Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGATURAN PASAR : INFORMASI DAN KETIDAKPASTIAN MINGGU KE - 4.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGATURAN PASAR : INFORMASI DAN KETIDAKPASTIAN MINGGU KE - 4."— Transcript presentasi:

1 PENGATURAN PASAR : INFORMASI DAN KETIDAKPASTIAN MINGGU KE - 4

2 PENGATURAN PASAR INFORMASI DAN KETIDAKPASTIAN Dampak pencemaran SDA dan lingkungan, yang menimbulkan biaya, yaitu : 1.Menurunkan kuantitas SDA dan lingkungan sebagai penyedia bahan baku 2.Menurunkan kualitas SDA dan lingkungan sebagai fungsi dasar ekologis 3.Menimbulkan ketidaknyamanan pada manusia 4.Memberikan dampak yang buruk kepada kesehatan dan produktivitas.

3 LANJUTAN,… Biaya pencegahan polusi adalah biaya yang dikeluarkan baik oleh perusahaan atau perorangan dan atau pemerintah untuk mencegah sebagaian atau keseluruhan polusi.

4 Analisis biaya – keuntungan / manfaat Analisis biaya – keuntungan atau manfaat adalah proses yang sistematis untuk menghitung dan membandingkan manfaat dan biaya dari proyek, keputusan atau kebijakan pemerintah. Digunakan  untuk mengatasi layak atau tidaknya pengambilan suatu jenis sumber daya alam, misalnya pertambangan di hutan lindung atas dasar berbagai teknik penambangan

5 Lanjutan … Walupun demikian harus diperhatikan hal –hal berikut : 1.Dalam keadaan yang sesungguhnya seringkali kenyataan ditemui berbeda dengan rencana yang dibuat berdasarkan suatu ramalan. 2.Memperluas pengertian mengenai biaya dan manfaat tambahan 3.Menyatakan besarnya manfaat dan biaya dalam nilai uang tertentu.

6 Aturan keputusan Proses pengambilan keputusan yang terdiri dari 5 tahap yaitu : 1)Menganalisis keinginan dan kebutuhan 2)Pencarian informasi 3)Penilaian dan pemilihan alternative 4)Keputusan untuk membeli 5)Perilaku sesudah pembelian

7 INFORMASI DAN KETIDAKPASTIAN PASAR Informasi pasar adalah kumpulan data hal-hal, kejadian, transaksi di perekonomian pasar yang sudah di kelompokan dan memiliki nilai dan makna bagi perusahan untuk dapat melakukanbisnis. Mengukur keuntungan Salah satu alat analisis dalam memilih bagaimana agar sumber daya alam yang tersedia dapat menciptakan hasil yang optimal, adalah apa yang disebut analisis manfaat biaya (benefit cost analysis). Pada prinsipnya analisis ini mencoba menghitung keuntungan/manfaat yang akan diperoleh dan biaya kerugian yang akan ditanggung sebagai akibat pengembangan suatu sumber daya alam. Selisih antara manfaat dan biaya tersebut disebut manfaat bersih (net benefit)

8 Menaksir biaya Perhitungan biaya penggunaan modal adalah penting berdasar tiga alasan berikut: 1.Maksimisasi nilai perusahaan mengharuskan biaya- biaya (termasuk biaya modal) diminimumkan. 2.Capital budgeting memerlukan estimasi tentang biaya modal. 3.Keputusan lain juga memerlukan estimasi biaya modal, misal leasing, modal kerja.

9 TERIMA KASIH


Download ppt "PENGATURAN PASAR : INFORMASI DAN KETIDAKPASTIAN MINGGU KE - 4."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google