Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Rene Descartes 1596 - 1650 Descartes dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa Latin, merupakan seorang fillsuf dan matematikawan Perancis.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Rene Descartes 1596 - 1650 Descartes dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa Latin, merupakan seorang fillsuf dan matematikawan Perancis."— Transcript presentasi:

1 Rene Descartes Descartes dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa Latin, merupakan seorang fillsuf dan matematikawan Perancis. Beliau mempersembahkan sumbangan yang penting yaitu penemuannya tentang geometri analitis, yang akhirnya dkenal sebagai pencipta “Sistem koordinat Cartesius”, yang memengaruhi perkembangan kalkulus modern dan menyediakan jalan buat Newton menemukan Kalkulus. Beliau memberikan kontribusi yang besar dalam kemajuan di bidang matematika, sehingga dipanggil sebagai "Bapak Matematika Modern". Descartes hendak mencari pengetahuan apa yang tidak dapat diragukan yang akhirnya mengantarkan pada premisnya Cogito Ergo Sum yang artinya “aku berpikir maka aku ada”.

2 Hikmah yang dapat dipetik antara lain: 1. Keyakinan yang sempurna dan mutlak terhadap keberadaan adanya Tuhan, dan semua obyek di dunia ini adalah ciptaan Tuhan. 2. Tidak mudah puas terhadap sesuatu yang sudah didapatkan, sehingga terus berfikir melakukan inovasi untuk menemukan sesuatu yang baru. 3. Manusia diciptakan oleh Tuhan dengan bentuk yang sempurna, oleh karena itu manusia harus menggunakan akal dan pikirannya untuk memanfaatkan lingkungan dengan sebaik-baiknya. 4. Saling membantu dan kerja sama sesama manusia agar terjadi interaksi yang positif dalam melakukan aktifitas dan belajar.

3

4 Titik A berjarak 5 satuan dari sumbu x dan berjarak -6 satuan dari sumbu y. Sehingga koordinat titik A(-6,5) Titik B berjarak 6 satuan dari sumbu x dan berjarak 6 satuan dari sumbu y. Sehingga koordinat titik B(6,6) Titik C berjarak -6 satuan dari sumbu x dan berjarak -5 satuan dari sumbu y. Sehingga koordinat titik C(-5,-6) Titik D berjarak -4 satuan dari sumbu x dan berjarak 3 satuan dari sumbu y. Sehingga koordinat titik D(3,-4)

5

6 Sumbu-x dan sumbu-y membagi bidang koordinat kartesius menjadi 4 kuadran. Yaitu: Kuadran I : koordinat-x positif dan koordinat-y positif Kuadran II : koordinat-x negatif dan koordinat-y positif Kuadran III : koordinat-x negatif dan koordinat-y negatif Kuadran IV : koordinat-x positif dan koordinat-y negatif

7 Koordinat titik A (3,9) Koordinat titik B (3,3) Koordinat titik C (6,3) Panjang alas segitiga 3 satuan Tinggi segitiga 7 satuan. Luas segitiga = (3 x7):2 =10,5

8 Soal latihan 1. ABCD merupakan persegi yang terletak pada koordinat kartesius. buatlah masing-masing titik koordinat dari titik A, B, C dan D Agar terbentuk persegi dengan luas : a.16 satuan luas b.25 satuan luas 2. PQRS merupakan persegi panjang yang terletak pada koordinat kartesius. buatlah masing-masing titik koordinat dari titik P, Q, R dan S Agar terbentuk persegi panjang dengan keliling : a.6 satuan b.10 satuan 3. Lukis jajargenjang TUVW pada sebuah koordinat kartesius. sehingga jajargenjang TUVW memiliki luas: a.7 satuan luas b.8 satuan luas 4. Lukis trapesium siku-siku pada koordinat kartesius dengan luas 8 satuan luas

9 Tentukan luas dari trapesium berikut!

10


Download ppt "Rene Descartes 1596 - 1650 Descartes dikenal sebagai Renatus Cartesius dalam literatur berbahasa Latin, merupakan seorang fillsuf dan matematikawan Perancis."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google