Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Materi 03. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Ilmiah Metode ialah kerangka kerja untuk melakukan suatu tindakan, atau suatu kerangka berpikir untuk menyusun.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Materi 03. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Ilmiah Metode ialah kerangka kerja untuk melakukan suatu tindakan, atau suatu kerangka berpikir untuk menyusun."— Transcript presentasi:

1

2 Materi 03. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Ilmiah Metode ialah kerangka kerja untuk melakukan suatu tindakan, atau suatu kerangka berpikir untuk menyusun suatu gagasan yang terarah dan terkait dgn maksud dan tujuan. Metode ilmiah atau proses ilmiah merupakan proses keilmuan untuk memperoleh pengetahuan secara sistematis berdasarkan bukti fisis. Metode penelitian yg tepat dan benar semakin dirasakan urgensinya bagi keberhasilan suatu penelitian.

3 perumusan metodologi penelitian. Salah satu hal yang penting dalam setiap penelitian adalah perumusan metodologi penelitian. Harus dgn jelas tergambar bagaimana penelitian tsb dilaks. yg disusun dan tertata secara sistimatis. Selain dapat dilihat bagaimana landasan teori ttg rancangan penelitian (research design), model yang digunakan (didahului dgn rancangan percob/penelitian eksperimen) maupun teknik 2 yg lumrah digunakan dlm pengumpulan, pengolahan dan analisa data. Metode yang digunakan a.l. : metode sejarah, metode deskriptif, metode survei (menyelidiki gejala, fakta secara faktual), metode percobaan (eksperimen), metode studi kasus (suatu objek spesifik), metode kooperatif yg menjawab keadaan sebab akibat dgn analisis faktor penyebab utama serta studi kepustakaan.

4 Metode penelitian yang dipilih berhub erat dgn prosedur, alat, serta desain penelitian yang digunakan. Desain penelitian harus cocok dgn metode penelitian yg dipilih. Prosedur serta alat (tools) yang digunakan dalam penelitian harus cocok pula dgn metode penelitian yg digunakan. Metode merupakan bagian dari metodologi. Metodologi itu sendiri berasal dari kata metodos dan logos yang berarti ilmu dari metode. Bila kita melakukan penelitian berarti kita menguraikan cara-cara meneliti disebut juga metodologi. Dalam tahapan-tahapan tersebut ada metode, teknik, dan alat (tools) yang bisa kita gunakan.

5 Metodologi merupakan suatu formula dalam penerapan penelitian dimana dalam melakukan penelitian tersebut terdapat langkah2 dan juga hasil penelitian. Metodologi penelitian dalam ilmu komputer/sistem informasi/teknologi informasi merupakan “langkah- langkah/tahapan perencanaan dgn bantuan beberapa metode, teknik, alat (tools) dan dokumentasi dengan tujuan utk membantu peneliti dalam meminimalkan resiko kegagalan dan menekankan pada proses/sasaran penelitian di bidang CS/IS/IT Metodologi terdiri dari fase-fase dan subfase yg akan membimbing peneliti memilih metode, teknik, prosedur apa yg tepat dan tools apa yang akan digunakan sehingga setiap tahapan penelitian dilakukan dgn tepat. Metodologi juga membantu peneliti untuk merencanakan, memanage/mengolah, mengontrol, dan mengevalusi setiap kemajuan.

6 Suatu metodologi berbeda satu sama lain karena adanya penekanan yang berbeda-beda, misalnya : Penekanan terhadap dimensi manusianya Penekanan terhadap pendekatan keilmiahannya Penekanan terhadap pendekatan yang prakmatis Penekanan terhadap pendekatan yang otomatis Berbagai kriteria yang dapat digunakan untuk kesuksesan suatu Sistem Informasi: Penggunaan komputer yang dominan Dokumentasi yang baik Harganya yang paling murah Waktu implementasi yang singkat Yang mudah beradaptasi Penggunaan teknik dan tools yang baik Disukai oleh pengguna

7 Beberapa komponen dari metodologi: Bagaimana suatu project dipecah kedalam beberapa tahapan ? Apa yang dikerjakan pada setiap tahapan ? Apa keluaran yang dihasilkan ? Kapan setiap tahapan tersebut dikerjakan ? Apa batasan yang diterapkan ? Siapa yang terlibat ? Bagaimana project tersebut dikelola dan di kontrol ? Alat pendukung apa yang digunakan ? Metodologi pengembangan SI yang dikomersialkan, umumnya terdiri dari: Manuals Education and training Consultancy support CASE tools Pro forma documents Model building templates, dst

