Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

©2000 Prentice Hall 6 Katagori Produk Baru ä Produk baru bagi dunia : produk baru yang menciptakan suatu pasar yang sama sekali baru ä Lini produk baru.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "©2000 Prentice Hall 6 Katagori Produk Baru ä Produk baru bagi dunia : produk baru yang menciptakan suatu pasar yang sama sekali baru ä Lini produk baru."— Transcript presentasi:

1

2 ©2000 Prentice Hall 6 Katagori Produk Baru ä Produk baru bagi dunia : produk baru yang menciptakan suatu pasar yang sama sekali baru ä Lini produk baru : produk baru yang memungkinkan perusahaan memasuki pasar yang telah mapan untuk pertama kalinya ä Tambahan lini produk yang telah ada : produk-produk baru yang melengkapi suatu lini produk perusahaan yang telah mantap (misalnya : ukuran, kemasan dan rasa)

3 ©2000 Prentice Hall 6 Katagori Produk Baru ä Perbaikan dan revisi produk yang telah ada : produk baru yang memberikan kinerja yang lebih baik atau nilai yang dianggap lebih hebat dan menggantikan produk yang telah ada ä Penentuan kembali posisi : produk yang telah ada diarahkan ke pasar atau segmen pasar baru ä Pengurangan biaya : produk baru yang menyediakan kinerja serupa dengan harga yang lebih murah

4 ©2000 Prentice Hall Mengapa Produk Baru Gagal ä Eksekutif level tinggi mungkin memaksakan gagasan favoritnya walaupun hasil riset pasar negatif ä Perkiraan ukuran pasar yang berlebihan ä Produk tidak dirancang dgn baik ä Produk diposisikan secara keliru di pasar, tidak diiklankan secara efektif, atau terlalu mahal ä Biaya pengembangan yang lebih tinggi dari pada yang diperkirakan ä Pesaing membalas lebih gencar dari pada yg diperkirakan

5 ©2000 Prentice Hall Faktor-faktor yg Menghambat Pengembangan Produk Baru ä Kekurangan gagasan mengenai produk baru yg penting dalam bidang tertentu : mungkin hanya ditemukan sedikit cara untuk memperbaiki beberapa produk dasar ä Pasar yang terbagi-bagi : perusahaan harus mengarahkan produk baru mereka ke segmen pasar yg lebih kecil, sehingga penjualan dan laba lebih rendah terhadap seyiap produk ä Kendala sosial dan pemerintah : Produk baru hrs memenuhi kriteria seperti keamanan konsumen dan keseimbangan lingkungan. Persyaratan pemerintah telah menghambat suatu industri

6 ©2000 Prentice Hall Faktor-faktor yg Menghambat Pengembangan Produk Baru ä Mahalnya proses pengembangan produk baru : Perusahaan sering menghadapi biaya Litbang, pemasaran yg tinggi ä Kekurangan modal : Perusahaan yg memiliki gagasan yg baik tidak dpt mengumpulkan dana yg diperlukan untuk melakukan riset dan meluncurkan produk baru ä Waktu pengembangan yg lebih singkat : perusahaan yg tidak dpt mengembangkan produk baru secara cepat akan berada dipihak yg tidak memiliki keunggulan

7 ©2000 Prentice Hall Faktor-faktor yg Menghambat Pengembangan Produk Baru ä Siklus hidup produk yg lebih singkat : ketika suatu produk baru berhasil, pesaing dgn cepat akan meniru. ä Soni menikmati tenggang waktu tiga tahun untuk produk barunya sebelum pesaing berhasil meniru. Sekarang Matsusita dan pesaing lainnya akan meniru dalam waktu 6 bulan.

