Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KALIMAT Kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep dan perasaan (Moeliono, 1999:434). Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil yang dapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KALIMAT Kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep dan perasaan (Moeliono, 1999:434). Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil yang dapat."— Transcript presentasi:

1 KALIMAT Kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep dan perasaan (Moeliono, 1999:434). Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil yang dapat mengungkapkan pikiran yang utuh.

2 Struktur minimal kalimat adalah terdiri dari subjek (S) dan predikat (P) dan intonasinya menunjukkan bagian ujaran itu sudah lengkap dengan makna (sebuah kalimat harus mengandung pokok pikiran yang lengkap sebagai pengungkap maksud penuturnya). Unsur kalimat adalah fungsi sintaksis yang lazim disebut jabatan kata atau peran kata dalam kalimat.

3 Unsur kalimat : 1.Subjek (S) adalah bagian kalimat yang menunjukkan pelaku, tokoh, sosok (benda), sesuatu hal, atau suatu masalah yang menjadi pokok pembicaraan.Subjek pada umumnya diisi oleh jenis kata atau frasa benda (nomina), klausa, atau frasa verba. 2.Predikat (P) adalah bagian kalimat yang memberi tahu melakukan (tindakan apa atau dalam keadaan bagaimana subjek (pelaku, tokoh, atau benda di dalam kalimat), menyatakan sifat,situasi,status,ciri,atau jati diri subjek. Predikat dapat berupa kata atau frasa, sebagian besar verba atau ajektiva, dapat pula numeralia, nomina, atau frasa nominal.

4 3.Objek (O) adalah bagian kalimat yang melengkapi P. Pada umumnya diisi oleh nomina, frasa nominal, atau klausa. Letaknya selalu dibelakang predika yang berupa verba transitif (verba yang menuntut hadirnya objek). 4.Pelengkap (Pel) atau komplemen adalah bagian kalimat yang melengkapi P. Letak Pel umumnya dibelakang P yang berupa verba. 5.Keterangan (Ket) adalah bagian dari kalimat yang menerangkan berbagai hal mengenai bagian kalimat yang lainnya.Unsur Ket ini dapat menerangkan S, P, O dan Pel. Pengisi Ket adalah frasa nominal, frasa preposisioal, adverbia, atau klausa

5 JENIS KALIMAT Kalimat dapat dibeda-bedakan menjadi beberapa jenis menurut : a.Menurut jumlah kalusanya ; kalimat tunggal, kalimat majemuk. b.Menurut fungsi isinya ; kalimat berita (deklaratif), kalimat tanya (interogatif), kalimat perintah (imperatif), kalimat seru (eksklamatif). c.Menurut kelengkapan unsurnya; kalimat lengkap (kalimat mayor), kalimat taklengkap (kalimat minor). d.Menurut susunan subjek predikatnya; kalimat versi, kalimat inversi.


Download ppt "KALIMAT Kalimat adalah kesatuan ujar yang mengungkapkan suatu konsep dan perasaan (Moeliono, 1999:434). Kalimat merupakan satuan bahasa terkecil yang dapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google