Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Metodologi Penelitian Indri Sudanawati Rozas Maret 2013.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Metodologi Penelitian Indri Sudanawati Rozas Maret 2013."— Transcript presentasi:

1 Metodologi Penelitian Indri Sudanawati Rozas Maret 2013

2 METODE PENILAIAN Kehadiran20% UTS20% UAS30% Tugas/Projek30% BAIK SEKALI > 80 A BAIK 73 – 80 AB SEDANG 65 – 72 B KURANG 57 – 64 BC KURANG SEKALI C SANGAT KURANG SEKALI D Mengulang = 40 E

3 Kontrak Perkuliahan 1.Penyampaian Kontrak Perkuliahan. Urgensi Metodologi Penelitian. 2.Definisi Penelitian. Karya Ilmiah: Skripsi, Jurnal, Prosiding. Kaidah2 Ilmiah. 3.Kaidah Ilmiah: Logika, Deskriptif, Deduktif, Induktif. 4.Identifikasi Masalah. Hipotesis. Tugas I: Mencari Judul Penelitian. 5.Metode dan Metodologi. Workhsop: menyusun metodologi saringan air. 6.Literatur Review. Referensi. Daftar Pustaka. 7.Kaidah Penulisan Imliah. Plagiarisme. Parafrase. 8.Menyusun Judul Penelitian. Maksimal Kata yang digunakan. S-P-O-K. 9.Penulisan Pendahuluan. Perumusan Masalah Kesimpulan. 10.Tatacara menulis Kajian Pustaka/Dasar Teori. Sitasi. Gambar. 11.Menyusun Metodologi Penelitian. Breakdown poin per poin. 12.Hasil dan Pembahasan. Tatacara menulis deskripsi Gambar. 13.Pembahasan Tugas II: Bab 1 sd Bab Presentasi dan evaluasi Tugas II.

4 Referensi Utama METODOLOGI PENELITIAN PADA BIDANG ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI, Konsep, Teknik, Dan Aplikasi [Zainal A. Hasibuan, PhD, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007]

5 Brainstorming

6 Penelitian...??? Apa sajakah yang termasuk produk dari penelitian? Apakah skripsi termasuk penelitian? Apa sajakah syarat dari sebuah penelitian?

7 Definisi

8 Penelitian “Penelitian adalah: suatu proses mencari sesuatu secara sistematis dalam waktu yang relatif lama dengan menggunakan metode ilmiah dengan prosedur maupun aturan yang berlaku” [Zainal Hasibuan, 2007] Penelitian terjadi karena adanya dorongan rasa ingin tahu mengenai sesuatu hal yang sedang terjadi di lingkungan sekitar. Seseorang melakukan penelitian untuk mencari jawaban dari permasalahan yang sedang terjadi.

9 Tahapan Penelitian 1.Identifikasi masalah 2.Perumusan masalah 3.Penelusuran pustaka 4.Rancangan penelitian 5.Pengumpulan data 6.Pengolahan data 7.Penyimpulan hasil

10 Karakteristik Penelitian 1.Berdasarkan fakta, penelitian yang dilakukan harus didasarkan pada kenyataan/fakta di lapangan. 2.Bersifat objektif, maksudnya objektif yaitu harus jelas sumbernya sehingga penelitian yang dihasilkan dapat juga dilakukan oleh peneliti lainnya dalam studi yang sama dengan kondisi yang sama pula. 3.Dapat dianalisis, ini menunjukkan adanya proses yang tepat dan benar untuk mengidentifikasi masalah dan menentukan metode untuk pemecahan masalah tersebut sesuai dengan metodologi yang telah dipilih sebelumnya. 4.Bersifat kuantitatif, penelitian yang dilakukan harus bisa diukur berdasarkan argumentasi ilmiah sehingga kesimpulan yang dibuat secara rasional didasarkan pada bukti-bukti

11 Tipe Penelitian 1.Berdasarkan Tujuan Penelitian mendasar (basic research), Riset terapan (applied research), Evaluasi riset (evaluation research), Research and Development (R&D), Action Research (Who!) 2.Berdasarkan Waktu Cross-sectional research Longitudinal research 3.Berdasarkan Metode Riset kuantitatif (Quantitative Riset) Riset kualitatif (Qualitative research)

12 Metodologi Penelitian Metodologi penelitian merupakan langkah- langkah yang ada dalam penelitian. Metodologi terdiri dari fase-fase dan subfase yang akan membimbing peneliti memilih metode, teknik, prosedur apa yang tepat dan tools apa yang akan digunakan sehingga setiap tahapan penelitian dilakukan dengan tepat.

13 Urgensi

14 Urgensi Metodologi Penelitian Melalui metodologi jelas tergambar bagaimana penelitian tersebut dilaksanakan yang disusun dan tertata secara sistematis. Metodologi membuat kita lebih paham, lebih bertanggungjawab, lebih comfortable, dan lebih responsible. Metodologi membuat kita lebih knowladgetable (berpengetahuan) dan lebih berguna dalam beragumen karena selalu berdasarkan fakta dan tidak berdasarkan pada instuisi-instuisi maupun bisikan-bisikan. Dengan menggunakan metodologi kita bisa memaparkan lebih banyak lagi gambaran berupa saran, ide maupun masukan-masukan yang bisa di-elaborate dan dipondasikan berdasarkan fakta-fakta yang ada untuk memunculkan ide- ide baru.


Download ppt "Metodologi Penelitian Indri Sudanawati Rozas Maret 2013."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google