8 ©2000 Prentice Hall Proses Perencanaan Produk Baru LahirnyaGagasanPengembanganPengujianKonsep PengembanganStrategiPemasaran PenyaringanGagasan AnalisisBisnis PengembanganProduk PengujianPasar Komersialisasi

9 ©2000 Prentice Hall Lahirnya Gagasan Gagasan produk baru bisa berasal dari : ä Pelanggan : perusahaan dpt belajar banyak dari pemakai utamanya ä Pegawai : budaya perusahaan yg mendorong tiap pegawai mencari cara- cara baru untuk memperbaiki produksi ä Pesaing : meneliti produk dan pelayanan pesaingnya ä Manajemen puncak : sumber utama gagasan produk baru

10 ©2000 Prentice Hall Lahirnya Gagasan ä Metode untuk melahirkan gagasan ä Pencarian ä Pemantauan beberapa sumber informasi ä Pelayanan pencarian komersial ä Riset pemasaran ä Fokus Group Discussion(FGD) ä Pengembangan internal dan eksternal ä Laboratorium riset internal ä Laboratorium rieset eksternal ä Aliansi Strategis

11 ©2000 Prentice Hall Penyaringan Gagasan  Manajer gagasan  Perusahaan harus memotivasi pegawainya supaya memberikan gagasan-gagasan mereka ke seorang manajer gagasan yang nama dan no.telpnya disebarluaskan.  Komite gagasan  Gagasan itu harus ditulis dan ditelaah tiap minggu oleh komite gagasan yg menyortir gagasan tersebut menjadi 3 kelompok (gagasan menjanjikan, pas-pasan dan ditolak)

12 ©2000 Prentice Hall Penyaringan Gagasan  Dua jenis kesalahan yg harus dihindari  Kesalahan buang (DROP-error) : terjadi ketika perusahaan membuang gagasan yang sebenarnya baik.  Kesalahan jalan (GO-error) : terjadi ketika perusahaan mengijinkan suatu gagasan yg buruk dilanjutkan ke tahap pengembangan dan komersialisasi.

13 ©2000 Prentice Hall Probabilitas Kesuksesan Probabilitaspenyelesaianteknis Probabilitaskeberhasilankeseluruhan = ProbabilitaskomersialisasiberdasarkanPenyelesaian Teknis yg ada X ProbabilitaskeberhasilanekonomiskomersialisasitertentuX

14 ©2000 Prentice Hall Pengembangan dan Pengujian Konsep ä Gagasan produk : produk yang mungkin dapat ditawarkan oleh perusahaan ke pasar ä Konsep produk : versi terinci dari suatu gagasan yg dinyatakan dalam istilah-istilah yg berarti bagi konsumen

15 ©2000 Prentice Hall Pengembangan dan Pengujian Konsep Pengembangan konsep Konsep katagori : Konsep 1 : minuman instan untuk sarapan pagi bagi orang dewasa yg menginginkan sarapan bergizi secara cepat tanpa perlu menyiapkan nasi putih Konsep 2 : Minuman ringan yg lezat untuk anak- anak sebagai penyegar di siang hari Konsep 3 : Pelengkap kesehatan untuk orang lanjut usia saat larut malam sebelum mereka tidur

16 ©2000 Prentice Hall Penentuan Posisi Merek dan Produk

17 ©2000 Prentice Hall Pengujian Konsep ä Prototipe Fisik ä Prototipe yang cepat melalui program komputer perusahaan dapat merancang berbagai produk laternatif. ä Realitas semu (Virtual reality) menggunakan komputer dan alat-alat sensor untuk menstimuli kenyataan (tata letak toko, posisi produk)

18 ©2000 Prentice Hall Analisis Gabungan (Conjoint Analysis) Pengembangan Alat Baru Pembersih Karpet Misalkan: Terdapat 5 elemen disain ä Tiga disain paket (A, B dan C) ä Tiga nama merek (K2R, Glory, Bissel) ä Tiga harga ($1,19; $1,39; $1,59) ä Kemungkinan pemberian cap”perawatan rumah yg baik” (ya, tidak) ä Kemungkinan garansi pengembalian uang (ya, tidak)

19 ©2000 Prentice Hall Conjoint Analysis Merek -- Utility | | | K2R Glory Bissell Harga Eceran Utility | | | $1.19 $1.39 $1.59 Cap Perawatan yg Baik? Utility | No Yes Utility Garansi PengemBalian Uang? | No Yes Utili ty ABC Rancangan paket 0 1.0

20 ©2000 Prentice Hall Pengujian Pasar Barang ä Penelitian Gelombang Penjualan Konsumen mencoba produk secara gratis, ditawari kembali dgn harga sedikit diturunkan (ditawari 3-5 kali), kemudian perusahaan mencatat berapa banyak memilih produk itu lagi dan bagaimana tingkat kepuasannya.

