAKAN PERSIAPANNEGOSIASIPENINJAUAN

4 Negosiasi - Materi Kuliah4 Tujuh Elemen Negosiasi (The Harvard Negotiation Project) 1.Hubungan 2.Komunikasi 3.Kepentingan 4.Pilihan –pilihan 5.Standar 6.Alternatif 7.Komitmen

5 Negosiasi - Materi Kuliah5 1. Hubungan Hubungan apa yang terjalin antar masing- masing pihak? Hubungan apa yang terjalin antar masing- masing pihak? Faktor apa yang menyebabkan terjadinya hubungan tersebut? Faktor apa yang menyebabkan terjadinya hubungan tersebut? Faktor-faktor apa yang turut andil dalam membuat status quo berkelanjutan? Faktor-faktor apa yang turut andil dalam membuat status quo berkelanjutan? Faktor-faktor apa yang bisa memberikan kontribusi terhadap perubahan positif atau negatif dalam status quo? Faktor-faktor apa yang bisa memberikan kontribusi terhadap perubahan positif atau negatif dalam status quo?

6 Negosiasi - Materi Kuliah6 2. Komunikasi Bagaimanakah kualitas komunikasi yang telah berlangsung dan sedang berlangsung antar masing-masing pihak? Bagaimanakah kualitas komunikasi yang telah berlangsung dan sedang berlangsung antar masing-masing pihak? Cara komunikasi seperti apa yang diterapkan (Contoh: tatap muka, tertulis, internet, atau kehadiran pihak penengah). Cara komunikasi seperti apa yang diterapkan (Contoh: tatap muka, tertulis, internet, atau kehadiran pihak penengah). Apakah akibat dari cara berkomunikasi tersebut? Apakah akibat dari cara berkomunikasi tersebut? Kesempatan apa yang ada untuk memperbaiki komunikasi? Kesempatan apa yang ada untuk memperbaiki komunikasi?

7 Negosiasi - Materi Kuliah7 3. Kepentingan Apa saja kebutuhan, perhatian, tujuan, harapan, dan ketakutan yangv memotivasi masing-masing pihak? Apa saja kebutuhan, perhatian, tujuan, harapan, dan ketakutan yangv memotivasi masing-masing pihak? Apakah masing-masing pihak memiliki kepentingan yang sama? Apakah masing-masing pihak memiliki kepentingan yang sama? Kepentingan-kepentingan apa yang saling bertentangan? Kepentingan-kepentingan apa yang saling bertentangan? Bagaimana kepentingan yang bertentangan tersebut dapat direvisi? Bagaimana kepentingan yang bertentangan tersebut dapat direvisi?

8 Negosiasi - Materi Kuliah8 4. Pilihan-pilihan Bagaimana masing-masing pihak meren- canakan untuk memenuhi kepentingan mereka? Bagaimana masing-masing pihak meren- canakan untuk memenuhi kepentingan mereka? Pilihan terbaik apa yang dapat mencapai kepentingan kunci dari masing-masing pihak? Pilihan terbaik apa yang dapat mencapai kepentingan kunci dari masing-masing pihak? Bagaimana pilihan tersebut diperbaiki? Bagaimana pilihan tersebut diperbaiki? Dinamika apa yang dapat memfasilitasi/ menghambat kemampuan masing-masing pihak untuk mengakui dan membahas pilihan- pilihan yang ada? Dinamika apa yang dapat memfasilitasi/ menghambat kemampuan masing-masing pihak untuk mengakui dan membahas pilihan- pilihan yang ada?

9 Negosiasi - Materi Kuliah9 5. Standar Kriteria apakah yang dapat diterapkan oleh masing-masing pihak untuk melegitimasi pandangan mereka? Kriteria apakah yang dapat diterapkan oleh masing-masing pihak untuk melegitimasi pandangan mereka? Kriteria apakah yang dimiliki oleh kedua belah pihak? Kriteria apakah yang dimiliki oleh kedua belah pihak? Apakah ada kriteria yang sebaiknya diterapkan, namun pada kenyataannya diabaikan? Apakah ada kriteria yang sebaiknya diterapkan, namun pada kenyataannya diabaikan? Apakah ada kriteria yang diterapkan, namun sebaiknya dihindari? Apakah ada kriteria yang diterapkan, namun sebaiknya dihindari?

10 Negosiasi - Materi Kuliah10 6. Alternatif Apabila negosiasi di antara kedua belah pihak sudah ditinggalkan, solusi alternatif apa yang masih dapat dilakukan oleh masing-masing pihak? (BATNA = Best Alternative to a Negotiated Agreement) Apabila negosiasi di antara kedua belah pihak sudah ditinggalkan, solusi alternatif apa yang masih dapat dilakukan oleh masing-masing pihak? (BATNA = Best Alternative to a Negotiated Agreement) Jika negosiasi di antara kedua belah pihak ditinggalkan, hal terburuk apa yang bisa terjadi? (WATNA = Worst Alternative to a Negotiated Agreement) Jika negosiasi di antara kedua belah pihak ditinggalkan, hal terburuk apa yang bisa terjadi? (WATNA = Worst Alternative to a Negotiated Agreement)

11 Negosiasi - Materi Kuliah11 7. Komitmen Adakah janji yang dilakukan oleh masing- masing pihak untuk : Adakah janji yang dilakukan oleh masing- masing pihak untuk : a. Mengajak pihak lain untuk terlibat dalam kesepakatan. b. Meyakinkan kedua belah pihak bahwa biaya resolusi konflik jauh lebih sedikit dari pada konflik itu sendiri. Apakah yang diperlukan untuk memenuhi janji-janji yang telah ditawarkan? Apakah yang diperlukan untuk memenuhi janji-janji yang telah ditawarkan? Janji-janji apa saja yang diharapkan atau dibutuhkan dari kedua belah pihak? Janji-janji apa saja yang diharapkan atau dibutuhkan dari kedua belah pihak?

12 Negosiasi - Materi Kuliah12 Tips bagi Negosiator : 1.Mempersiapkan diri dari segi mental. 2.Mengatur waktu (agar tak terdesak). 3.Bisa menjadi pendengar yang baik. 4.Sadar untuk menghindar dari kancah “perang”. 5.Mampu melihat pihak lain sebagai “musuh”, tetapi juga bisa berpikir positif pada pihak lain. 6.Siap untuk mengalah, namun mampu berpikir kapan harus mengalah. 7.Kalau dimungkinkan, sebelumnya membina hubungan baik dengan pihak lawan. 8.Mengenal lebih jauh kondisi “lawan”.

13 Negosiasi - Materi Kuliah13


Download ppt "Negosiasi - Materi Kuliah1 NEGOSIASI Oleh : Drs. A. Wahyurudhanto, M.Si."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google