Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

METODE PENELITIAN DI BIDANG TEKNIK INFORMATIKA Gita Indah Marthasari.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "METODE PENELITIAN DI BIDANG TEKNIK INFORMATIKA Gita Indah Marthasari."— Transcript presentasi:

1 METODE PENELITIAN DI BIDANG TEKNIK INFORMATIKA Gita Indah Marthasari

2 Tujuan  Mengetahui area penelitian bidang teknik informatika  Mengetahui jenis-jenis metode penelitian di bidang teknik informatika 2

3 Penelitian  Tujuan : menciptakan ilmu pengetahuan baru atau menerapkan teknologi untuk memecahkan suatu masalah  Menggunakan pendekatan ilmiah  metode ilmiah  Metodologi : langkah langkah/tahapan perencanaan dengan bantuan beberapa metode, teknik, alat (tools) dan dokumentasi dengan tujuan untuk membantu peneliti dalam meminimalkan resiko kegagalan dan menekankan pada proses/sasaran penelitian di bidang CS/IS/IT 3

4 Apa saja bidang riset yang tersedia? 4

5 (lanjutan)  Spektrum sangat beragam :  teoritis dan algoritmis  sangat terapan seperti pengembangan robotika dan sistem cerdas  Fokus pada teori dan algoritma :  Untuk proses perancangan dan implementasi perangkat lunak  Untuk proses dan perancangan sistem perangkat keras serta komponennya  Sebagai model matematis dalam menyelesaikan masalah tertentu 5

6 Area Penelitian Informatika  Pada dasarnya fokus bidang ilmu komputer mengalami pergeseran dari berbagai bidang ilmu yang antara lain electrical engineering, computer engineering, computer software engineering, computer science, information system dan information technology. 6

7 (lanjutan)  Terdapat tiga paradigma besar dalam penelitian teknik informatika atau ilmu komputer :  Teori  Eksperimen yang merupakan ekplorasi terhadap model dari sistem/ arsitektur dan sering disebut pula sebagai abstraksi/ pemodelan,  Desain yang menghsilkan produk/ sistem. 7

8 Area : Teori  Merupakan pendekatan yang berlandaskan pada ilmu matematika.  Untuk mendapatkan suatu teori yang valid perlu dilalui proses-proses pendefinisian (definition), pembuatan teorema (theorema),pembuktian (proof), penginterpretasian hasil (interpret result). 8

9 Area : Abstraksi/Pemodelan  Merupakan pendekatan yang berlandaskan pada metode perancangan atau eksperimen.  Dalam melakukan investigasi terhadap suatu fenomena hingga dihasilkan suatu model, formula, prediksi, metode, atau prototipe perlu dilalui proses-proses pembentukan hipotesis, kerangka teoritis, atau model teoritis; pembuatan suatu model, formula, prediksi, metode, atau prototipe; perancangan eksperimen; pengujian dan pengumpulan data; analisis hasil. 9

10 Area : Produk/Sistem  Merupakan pendekatan penelitian guna menghasilkan suatu produk, sistem, tools, atau device baik hardware maupun software.  Tahapan yang perlu dilakukan guna upaya pengatasan masalah meliputi perencanaan, perancangan, pembangunan, pengujian, penerapan, dan evaluasi. 10

11 Metodologi Penelitian Teknik Informatika  Kualitas penelitian akan tampak dari kontribusinya terhadap pemecahan persoalan yang dihadapi masyarakat dan bagi pengembangan IPTEK.  Dua jenis penelitian teknik informatika :  Rekayasa  model, formula, algoritma, struktur, arsitektur, produk, maupun sistem yang telah teruji  Non-rekayasa  teori dan keputusan yang telah teruji pula secara empiris 11

12 Penelitian Rekayasa  Forward Engineering: rekayasa yang dilakukan dari perencanaan, perancangan, pembangunan, hingga penerapan, atau pada tahapan-tahapan pendek rekayasa, misal dari perancangan ke pembangunan saja. 12

13 Contoh : 13  Prototype System Aplikasi Pemungutan Suara pada Pemilihan Presiden dengan Pemanfaatan NFC berbasis Android.  Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Monitoring Server Clearos berbasis Android.  Aplikasi Pengukur Kemampuan Kerja menggunakan Metode Pauli  WEBGIS Kemacetan Lalu Lintas dan Solusi Rute Terpendek menggunakan Algoritma Dijkstra berbasis Open Layer di Kota Malang, dll

14 (lanjutan)  Reverse Engineering: merupakan rekayasa dari produk, sistem, atau prototipe yang sudah ada menjadi blue print, formula, atau model, atau pada tahapan-tahapan pendek rekayasa, misal dari pembangunan ke perancangan saja. 14

15 Contoh : 15  Rekayasa Balik Sistem Informasi Perpustakaan  Reverse engineering of design patterns from java source code.  Data reverse engineering using system dependency graphs, dll

16 (lanjutan)  Re-engineering : merupakan pengubahan dan pengorganisasian kembali komponen-komponen sistem yang dapat dilakukan terhadap hasil desain atau implementasi saja atau pada keseluruhan tahapan/ abstraksi sistem, tanpa menghilangkan keseluruhan komponen lama agar diperoleh metode, formula, model, prototipe, produk, sistem, atau tools dengan tingkat kesempurnaan dan standar yang lebih tinggi. 16

17 Contoh : 17  A systematic mapping study on software product line evolution: From legacy system reengineering to product line refactoring  Reengineering, Simulation and Data Analysis of an RFID System  Reengineering legacy systems with RESTful web service, dll

18 Referensi  paradigma-metodologi-penelitian-teknik- informatika-model-pendekatan-penelitian- rekayasa-forward-reverse-re-engineering 18

19 Tugas Pengamatan 19  Menghadiri Sempro TA dan mengamati proses yang terjadi :  Apa yang seharusnya dilakukan oleh mahasiswa peserta sempro sebelum, saat, dan setelah sempro?  Apa saja yang harusnya dipresentasikan saat sempro?  Bukti berupa lembar kendali yang berisi 10 presenter  Hasil pengamatan + lembar kendali dikumpulkan saat UTS

20 Tugas Pertemuan Berikutnya 20  Tiap mahasiswa melakukan studi literatur dan menyampaikan hasilnya dalam bentuk, a.l :  Resume literatur yang dibaca  Latar belakang topik pilihan, dsb


Download ppt "METODE PENELITIAN DI BIDANG TEKNIK INFORMATIKA Gita Indah Marthasari."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google