21 ©2000 Prentice Hall Pengujian Pasar Barang ä Pengujian pasar dengan simulasi pembeli ditanyakan preferensi dan pengenalan mereka thd suatu katagori produk tertentu, diundang menyaksikan iklan TV, ditayangkan suatu produk baru. Konsumen dibawa ke toko, diamati berapa banyak konsumen membeli merek baru dan pesaing. Konsumen ditanyai alasan membeli dan tidak produk baru. Mereka yg tidak membeli diberikan sampel gratis, seminggu kemudian ditanyakan kembali sikap thd produk tsb.

22 ©2000 Prentice Hall Pengujian Pasar Barang ä Uji Pemasaran Terkendali Menentukan jumlah toko dan lokasi geografisnya, mengatur penempatan produk di rak, jumlah tampilan dan harganya. Hasil penjualanny dapat diukur dari hasil scanner electronik di kasir.

23 ©2000 Prentice Hall Pengujian Pasar Barang Uji Pasar ä Berapa banyak kota yang diuji? Semakin banyak kota yang digunakan semakin banyak biayanya, biasanya 2-4 kota ä Kota yang mana? liputan media yg baik, rangkaian toko yg kooperatif, kegiatan yg secara rata-rata bersaing ä Lama pengujian? periode hrs disingkat jika pesaing menyerbu pasar ä Business-Goods Market Testing

24 ©2000 Prentice Hall Pengujian Pasar Barang ä Informasi apa? -Audit toko akan menunjukkan penjualan eceran aktual dan pangsa pasar pesaing -Survey pembeli akan menghasilkan informasi pelanggan ttg sikap, pemakaian dan kepuasan pelanggan ä Tindakan apa yang dilakukan? Jika uji pasar menghasilkantingkat pembelian yg tinggi, maka produk harus diluncurkan, jika sebaliknya produk harus dirancang ulang.

25 ©2000 Prentice Hall Analisis Bisnis ä Memperkirakan penjualan total : penjumlahan prakiraan penjualan pertama (cincin kawin), prakiraan penjualan pengganti (mobil), dan prakiraan penjualan berulang (sabun).

26 ©2000 Prentice Hall Gambar : Siklus hidup produk untuk tiga jenis produk Analisis Bisnis

27 ©2000 Prentice Hall Analisis Bisnis ä Tugas utama manajer : ä Untuk memperkirakan penjualan pengganti manajemen harus meneliti distribusi umur hidup produk tsb (unit yg gagal dalam tahun I, II, III dst). ä Untuk produk baru yg sering dibeli, harus memperkirakan penjualan berulang maupun penjualan pertama. ä Tingkat pembelian berulang tinggi berarti konsumen puas

28 ©2000 Prentice Hall KomersialisasiKomersialisasi When Where Whom Product Price Place Promotion

29 ©2000 Prentice Hall Komersialisasi Kapan (penentuan waktu) 1. Masuk pertama : menguasai distributor, pelanggan penting dan sebagai pemimpin pasar 2. Masuk bersamaan : masuknya sama-sama dengan pesaing 3. Masuk terlambat : menunda peluncuran sampai pesaing masuk

30 ©2000 Prentice Hall Komersialisasi Dimana (Strategi geografis) : ä Peluncuran produk baru di satu lingkungan lokal, satu wilayah, beberapa daerah, pasar nasional atau pasar internasional Kepada siapa (strategi pasar sasaran) : ä Ke kelompok prospek (calon pembeli yg terbaik) : penerima awal, pemakai utama, pemimpin opini dan dpt dicapai dengan biaya rendah