8 Manfaat Penggunaan Metodologi: 1. Metodologi membuat kita lebih paham, lebih bertanggungjawab, lebih comfortable, dan lebih responsible. 2. Metodologi membuat kita lebih knowladgetable (berpengetahuan) dan lebih berguna dalam beragumen karena selalu berdasarkan fakta dan tidak berdasarkan pada instuisi-instuisi maupun bisikan-bisikan. 3. Dengan menggunakan metodologi kita bisa memaparkan lebih banyak lagi gambaran berupa saran, ide maupun masukan-masukan yang bisa di-elaborate

9 Proses Penelitian Untuk meningkatkan kualitas keilmuan maka kita perlu melakukan penelitian, dgn menggunakan proses penelitian yg agar dpt mencapai optimasi pada berbagai keputusan riset. Beberapa alasan perlunya mempelajari Scientific Inquiry, yaitu: a) Scientific Inquiry membuat kita lebih knowledgeable dalam arti kita mempunyai dasar untuk mengemukakan pendapat kita. b) Menerangkan lebih lengkap dan lebih dalam dan komprehensif. c) Membuat kita lebih berbudaya dalam arti apa yang kita ungkapkan selalu didasarkan pada fakta. d) Memunculkan pengetahuan dan ide yang baru.

10 Beberapa dasar karakteristik dari Scientific Inquiry, yaitu: a) Berdasarkan fakta Penelitian yang dilakukan harus didasarkan pada kenyataan/fakta di lapangan. b) Bersifat objektif Yaitu harus jelas sumbernya sehingga penelitian yang dihasilkan dapat juga dilakukan oleh peneliti lainnya dlm studi yg sama dgn kondisi yg sama pula. c) Dapat dianalisis Ini menunjukkan adanya proses yang tepat dan benar masalah dan menentu- kan metode utk pemecahan dgn metodologi yg telah dipilih. d) Bersifat kuantitatif Harus bisa diukur berdasar argumentasi ilmiah sehingga kesimpulan yg dibuat secara rasional didasarkan pada bukti-2 yg tersedia dan harus didukung oleh pengemb. konsep & teori agar hasilnya dpt dipertanggungjawab secara ilmiah

11 e) Berpikir deduktif-hipotesis Pola pikir yg dimulai secara umum ke arah yg lebih khusus. Riset area deduktif sangat sulit ditemukan dlm melakukan penelitian sehingga dlm pola pikir deduktif digunakan hipotesis. f) Berpikir induktif-general Pola pikir induktif adalah pola pikir yang dimulai dari yang khusus mengarah ke arah yang lebih umum. Pola induktif lebih dominan dipakai dalam melakukan penelitian. Contohnya dalam pengambilan sampel, bila ditanya akan memberikan jawaban yang seragam di interpolasi. Kesimpulannya terbatas pada ruang lingkup penelitian yang diuraikan dan bila penelitian tersebut diulangi oleh orang lain, hasilnya konsisten dan hal inilah yang akan menjadi comment knowkladge.

12 Tahapan Penelitian 1. Penetapan Permasalahan ( State General Problem) berisikan pernyataan yg bersifat umum thd permasalah yg akan diamati. 2. Pencarian literatur ( Conduct Literature Search)  penentuan posisi relatif topik, ide atau problem. 3. Merancang masalah yang Lebih Spesifik ( State Spesific Problem)  umum ke spesifik 4. Membuat Desain Penelitian ( Design Methodology) Berisikan pengetahuan, algoritma, metode, produk (sistem), model dan lain sebagainya 5. Pengumpulan Data ( Gather Data) - Data Kualitatif dan Kuantitaif 6. Analisa Data ( Analyze Data) Proses pra-analisa dgn tahapan sbb: 1) editing data, 2) pengembangan variable, 3) pengkodean data, 4) cek kesalahan, 5) membuat struktur data, 6) cek preanalisa komputer, 7) tabulasi. 7. Hasil Penelitian ( Report Results) Harus berani mengemukakan, menuliskan serta harus mampu menginterpretasikannya scr objektif. 8. Kesimpulan Jawaban dari permasalahan

13 Selesai


Download ppt "Materi 03. Ilmu Pengetahuan dan Penelitian Ilmiah Metode ialah kerangka kerja untuk melakukan suatu tindakan, atau suatu kerangka berpikir untuk menyusun."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google