Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KOMUNIKASI PENDIDIKAN Sebagai istilah baru, komunikasi pendidikan membutuhkan pengembangan bidang kajian secara mendalam. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KOMUNIKASI PENDIDIKAN Sebagai istilah baru, komunikasi pendidikan membutuhkan pengembangan bidang kajian secara mendalam. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan."— Transcript presentasi:

1

2 KOMUNIKASI PENDIDIKAN Sebagai istilah baru, komunikasi pendidikan membutuhkan pengembangan bidang kajian secara mendalam. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan ;  Dunia pendidikan membutuhkan sebuah pemahaman yang komprehensif,holistik, mendasar dan sistematis tentang pemanfaatan komunikasi dalam proses pembelajaran.  Komunikasi pendidikan akan menunjukkan arah proses konstruksi sosial atas realitas pendidikan.

3 Komunikasi pendidikan : proses perjalanan pesan atau informasi yang merambah bidang atau peristiwa-peristiwa pendidikan. Dengan demikian, komunikasi pendidikan itu tidak bersifat bebas/ netral, tetapi dikendalikan dan dikondisikan untuk tujuan- tujuan pendidikan.

4 Implementasi dalam Pembelajaran Filsafat komunikasi pendidikan memberikan landasan yang kukuh tentang bagaimana implementasi komunikasi dalam proses pembelajaran. Komunikasi yang efektif terangkum dalam “lima hukum komunikasi yang efektif” ( The 5 Inevitable Laws of Effective Communication ) terangkum dalam kata REACH => meraih. 1) Respect Komunikasi yang efektif harus dibangun dari sikap menghargai terhadap setiap individu yang menjadi sasaran pesan yang disampaikan.

5 2) Empathy Empati adalah kemampuan seseorang dalam menempatkan dirinya sesuai dengan situasi atau kondisi yang dihadapi oleh orang lain. Rasa empati akan menimbulkan respek atau penghargaan, dan rasa respek akan membangun kepercayaan yang merupakan unsur utama dalam membangun teamwork. 3) Audible Makna audible antara lain adalah dapat didengarkan atau dimengerti dengan baik. Audible berarti pesan yang disampaikan dapat diterima oleh penerima.

6 4)Clarity Selain pesan harus dapat dimengerti dengan baik, kejelasan pesan juga harus mendapatkan perhatian sehingga tidak menimbulkan multi-interprestasi. Dalam melakukan komunikasi, perlu dikembangkan sikap terbuka sehingga dapat menimbulkan rasa percaya dari penerima pesan. 5)Humble Sikap humble (rendah hati) adalah sikap menghargai, mau mendengar dan menerima kritik,tidak sombong, tidak memandang rendah orang lain, berani mengakui kesalahan, rela memaafkan, lemah lembut, pengendalian diri, dan mengutamakan kepentingan yang lebih besar.

7 Menurut Stephen R. Covey, hal paling penting dalam komunikasi bukan pada apa yang tertulis dan terucap, melainkan pada karakter pengiriman pesan dan bagaimana ia menyampaikan pesan kepada penerima. Covey mengusulkan agar komunikasi dibangun atas dasar beberapa hubungan emosi. Komunikasi dilakukan oleh guru dengan cara memahami terlebih dahulu karakter siswa. Memperhatikan kebaikan dan sopan santun atau hal-hal kecil lainnya. Memenuhi komitmen atau janji Menjelaskan harapan, sebab hampir semua kesulitan dalam komunikasi berakar di dalam harapan yang bertentangan. Memperlihatkan integritas pribadi sebab integritas pribadi akan menghasilkan kepercayaan.

8 PENDIDIKAN SEBAGAI PROSES KOMUNIKASI

9 A.PENGERTIAN Pendidikan Sebagai Proses Komunikasi Yaitu proses bimbingan dari pendidik dalam rangka mengubah prilaku anak didik untuk mencapai kedewasaan dalam arti jasmaniah dan rohaniah, dan mampu membentuk dan mengembangkan ilmu yang didapatnya Unsur-unsur yang terkandung di dalamnya proses bimbingan peserta didik pendidik mengubah perilaku anak didik dewasa jasmaniah dewasa rohaniah

10 B. BENTUK KOMUNIKASI DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR Ditinjau dari prosesnya pendidikan adalah komunikasi sebab dalam proses tersebut terlibat dua komponen yang terdiri atas pengajar sebagai komunikator dan pelajar sbagai komunikan. Dalam proses belajar mengajar terjadi komunikasi dua arah apabila pelajar bersikap responsif, berpendapat, bertanya, bahkan berdialog, diskusi. Komunikasi dalam diskusi berlangsung efektif karena ;  Materi yang didiskusikan meningkatkan intelektualitas  Memiliki sifat intracommunication dan intercommunication.

11 Intracommunication adalah komunikasi yang terjadi pada diri individu itu sendiri sebagai persiapan untuk melakukan intercommunication dengan orang lain. Tahap-tahap dalam Intracommunication ; 1.Persepsi => proses penginderaan terhadap suatu kesan yang timbul dalam lingkungan penginderaan itu dipengaruhi oleh pengalaman, kebiasaan dan kebutuhan. 2.Ideasi => proses penciptaan konsepsi setelah peserta didik itu mempersepsi isi pesan 3.Transmisi => proses penyaluran/ pengembangan isi pesan komunikasi menjadi luas

12 C. PENALARAN Penalaran adalah unsur yang membuat seseorang menjadi intelektual yang bijaksana. Aristoteles mengembangkan beberapa kategori makhluk hidup ; 1.Anima vegetativa, yaitu taraf hidup yang terbatas pada makan dan berkembang biak saja misal tumbuh- tumbuhan 2.Anima sensitiva, yaitu taraf hidup yang fungsinya melakukan penginderaan dan melaksanakan nafsu untuk bergerak dan berbuat misal binatang 3.Anima intelectiva, yaitu taraf hidup dimana fungsi berpikir dan menghendaki merupakan kemampuan pokok rohaniahnya misalnya manusia


Download ppt "KOMUNIKASI PENDIDIKAN Sebagai istilah baru, komunikasi pendidikan membutuhkan pengembangan bidang kajian secara mendalam. Beberapa hal yang menjadi pertimbangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google