31 ©2000 Prentice Hall Komersialisasi Bagaimana (strategi perkenalan pasar) : ä perkenalkan produk barunya ke pasar pemunculan perdana ä Untuk mengkoordinasikan kegiatan yg berkaitan dg peluncuran suatu produk baru dpt menggunakan teknik perencanaan jaringan yaitu penjadwalan jalur kritis

32 ©2000 Prentice Hall Proses Penerimaan Konsumen (PPK) ä PPK : bagaimana pelanggan potensial mempelajari produk baru, mencobanya, serta menerima atau menolaknya ä Tahap-tahap dalam proses penerimaan ä Kesadaran : konsumen menyadari adanya inovasi tersebut tapi masih kekurangan informasi mengenai hal tersebut. ä Minat : Konsumen terdorong untuk mencari informasi mengenai inovasi tersebut

33 ©2000 Prentice Hall Proses Penerimaan Konsumen (PPK) ä Evaluasi : Konsumen mempertimbangkan untuk mencoba inovasi tersebut ä Percobaan : konsumen mencoba inovasi tersebut untuk memperbaiki perkiraannya atas nilai inovasi tersebut ä Penerimaan : konsumen memutuskan untuk menggunakan inovasi tersebut sepenuhnya dan secara teratur

34 ©2000 Prentice Hall Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Penerimaan 1. Kesiapan Orang-orang untuk mencoba produk baru sangat berbeda ä Inovator : bersifat petualang, bersedia mencoba gagasan baru yg beresiko ä Penerima awal : pemimpin opini di masyarakat, menerima gagasan baru tetapi dgn hati-hati ä Majoritas awal : menerima gagasan baru sebelum kebanyakan orang

35 ©2000 Prentice Hall Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Penerimaan ä Mayoritas akhir : bersikap ragu, mereka memakai inovasi tersebut setelah banyak orang mencobanya ä Penunda (Laggard) : terikat pada tradisi, curiga terhadap perubahan, menerima inovasi tsb jika sesuai dengan tradisi

36 ©2000 Prentice Hall Pengkatagorian Penerima Berdasarkan Waktu Relatif Penerima Inovasi Pengkatagorian Penerima Berdasarkan Waktu Relatif Penerima Inovasi

37 ©2000 Prentice Hall Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Penerimaan 1.Pengaruh pribadi lebih berperan dalam penerimaan produk baru 2.Karakteristik inovasi mempengaruhi penerimaan ä Keunggulan relatif : PC diyakini lebih unggul dari pada manual, maka PC semakin cepat diterima ä Kesesuaian : PC sangat sesuai dgn gaya hidup menengah keatas

38 ©2000 Prentice Hall Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Penerimaan 3.Karakteristik inovasi mempengaruhi penerimaan ä Kerumitan : PC rumit shg perlu waktu lama untuk masuk ke rumah tangga ä Kemampuan untuk dibagi-bagi : inovasi dpt dicoba secara terbatas, tersedianya penyewaan komputer pribadi dgn pilihan untuk membeli akan meningkatkan penerimaan ä Kemampuan berkomunikasi : manfaat yg diperoleh dari penggunaan inovasi dpt dijelaskan kepada orang lain

39 ©2000 Prentice Hall Faktor-faktor yang Mempengaruhi Proses Penerimaan 4. Organisasi juga berbeda dalam kesiapan untuk menerima inovasi ä Produsen peralatan kedokteran baru ingin mengetahui berbagai rumah sakit yang innovatif ä Pencipta metode pengajaran baru ingin mengidentifikasi sekolah- sekolah yang inovatif.


Download ppt "©2000 Prentice Hall 6 Katagori Produk Baru ä Produk baru bagi dunia : produk baru yang menciptakan suatu pasar yang sama sekali baru ä Lini produk baru."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google